Komunitas Cloud Indonesia

Backup Repository Git Ke Amazon S3

Penulis :   |   August 2, 2012

Backup repositori Git ke Amazon S3 adalah salah satu fitur favorit buat saya. Karena saya seorang web developer, dan saya bekerja dengan menggunakan Git sebagai software control management dengan team saya. Untuk melakukan offsite backup, saya menggunakan fitur Amazon S3. Karena dengan menggunakan Amazon S3 saya hanya perlu membayar sesuai dengan storage dan bandwidth transfer yang saya pakai aja, dan lebih enaknya lagi, dengan Git proses transfer sudah di enkripsi dan sudah di kompress ke file yang paling minimal. Jadi akan menghemat pengeluran untuk biaya Amazon S3.

Saya selalu sangat berhati-hati dalam menyimpan file-file saya, dan saya selalu melakukan backup secara regular. Karena bagi saya file-file development sangat penting bagi pekerjaan saya. Jadi dalam artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana saya melakukan backup ke Amazon S3 dengan Git di sistem operasi Linux.

Untuk dapat mengakses git repositories ke Amazon S3 kita dapat menggunakan tools JGit yang bisa di download dan digunakan secara gratis. Dapat langsung di download di sini.

Kemudian kita perlu untuk membuat konfigurasi file jgit dengan memberikan “AWS Access Key” dan “AWS Secret Key” kita dengan cara:

  • Buka terminal atau gunakan Git Bash untuk pengguna windows
  • Buat konfigurasi JGit
    touch ~/.jgit
    vim ~/.jgit
  • Isikan dengan format sebagai berikut:
    accesskey: "AWS Access Key"
    secretkey: "AWS Secret Key"
  • Simpan dan tutup file

Cara Penggunaan JGit

Sebelum menggunakan JGit, kita harus terlebih dahulu telah membuat Amazon S3 Bucket dan membuat folder di sana. Kita dapat membuatnya melalui Amazon AWS Console atau melalui Amazon S3 Client Tools yang pernah saya bahas di artikel sebelumnya.

Sebelum kita melakukan push atau pull dari Amazon S3 Git repository kita harus add remote url di git repository kita dengan cara sebagai berikut:

git remote add remote-name amazon-s3:[email protected]/your-git-folder/

Untuk melakukan push dapat menggunakan perintah sebagai berikut:

jgit push remote-name nama-branch
#contoh:
jgit push origin master

Untuk melakukan pull dapat menggunakan perintah sebagai berikut:

jgit pull remote-name nama-branch
#contoh:
jgit pull origin master

Untuk melakukan clone dapat menggunakan perintah sebagai berikut:

jgit clone amazon-s3:[email protected]/your-git-folder/
#contoh:
jgit clone amazon-s3:[email protected]/my-project.git/

Dengan menggunakan teknik ini maka saya yakin data saya akan tersimpan dengan aman di Amazon S3. Sekian dulu artikel dari saya dan semoga bermanfaat.

Ingat kata orang bijak: “Backup early, backup often”

  1. Lowongan .NET Developer
  2. Lowongan Android Developer
  3. Lowongan Java Developer
  4. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  5. Big Data dengan Google Cloud

Penulis :

Ivan Kristianto adalah pencinta dan pengguna aplikasi cloud computing. Sangat tertarik mengembangkan dan berbagi pengalaman dalam menggunakan cloud untuk meningkatkan produktifitas dan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *