Komunitas Cloud Indonesia

Big Data dengan Google Cloud

Penulis :   |   August 16, 2016

gcp

Google sebenarnya bisa dibilang agak terlambat dibandingkan dengan Amazon dalam menyediakan jasa cloud computing mereka. Tetapi dengan dukungan popularitas dan teknologi nya, akhirnya Google mulai menyusul Amazon di Industri Cloud Computing.

Kesan pertama yang muncul ketika mencoba Google Cloud Platform (GCP) yang terasa adalah sedikitnya layanan atau service dibandingkan dengan AWS. Beberapa layanan yang ada di GCP adalah sebagai berikut:

  • Google Compute Engine (GCE), adalah layanan Virtual Private Server (VPS) di GCP atau orang sering menyebutnya dalam istilah cloud computing dengan IaaS (Infrastructure as a Service). Di dalam VPS ini kita harus men-setting sendiri aplikasi-aplikasi yang diperlukan di server seperti web server, database dan sebagainya. GCE dihitung per menit kecuali pada 10 menit pertama dimana dihitung per 10 menitan, selanjutnya billing GCE adalah per menit. Hal ini menjadikan GCE bisa lebih ekonomis. Kelebihan lainnya  adalah storage space yang bisa dipilih antara HDD dan SSD dengan pilihan space yang beragam.
  • Google Application Engine (GAE), adalah PaaS (Platform as  a Service), pada layanan ini kita tidak perlu menginisiasi server  dan instalasi perangkat pendukung aplikasi seperti web server atau database, karena sudah disediakan di GAE. Karena sudah disediakan ini lah yang menyebabkan GAE menjadi terbatas pada beberapa teknologi. Sampai saat ini teknologi yang bisa berjalan pada platform GAE adalah java, python, Go dan PHP. Dengan GAE ini ada free-tier dimana kita meningkatkan ke versi berbayarnya dan GAE secara otomatis akan menyesuaikan sumber daya yang ada untuk melayani trafik yang meningkat.
  • Google Cloud SQL (GCSQL), adalah layanan database yang bisa dipilih seperti MySQL, PostgreSQL, dll.
  • Google Cloud Storage (GCS), adalah layanan dari goolge dalam hal storage. Salah satu yang cukup dibanggakan Google adalah koneksi antar data center mereka di seluruh dunia menggunakan jaringan milik Google sendiri dan bukan menggunakan jalur internet, sehingga lebih terjaga dan lebih cepat.
  • Google Cloud DataStore (GCD), adalah layanan berbasiskan storage. GCD adalah untuk NoSQL database dimana digunakan untuk menyimpan Non-Relational data. GCD mempunyai interface query SQL sehingga memudahkan dalam pengoperasiannya.

Bagi yang mengikuti sejarah Big Data, pasti mengetahui bahwa Hadoop, yang merupakan sistem de facto dari Big Data, merupakan hasil reverse engineering dari paper big data Google. Hal ini menunjukkan bahwa Google merupakan perusahaan yang peduli (concern) mengenai big data. Oleh karena itu komponen big data yang mereka gunakan di google cloud platform pasti benar-benar bagus. Komponen big data yang ada pada Google Platform adalah sebagai berikut:

  • Google Big Query (GBQ), adalah berfungsi untuk melakukan pemrosesan dan analisis data. Di dalam GBQ terdapat program ‘map-reduce’ yang dijalankan, dimana GBQ akan mengalokasikan CPU yang dibutuhkan untuk mengeksekusi program map-reduce tersebut.
  • Google Cloud DataFlow (GCD), adalah layanan yang berfungsi untuk menjadwalkan suatu proses yang mirip dengan pipeline. GCD bisa mengatur proses apa saja yang harus berjalan dan kapan proses tersebut harus dilakukan.
  • Google Cloud Pub/Sub (GCP/S), adalah layanan massaging untuk big data. Layanan ini mirip dengan apache kafka atau Elastic Messaging Service (EMS) dari Amazon. Fungsi nya adalah menerima message dari Publishers, memasukkannya ke Queue dan memberikan message tersebut kepada Subscriber.
  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Agus Afiantara, adalah seorang praktisi yang sudah lama berkecimpung di dunia IT, khusus nya software development, yang punya atensi cukup tinggi terhadap perkembangan dunia cloud computing dan Big Data

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *