Komunitas Cloud Indonesia

Aplikasi Media Penyimpanan Cloud

Penulis :   |   August 18, 2013

CloudStorage

Saat ini telah banyak aplikasi media penyimpanan di Cloud yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Microsoft, Amazon, Google, Apple, dan lain sebagainya.  Bagi anda yang yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cloud storage atau media penyimpanan cloud, saya akan menjelaskannya lebih lanjut.

Cloud storage adalah salah satu layanan cloud yang menyediakan media penyimpanan yang tersinkronisasi online. Kebanyakan dari rekan-rekan saya menggunakan cloud storage ini sebagai media backup. Namun menurut saya cloud storage ini menyediakan fitur yang lebih dari sebatas media backup saja. Contohnya sebagai media kolaborasi dan dapat di akses dari mana saja termasuk dari telepon genggam anda.

Sekarang bayangkan jika anda memiliki bisnis, dan semua file-file penting anda berada di komputer anda yang berada di kantor dan hanya anda yang memiliki akses ke komputer tersebut. Anda tidak memiliki kebebasan untuk mengakses nya kapan saja dan selalu tergantung pada anda. Bisnis anda tidak dapat berkembang dengan cepat tentunya.

Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan teknologi cloud storage. Bayangkan jika file-file penting anda tersebut dapat diakses melalui mobile phone anda. Atau anda cukup memberikan akses ke file tersebut kepada salah satu orang kepercayaan anda. Maka proses delegasi akan berjalan dengan lancar dan bisnis anda akan tetap berjalan meskipun anda tidak berada di kantor.

Ada banyak aplikasi cloud storage yang ada saat ini, berikut adalah aplikasi-aplikasi yang saya rekomendasikan:

  1. Dropbox: Aplikasi ini dapat berjalan di computer dan mobile anda. Sangat mudah di gunakan, setelah anda register di situsnya, anda hanya perlu melakukan instalasi di komputer dan mobile anda. Setelah itu anda hanya perlu menyalin semua file-file anda ke folder Dropbox dan akan otomatis tersinkronisasi dengan mobile anda. Anda dapat menikmati layanan ini gratis untuk 2GB.
  2. Google Drive: Jika anda memiliki Google Account maka anda dapat menikmati layanan ini secara langsung. Cukup dengan melakukan instalasi aplikasi nya makan komputer, mobile dan account Google anda akan tersinkronisasi. Aplikasi ini sangat cocok bagi anda pengguna mobile yang berbasi Android. Anda dapat menikmasi layanan ini secara gratis untuk 5GB.
  3. Microsoft Skydrive: Aplikasi ini dibuat oleh Microsoft, cara kerja nya sama dengan Dropbox dan Google Drive, namun Skydrive ini memberikan keuntungan untuk dapat membaca file-file Microsoft Office anda secara online dan dapat melakukan perubahan menggunakan Office Online. Anda dapat menikmati layanan ini secara gratis untuk 7GB.
  4. Amazon CloudDrive: Aplikasi ini sangat cocok jika anda suka membaca dan mendengarkan musik yang anda beli melakui Amazon. Jika anda membeli eBook dan music melalui Amazon, anda dapat menyimpannya di CloudDrive ini, dan dapat mengakses nya melalui Kindle, Android, iPhone dan komputer anda.
  5. Apple iCloud: Layanan ini otomatis anda dapatkan jika anda menggunakan semua produk Apple. Dengan menggunakan iCloud anda dapat sinkronisasi file-file anda yang berada di komputer (iMac, Macbook, dll) ke mobile anda (iPhone, iPad, dan iPod). Jika anda membeli musik dan film dari iTunes, maka file-file tersebut akan tersinkronisasi secara langsung ke iCloud anda. Sehingga anda dapat menikmatinya dari mana saja.

Berikut artikel yang pernah ditulis oleh rekan saya untuk perbandingan-perbandingan aplikasi penyimpanan cloud.

Di artikel yang berikutnya saya akan membahas bagaimana melakukan setup salah satu cloud storage untuk membantu bisnis anda. Jadi pastikan anda selalu kembali ke www.cloudindonesia.or.id atau bs follow twitter kami @cloud_indonesia.

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Ivan Kristianto adalah pencinta dan pengguna aplikasi cloud computing. Sangat tertarik mengembangkan dan berbagi pengalaman dalam menggunakan cloud untuk meningkatkan produktifitas dan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar

6 thoughts on “Aplikasi Media Penyimpanan Cloud
  1. Fabianto Wangsamulya

    Microsoft SkyDrive dan Amazon CloudDrive kenapa dicoret? Pengalaman saya dengan Microsoft SkyDrive sih tidak bagus, kecil sekali koneksi yang dipakai untuk sinkron file, jadi gak selesai-selesai sinkron filenya. Saya sedang coba Box.com, gratis sampai 10 GB. Sejauh ini cukup memuaskan.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *