Komunitas Cloud Indonesia

Gartner Cloud Magic Quadrant 2014

Penulis :   |   November 4, 2014

Sering kali ketika saya ketemu customer ditanya mengenai Gartner Magic Quadrant layanan Cloud. Banyak diantara mereka yang masih percaya bahwa Gartner Magic Quadrant lah yang akan menjadi referensi untuk mereka memilih layanan yang ada. Untuk membantu mereka, berikut ini beberapa kategori dari Gartner Magic Quadrant untuk layanan Cloud di tahun 2014:

  1. Infrastructure as a Service
    Figure 1.Magic Quadrant for Cloud Infrastructure as a Service
  2. Enterprise Application Platform as a Service
    Figure 1.Magic Quadrant for Enterprise Application Platform as a Service
  3. Public Cloud Storage Services
    Figure 1.Magic Quadrant for Public Cloud Storage Services
  4. x86 Server Virtualization Infrastructure
    Figure 1.Magic Quadrant for x86 Server Virtualization Infrastructure

Menurut saya, yang menarik dari Magic Quadrant diatas, adalah sebagai berikut:

  1. Amazon Web Services masih jadi raja layanan Infrastructure
  2. VMware masih jadi raja untuk virtualisasi
  3. Microsoft mulai mengejar ketinggalan yang ada, kalau diperhatikan di 4 kategori diatas, Microsoft selalu ada di quadrant Leaders.

Prediksi saya untuk tahun 2015:

  1. Amazon Web Services akan bersaing sangat ketat dengan Microsoft untuk layanan Infrastructure. Layanan Windows Azure Microsoft sudah semakin mature dan perkembangannya sangat cepat.
  2. Untuk layanan Cloud Storage saya sangat yakin di 2015 Microsoft akan jadi raja. Adopsi layanan oneDrive dari Microsoft yang sangat pesat dan kapasitas tanpa batas untuk para pengguna layanan Office 365 tentu akan sangat menarik buat para customer. Amazon mempunyai kekurangan yaitu tidak ada aplikasi dari Amazon yang terintegrasi dengan layanan Storage-nya.
  3. VMware masih akan jadi raja untuk virtualisasi di 2015, walaupun persaingan dengan Microsoft akan semakin sengit.
  4. Microsoft akan mulai mengusik salesforce.com di Enterprise Application Platform, Microsoft yang semakin terbuka dengan membuat para developer semakin mudah melakukan integrasi dan membangun aplikasi diatas/memakai layanan Office 365. Menurut saya, Office 365 API akan menjadi senjata yang ampuh buat menarik minat para pengembang dan customer.

Demikian ulasan dan opini singkat ini, buat para pembaca yang ingin berdiskusi silahkan untuk meninggalkan komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat ­čÖé

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Penulis :

Alex adalah pendiri CloudIndonesiA. Sangat tertarik dengan Cloud Computing dan ingin membantu masyarakat untuk lebih mengenal dan menggunakan Cloud Computing.

Komentar

One thought on “Gartner Cloud Magic Quadrant 2014
  1. Cipta Jaya

    Mohon review nya Pak Alex utk Dewaweb.com. ┬áKami penyedia jasa layanan cloud web hosting yang 100% Cloud (Infrastruktur, Hardware dan Software). ┬áDari waktu ke waktu, kami terus mengembangkan layanan-layanan berbasis cloud yang bersifat┬áin-house (buatan sendiri), dengan harapan masyarakat Indonesia tidak perlu jauh-jauh menggunakan layanan luar negeri untuk cloud nya – cukup bersama Dewaweb saja Indonesia sudah bisa menikmati layanan berbasis cloud. ┬áSilahkan cek dan lihat kami di http://www.dewaweb.com

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *