Komunitas Cloud Indonesia

7 Aplikasi Membuat Tes dan Kuis Online

Penulis :   |   August 28, 2012

Saat ini masih banyak guru disibukan dengan persiapan Uji Kompetensi Guru (UKG).  UKG tahap kedua dijadwalkan mulai awal bulan Oktober 2012.  UKG dilakukan secara online. Tanggapan para guru pun beragam. Yang menarik adalah adanya keresahan para guru dalam mengerjakan soal secara online di depan komputer. Karena selama ini mereka terbiasa mengerjakan tes di atas kertas, paper base test. Masih banyak guru yang belum bisa membayangkan bagaimana cara mengerjakannya soal-soal online tersebut? Belum lagi masih ada guru yang belum terbiasa mengoperasikan komputer. Sehingga tidak heran bila dari sisi guru, UKG yang dilaksanakan secara online cukup menyita perhatian. Yah.. itulah realita guru dan dunia pendidikan di Indonesia.

Bagi guru, sebenarnya tes online  atau kuis online bukan saja mengenai kompetensi dalam hal mengerjakan tes online, tetapi juga berkaitan dengan kompetensi dalam membuat tes online. Guru juga harus mengerti esensi dari tes online. Tes online dipilih karena mampu secara cepat melakukan penilaian dan sekaligus menampilkan nilai perolehan. Sehingga guru lebih cepat mengetahui kemampuan siswa dan segera melakukan perbaikan bagi yang belum berhasil dan memberi penghargaan bagi yang berhasil. Dari sisi siswa, sebenarnya sudah tidak masalah lagi dengan test online, karena mereka sehari-hari sudah akrab dengan internet, games online, dan sosial media.

Membuat tes online tidak mahal dan juga tidak sulit. Tidak perlu membeli software yang mahal, cukup komputer dan web browser yang sudah terkoneksi online. Dari pengalaman penulis, langganan internet rata-rata Rp50.ooo sebulan sudah cukup untuk keperluan seorang guru secara keseluruhan.

Dari penelusuran penulis, banyak sekali layanan test dan kuis online di internet. Berikut ini adalah 7 aplikasi test dan kuis online yang bisa digunakan oleh guru, siswa, dan sekolah, serta institusi pendidikan yang lain.

1. Google Forms

Google Form merupakan salah satu fasilitas dalam layanan Google Drive, selain Google Document, Google Spreadsheet, Google Drawing dan Google Presentation. Google Form atau Google Formulir digunakan untuk merencanakan acara, membuat survai, memberi siswa kuis, tes online, pendaftaran online dan mengumpulkan informasi yang lain dengan cara yang mudah dan efisien. Google Forms secara otomatis terhubung dengan Google Spreadsheet dengan nama file yang sama. Semua data informasi tanggapan disimpan pada file Google Spreadsheet tersebut.

Tipe pertanyaan yang tersedia juga banyak, yakni teks singkat, teks panjang (paragraf), pilihan ganda, kotak pilihan, pilihan dari daftar yang tersedia, dan jawaban dengan rentang skala tertentu.

Google Forms ini bersifat gratis, dan sudah otomatis tersedia jika kita menggunakan layanan Google Drive.

2. Zoho Challenge

Zoho Challenge merupakan salah satu aplikasi dari penyedia layanan komputasi awan Zoho.  Zoho Challenge membuat quiz online lebih powerful.

Zoho Challenge menyediakan berbagai  tipe pertanyaan yang lengkap dan bisa diisi dengan konten multimedia (gambar, suara, dan video). Pertanyaan juga bisa diimpor dari file soal-soal. Yang menarik, Zoho Challenge juga menyediakan fasilitas untuk membuat bank soal. Soal yang ditampilkan pada siswa disusun secara acak, baik soal maupun pilihannya. Analisis dari jawaban yang masuk juga lengkap dan bermakna.

Zoho Challange tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

3. QuizStar

QuizStar adalah aplikasi berbasis web untuk membuat quiz, mengadministrasi dan otomatis membuat peringkat kuis-kuis anda secara online. QuizStart  merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh 4teachers.org, yang dibuat khusus untuk membuat dan mengatur kuis. Layanan ini bersifat gratis.

Dengan QuizStart anda dapat mengatur kelas-kelas dan kuis-kuis, menyertakan file multimedia pada pertanyaan kuis, membuat kuis dalam berbagai bahasa, dapat diakses dengan komputer yang sudah terhubung dengan internet, memfasilitasi siswa untuk melihat hasil tesnya.

4. ThatQuiz

ThatQuiz

adalah layanan tes gratis untuk guru yang dapat digunakan dikelas-kelas. Dengan ThatQuiz, Guru dapat membuat test pilihan ganda dan tes matematika. Siswa mengerjakannya di web site. Setiap hasil nilai siswa segera dilaporkan ke siswa. Guru akan menerima rekaman lengkap tentang hasil test, nilai  dan jawaban yang benar dan salah.

Layanan  ThatQuiz yang utama adalah soal test matematika (kategori integer, pecahan, konsep dan geometri). Selain itu bisa juga digunakan untuk membuat tes pelajaran lain (kosa kata, geografi, dan sains). Fasilitas yang disediakan oleh ThatQuiz mencakup membuat soal tes menjodohkan dan pilihan ganda, mengadministrasi tes, membuat- mengedit-menghapus kelas, membuat website kelas, import-delete-print tes. ThatQuiz juga menyediakan kemampuan download tes untuk perangkat iPad, Android, dan Windows.

 5. QuizMEOnline

QuizMEOnline dalam websitenya menyatakan sebagai “Jaringan Sosial Bagi Siswa”. Dengan QuizMEOnline, gur bisa membuat kuis, flashcards, panduan belajar, dan catatan online. QuizMeOnline menyediakan fasilitas membuat grup studi dan membuat kelas online. Selain itu juga bisa berbagi materi pelajaran dengan teman atau kelompok belajar.

QuizMeOnline menyediakan fasilatas yang lengkap untuk keperluan guru dalam mengelola kelas, dan terutama memberi suasana belajar bagi para siswa. Untuk guru, QuizMEOnline tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

6. Quia Web

Quaia menyediakan layanan agar kita bisa membuat sendiri game pendidikan, kuis, halaman web site untuk kelas, survey dan masih banyak lagi. Jelajahi juga  jutaan kegiatan dan kuis yang dibuat oleh pendidik dari seluruh dunia.

Apa yang bisa dikerjakan leh Quia Web? Membuat 16 tipe aktivitas belajar dengan mudah dan cepat. Tersedia 10 tipe kuis (pilihan ganda, benar/salah, isian singkat, uraian). Membuat kelas dan menganalisa hasil kuis. Jadwal dan kalender onlineUpload gambar dan klip suara. Copy dan modifikasi jutaan aktifitas yang dapat disesuaikkan. Berbagi akivitas dengan siswa, teman, rekan kerja dan siapapun didunia.

Quia Web menyediakan akses gratis selama 30 hari. Untuk melanjutkan fasilitas ini, sekolah dikenakan biaya $49 pertahun. Sedangkan untuk perusahaan $199 pertahun per trainer.

7. QuizEgg

QuizEgg telah dirancang dan dikembangkan sebagai sebuah aplikasi yang mudah untuk digunakan dengan menjaga keseimbangan antara  kecangihan dan kesederhanaan.

QuizEgg berbasis Web. Cukup dengan web browser guru dapat membuat quiz, membuat tema, mendistribusikan quiz dan melihat hasil laporan lengkap secara online. Tidak perlu software yang harus download, install atau update. Delapan tipe pertanyaan. Kedelapan tipe pertanyaan tersebut adalah pilihan ganda, mencocokan, mengurutkan, mengisi isian, jawaban lebih dari satu, daftar kata, isian dan benar/salah. Pengaturan kuis. Upload gambar dan file. Profesional, Customizable Theme. Pengaturan publikasi. Laporan yang detail.

Demikian ke-7 aplikasi untuk membuat tes dan kuis online yang bisa dimanfaatkan guru, siswa, sekolah, dan institusi pendidikan lainnya.

  1. Microsoft Netizen Night – Dibalik BIG DATA
  2. Windows Azure HDInsight Sudah Tersedia Untuk Umum
  3. FAQ #1: Apa itu Cloud Computing
  4. Tips Mengkonfigurasikan Root Domain ke Alamat Host dari Layanan Cloud Computing
  5. Konfigurasi SNMP di VMware ESXi 5

Penulis :

Komentar

4 thoughts on “7 Aplikasi Membuat Tes dan Kuis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">