Komunitas Cloud Indonesia

“Efisiensi” – Virtualisasi Komputer #2

Penulis :   |   July 1, 2012

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya mengenai Efisiensi pada penerapan Virtualisasi Komputasi. Sebelumnya saya telah membahas tentang Server Virtualization dimana dibahas didalamnya bagaimana kita dapat melakukan reduksi dari 4 sisi. Diantaranya : cost, resource, energy, dan risk.

Pada tulisan kali ini, saya akan membahas tentang aspek lainnya bagaimana memanfaatkan Virtualisasi untuk kehidupan. Masih ingat dengan selogan “Go Green”?

Desktop Virtulization

Sama halnya dengan Server Virtualization, kita akan melihat bagaimana kita dapat memanfaatkan teknologi Virtualisasi pada Layer End User. Seperti biasa, akan penulis sampaikan dengan Grafik untuk memudahkan para pembaca yang budiman untuk cepat memahami apa sebenarnya yang dapat kita manfaatkan dalam Virtualisasi Desktop.

Berikut adalah gambaran dari Desktop Komputer yang tidak menggunakan Teknologi Virtualisasi.

Pada gambar diatas dijelaskan Desktop Komputer yang belum menggunakan teknologi Virtualisasi, yang pada nyatanya kita telah menghabiskan banyak sekali Energy listrik yang digunakan untuk menghidupkan komputer. Untuk membangun sebuah PC (Persoal Computer, pen) kita membutuhkan dana lebih banyak. Bisa dibayangkan, dalam satu paket saja kita butuh budget sekitar 4-5 juta untuk ukurang PC Build-Up dengan nama IBM/HP/Acer/dll. Waktu yang lebih banyak kita butuhkan untuk melakukan maintenance, update Sistem, update Aplikasi pendukung, dll. Kemudian, kemungkinan data lost akibat kerusakan media penyimpanan data akan semankin meningkat, karena semakin banyaknya penyimpanan data, maka daka akan semakin tidak terkontrolnya penggunaan dari setiap user yang menggunakan PC tersebut.

Salah satu Solusi untuk menekan kemungkinan-kemungkinan terburuk tersebut adalah dengan mengimplementasikan Virtualisasi Desktop.

“Terpusat” itu adalah kata yang tepat ketika Virtualisasi Desktop diimplementasikan.

Gambaran yang penulis buat pada skema diatas adalah jika sebuah infrastruktur computer telah di implementasikan Virtualisasi. Ukuran dari Komputer sendir akan semakin kecil, karena tidak banyak resource yang diperlukan ketika membangun sebuah Komputer. Kemudian, Komputer yang telah diimplementasikan Desktop Virtualisasi akan kita sebut sebagai Komputer Kecil.

Dengan implementasi Virtualisasi Desktop, maka yang terjadi adalah pemusatan hampir setiap sumber daya penting. Processor, Memory, dan HDD (sebagai media penyimpanan), dll. Selain itu kita dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada media penyimpanan, atau media urgent lainnya. Seorang Network Administratorpun akan diringankan pekerjaannya, untuk Maintenance dari sisi waktu pengerjaannya, mempermudah seorang IT Support ketika ingin mengupdate Antivirus Definition. Toh, hanya perlu mengupdate di satu tempat saja.

Baik penulis simpulkan kedalam beberapa point ketika kita telah mengimplementasikan Vistualisasi Desktop.

  1. Tidak adanya Kerusakan Hardisc Drive pada Komputer Kecil
  2. Tidak adanya Update Sistem operasi secara personal masing-masing Komputer, karena telah terpusat di Server Virtualisasi
  3. Tidak adanya Perawatan Komputer
  4. Pengurangan energi listrik
  5. Mengurangi biaya

Mari kita lihat dari aspek keamanan data ketika kita implementasikan kedalam sebuah teknologi Virtualisasi.

Pada gambar diatas dijelaskan bahwa file-file penting bisa disimpan dengan aman di Server tanpa harus mempermasalahkan personal security, karena dapat diminimalisir dari kemungkinan-kemungkinan Human Error, Miss Configuration, Firewall, Anti Virus, atau masalah kemanan lainnya dari setiap komputer. Oleh karenanya, Virtualisasi menyuguhkan sistem pengamanan terpusat pula, selain masalah penyimpanan dan lainnya.

Demikian penjelasan dari penulis mengenai “Efisiensi” – Virtualisasi Komputer – Desktop Virtualization

Terimakasih.

  1. Lowongan .NET Developer
  2. Lowongan Android Developer
  3. Lowongan Java Developer
  4. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  5. Big Data dengan Google Cloud

Penulis :

Writer/Reporter CloudindonesiA

Komentar

2 thoughts on ““Efisiensi” – Virtualisasi Komputer #2
  1. Khaidir

    dari sekian banyak virtualisasi server, mana yang paling efisien dan stabil.
    Mohon pencerahan.

    Reply
  2. Hendry

    Hi, bisa bagi info tentang hardware thin-client yang paling efisien secara price maupun performance?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *