Komunitas Cloud Indonesia

Aspek Fundamental Keamanan Cloud Computing

Penulis :   |   May 9, 2012
Aspek Fundamental dalam Keamanan Cloud Computing

image source: http://smbnow.com

Komputasi Awan atau cloud computing memang merupakan topik hangat di industri IT saat ini, namun diakui bahwa banyak perusahaan berhati-hati dalam melakukan migrasi layanan ke cloud karena khawatir mengenai isu keamanan. Perusahaan merasa dilema ketika harus menyerahkan kontrol data berharga dan aplikasi bisnis penting ke penyedia layanan pihak ketiga. Ketika hal semacam ini ditangani sendiri, setidaknyanya tanggung jawab ada pada pihak internal.

Hal itu memang wajar akan dialami oleh banyak perusahaan yang ingin memulai masuk ke cloud. Namun, isu masalah keamanan tidak akan diabaikan begitu saja dan sebenarnya ada 3 bidang yang berbeda dalam Cloud Security yang perlu diatasi.

Kontrak dan Legalisasi
Aspek pertama dari cloud security mungkin yang paling penting dari sudut pandang usaha perorangan karena menentukan kewajiban dan menguraikan dengan jelas pihak yang bertanggung jawab dalam skenario yang berbeda.

Pada dasarnya, ini bermuara pada mengidentifikasi siapa yang harus disalahkan jika terjadi kehilangan data atau pencurian. Ini melibatkan Pembagian tanggung jawab pada skala tertentu yang memungkinkan untuk tingkat yang lebih besar akurasi dan pengakuan bahwa dalam beberapa kasus dapat menjadi jalan dua arah.

Sisi kontrak dari setiap kesepakatan tentang Cloud Service juga harus melihat sarana yang perusahaan dapat mengambil informasi dan aplikasi yang datang ketika kontrak berakhir dan tidak akan diperpanjang.

Dari sudut pandang hukum, pencatatan oleh penyedia awan mungkin harus ditangani dengan cara tertentu, tergantung pada sifat dari industri atau sektor di mana klien beroperasi.

Untuk alasan ini maka perlu untuk menghilangkan kebingungan atau ketidakjelasan selama proses menyusun kontrak untuk memastikan bahwa kedua belah pihak puas.

Persyaratan Pemenuhan
Persyaratan Pemenuhan terhadap regulasi cloud computing sedikit berbeda dari kewajiban kontrak dan hukum, namun tidak kurang penting untuk dipertimbangkan. Faktanya, Cloud sering kali dijalankan di bawah pengawasan karena sarat pemenuhan yang dibutuhkan oleh perusahaan yang beroperasi dalam pasar tertentu, apakah itu keuangan, kesehatan terkait atau bentuk lain dari bisnis di mana regulator memainkan peran kunci.

Dari sudut pandang pengguna cloud, hal-hal seperti pemulihan data dalam hal terjadi bencana untuk memastikan bahwa kelangsungan bisnis adalah mungkin akan menjadi sangat penting.

Penyedia harus mampu memamparkan kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan mereka untuk melakukan pengembalian backup cadangan data dan aplikasi akan sedikit terganggu atau bahkan dilakukan pemadaman terhadap cloud system itu sendiri.

Privasi dan Keamanan Data
Pada aspek ketiga dari Cloud Security dan salah satu yang paling menarik perhatian adalah perlindungan data dan privasi bagi perusahaan-perusahaan individu.

Pengelolaan akses cloud dan data yang tersimpan di dalamnya akan menjadi faktor sentral yang menunjukkan kepercayaan terhadap penyedia yang diberi kepercayaan.

Ini diperlukan untuk menunjukkan bahwa cara kerja secara remote, berbasis web akses ke layanan cloud adalah aman dan tidak mungkin dikompromikan. Hal ini juga berguna bagi penyedia cloud service untuk dapat membuktikan bahwa integritas dari pusat data mereka tidak akan dipertanyakan.

Dengan masing-masing aspek cloud security dan semakin dimengerti oleh penyedia dan klien sama, Cloud mulai menjadi tempat yang lebih aman.

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Penulis :

Mirfagah Iqbal is a Blogger of socmedlab.com that interests about Digital Marketing and Internet Knowledge. Now, he is a Head of Digital Marketing at a Digital Agency in Jakarta. Worked as mastermind of digital marketing idea for Company Clients. Determine that the ideas can run optimally as plan and give big benefit for Clients and also Developed strategic business plan for digital marketing division.

Komentar

One thought on “Aspek Fundamental Keamanan Cloud Computing
  1. rotyyu

    Kalau utk masalah keamanan saya pikir penyedia awan macam Amazon pasti sedikit lebih unggul dibandingkan data center milik perusahaan. Masalah yg lebih penting justru kerahasiaan data karna kini aspek kepemilikan data tidak lagi sepenuhnya di perusahaan bersangkutan.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *