Komunitas Cloud Indonesia

Enkripsi untuk Cloud Storage Menggunakan Cloudfogger

Penulis :   |   June 6, 2012

Layanan cloud storage seperti GoogleDrive, SkyDrive, Dropbox, Box.net dan yang lain adalah sangat bermanfaat untuk menyimpan data untuk dapat diakses darimanapun. Tapi ada pertanyaan tentang bagaimana privasi data tersebut, maksudnya apakah ada kemungkinan file yang disimpan di penyimpanan awan/cloud storage itu dilihat/dibaca isinya oleh selain pemilik file atau yang di beri akses terhadap file tersebut? Sebenarnya hal itu tidak akan terjadi karena tentunya yang bisa mengakses file tersebut adalah pemilik file itu dan orang lain yang diberi akses oleh si pemilik file untuk dapat membuka/melihat/merubah file tersebut. Tapi meskipun demikian mungkin masih ada kekhawatiran kebocoran privasi file tersebut. Untuk yang ingin lebih dari sekedar menggunakan autentifikasi akun dari cloud storage yang digunakan, bisa ditambah dengan layanan pihak tambahan yang memberikan kemampuan untuk melakukan enkripsi file di sisi klien (client-side encryption) yang akan di tempatkan di cloud storage, yaitu Cloudfogger yang software instalasinya dapat di download gratis di website resminya www.cloudfogger.com

Dengan cloudfogger, semua file yang ada dalam folder cloud storage bisa di enkripsi untuk menambah tingkat keamanan privasi isi file yang ada di folder tersebut. Prosesnya pun relatif mudah, yaitu cukup dengan drag-and-drop file yang ingin di enkripsi ke dalam folder cloudfogger, jika semua file yang ada di folder cloud storage ingin di enkripsi maka cloudfogger di arahkan ke folder/direktory cloud storage yang diinstall di PC.

Proses instalasi cukup mudah, setelah download langsung eksekusi/double-click lalu ikuti instruksinya. Saat proses instalasi akan diminta untuk membuat akun. Anda akan diberikan sebuah nomor ID yang dibuat secara otomatis yang mana nomor ID tersebut akan dibutuhkan saat melakukan enkripsi dan dekripsi file. Pada gambar dibawah ini tinggal dimasukkan password kemudian lanjutkan dengan klik Next.

Jika anda telah meng-install salah satu cloud storage di PC anda, misalkan penulis menggunakan Skydrive, maka arahkan logical drive cloudfogger ke folder skydrive.

Setelah itu maka akan ada drive baru di Windows Explorer seperti gambar dibawah ini, lihat Cloudfogger (X:)

Untuk menempatkan file ke dalam folder cloudfogger cukup dengan klik tarik/drag-and-drop ke folder tersebut seperti pada folder biasa lainnya, dan file yang di tempatkan di folder cloudfogger maka file tersebut akan ter-enkripsi secara otomatis. Setelah menempatkan file dalam folder cloudfogger, selanjutnya klik-kanan icon cloudfogger (gambar awan warna biru) yang ada di tray, lalu pilih Lock untuk mengunci file yang ada didalamnya (lihat gambar dibawah),

semua file yang ada dalam folder cloudfogger (yang sebenarnya adalah folder skydrive) akan di sinkronisasikan dengan storage skydrive di internet. Semua file yang dienkripsi menggunakan cloudfogger akan ada tambahan extension di belakang nama file yaitu .cfog yang menandakan bahwa file tersebut di enkripsi oleh cloudfogger dan tidak bisa dibuka kecuali dengan memasukkan nomor ID dan password yang dibuat saat instalasi cloudfogger.

Saat ini cloudfogger tersedia untuk sistem operasi Windows 32bit maupun 64bit (Windows XP, Windows Vista, Windows 7 and Windows .), untuk iOS/iPad/iPhone dan juga untuk Android.

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Penulis :

Seorang IT enthusiast yang bekerja di bidang IT sejak tahun 2000, menjabat sebagai Kordinator Harian dalam struktur pengurus komunitas CloudIndonesiA, saat ini bekerja sebagai IT Consultant di sebuah perusahaan System Integrator.

Komentar

3 thoughts on “Enkripsi untuk Cloud Storage Menggunakan Cloudfogger
  1. Aris S. Ripandi

    sayangnya belum support untuk distribusi Linux ya..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *