Komunitas Cloud Indonesia

“Efisiensi” – Virtualisasi Komputer

Penulis :   |   June 29, 2012

Apa itu Virtualisasi Komputer?” Itu pertanyaan yang pertama muncul di benak penulis. Pertama, saya buat definisi dari saya sendiri apa itu Virtualisasi Komputer. Virtualisasi adalah sebuah metodologi yang menyembunyikan sebuah resource dalam sesuatu yang abstrak. Contoh : Jika kita membuat beberapa Virtual Komputer di dalam sebuah Server, Sebetulnya keadaannya seakan-akan kita memiliki beberapa Sistem yang berdiri sendiri. Padahal, infrastruktur yang digunakan tidaklah sebanyak Virtual Komputer yang aktif.

Definisi lainnya adalah “sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal; atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal.”(Sumber : Wikipedia)

Apa tujuan dari Virtualisasi Komputer itu sendiri? Efisiensi, baik itu efisiensi dari segi cost, resource, energy, atau bahkan risk. Pada saat ini, sedang ramai istilah Go Green atau Green Energy yang pada intinya bagaimana kita bisa melakukan penggunaan secara efisien, dengan tidak mengurangi hasil.

Pada Virtualisasi Komputer, saya akan membagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu Virtualisasi Server, dan Virtualisasi Desktop, yang pada nyatanya kita dapat melakukan efisiensi yang cukup pada dua hal tersebut.

Server Virtualization

Pernahkah Anda memiliki sebuah Server yang hanya digunakan untuk satu service saja? Dalam beberapa kasus, penulis sering menemukan kantor-kantor dan instansi-instansi yang melakukan pemborosan Resource server dilihat dari sisi fungsi dan resource yang dibuang begitu saja.

Dalam hal ini, kita dapat melakukan efisiensi dari 4 elemen yang saya tulis sebelumnya (Cost, resource, energy, dan Risk).

 

Mari kita lihat grafik dibawah ini :

Grafik diatas merupakan gambaran ketika kita memiliki sebuah server yang Resource-nya hanya digunakan seperlunya. Padahal, kita masih bisa melakukan efisiensi disana.

Mari kita lihat grafik selanjutnya :

Proses komunikasinya tetap sama sepertihalnya sistem tersebut  berdiri sendiri.

Pada Virtualisasi Komputer, yang terjadi adalah sentralisasi Prosesor, Memory, dan juga Storage.

Contoh dari teknologi Virtualisasi Komputer diantaranya adalah :

Apa yang terjadi?

 

Bandingkan, berapa biaya yang dikeluarkan ketika kita membuat banyak server tanpa Virtualisasi dan dengan Virtualisasi. Atau bahkan kita dapat melihat tagihan listrik setiap bulan, karena banyak sekali server yang digunakan, padahal kita dapat melakukan efisiensi disana.

Resource yang dibutuhkanpun akan semakin kecil. Waktu dan tenaga pun akan semakin kita perkecil kemungkinan untuk melakukan hal yang seharusnya bisa kita perkecil kemungkinannya.

Selanjutny, Resiko. Data Backup, System Backup dan System Restore akan semakin mudah dengan virtualisasi. Kemungkinan damage karena ketidakefisienan hardwarepun bisa diperkecil.

Desktop Virtualisasi akan penulis bahas pada tulisan berikutnya.

Terimakasih

 

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Writer/Reporter CloudindonesiA

Komentar