Komunitas Cloud Indonesia

Aplikasi Mobile dan Windows Azure

Penulis :   |   July 23, 2012

Windows Phones, Android, dan iOS merupakan beberapa dari sekian banyak sistem operasi yang menyediakan banyak sekali kesempatan untuk para Developers untuk membuat aplikasi yang baik. Namun dalam beberapa kasus, pengembang aplikasi akan dibatasi dengan beberapa keterbatasan apabila mereka ingin mengembangkan aplikasi dalam suatu mobile device seperti processor yang tersedia, ketahanan baterai, keterbatasan storage, dan juga konektifitas internet.

Namun, aplikasi mobile ini akan jauh lebih mudah, lebih kuat, dan lebih interaktif jika dihubungkan dengan layanan cloud salah satunya adalah Windows Azure. Layanan ini menyediakan suatu platform yang fleksibel sehingga pengembang dapat lebih fokus untuk mengembangkan aplikasi yang akan dibuatnya tanpa harus takut akan keterbatasan yang ada. Selain membantu dalam hal komputasi dan juga data storage. Windows Azure dapat membantu tugas lainnya seperti Access Control , termasuk mengintegrasikan dengan Facebook, Open ID, dan Windows Live ID.

Berikut ini adalah gambaran umum penggunaan Windows Azure dengan setiap OS :

  • Windows Phone

Windows Phone adalah salah satu sistem operasi untuk mobile phone yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan suatu evolusi dari platform Windows Mobile walaupun kedua device tersebut tidak compatible satu sama lain. Namun, pengembang dapat dengan mudah untuk menghubungkan antara Windows Phone dan Windows Azure karena mereka berdua berada di dalam satu lingkup naungan Microsoft.

Platform Windows Azure menyediakan pengolahan yang sangat scalable baik dalam hal processing dan juga storage. Dua hal ini merupakan bagian paling penting dalam memanfaatkan layanan cloud dalam aplikasi Windows Phone.  Marketplace merupakan salah satu layanan cloud berbasis langganan atau subscription based yang menyederhanakan penggunaan data dengan memanfaatkan Open Data Protocol (OData). Selain OData Services, pengembang juga dapat menggunakan Windows Communication Framework (WCF) application untuk membuat aplikasi berbasis Windows Phone.  Toolkit ini Windows Azure Toolkit for Windows Phone termasuk beberapa template akan membantu pengembang untuk membuat aplikasi Windows Phone berbasis Windows Azure.

  • Android

Ponsel Android besutan Google yang berbasis opensource OS, ponsel yang tergolong sebagai “anak baru” di Indonesia sekitar tahun 2010 lalu, kini menjelma sebagai pesaing berat mobile phone lain yang lebih dahulu masuk ke Indonesia di tahun 2004. Para pengembang lokal dapat mengembangkan aplikasi bagi Android dengan bebas tanpa terikat lisensi.

 

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat aplikasi berbasis Android di atas platform Windows Azure adalah dengan menggunakan Windows Azure Toolkit for Android. Secara umum layanan dan Aplikasi Windows Azure dapat dipakai secara publik. Pengembang dapat secara langsung menuliskan script ataupun kode untuk mengakses platform Windows Azure  dengan menggunakan beberapa bahasa pemrograman yang mendukung HTTP Programming.

  • iOS

 

Di pasar global, iOS atau iPhone OS merupakan suatu sistem operasi yang sudah tak asing lagi di dengar. Sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc ini keluar pada tahun 2007 untuk device iPhone dan iPod. Sama halnya seperti Android,  untuk memulai mengembangkan aplikasi di atas platform azure, pengembang dapat menggunakan toolkit Windows Azure Toolkit for iOS dan xCode sebagai engine yang digunakan.

Penjelasan dia atas hanyalah beberapa penjelasan dan gambaran secara umum bagaimana cara untuk membuat suatu aplikasi mobile dan dikembangkan di atas platform mobile. Pada tulisan selanjutnya, saya akan mencoba menjelaskannya dengan rinci satu persatu bagaimana memulai membuat aplikasi mobile di atas Windows Azure. So, stay tune.

  1. Lowongan .NET Developer
  2. Lowongan Android Developer
  3. Lowongan Java Developer
  4. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  5. Big Data dengan Google Cloud

Penulis :

Life observer | Analyst wanna be | Sci-fi boy | Humanitarian | Multi-function person http://www.cloudcomputing.or.id/Alfi_Hanif_Noor

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *