Komunitas Cloud Indonesia

Google Apps untuk Bisnis: 10 Add-Ons yang Powerful

Penulis :   |   October 7, 2012

Google Apps memiliki 10 add-ons powerful untuk bisnis yang dirancang untuk mempertinggi dan membantu Anda untuk kepentingan bisnis Anda – dari keamanan data hingga manajemen proyek dan lainnya. Semua add-ons dapat ditemukan di Google Apps Marketplace, dan kebanyakan add-ons ditawarkan secara gratis.

  • CloudLock

CloudLock untuk Google Apps adalah sebuah aplikasi proteksi data yang melacak lifecyle dari Google Docs. CloudLock melindungi dokumen-dokumen – dan membantu untuk mematuhi peraturan yang ada – dengan memonitor bagaimana mereka mengakses, mengedit, dan berbagi dengan siapa dan memungkinkan admin IT mencabut hak berbagi ini jika dibutuhkan.

CloudLock juga mengizinkan admin IT untuk mentransfer pemilik Google Docs ke akun yang berbeda pada domain perusahaan (saat pegawai meninggalkan perusahaan) dan memiliki sebuah fitur data analitis untuk persediaan dokumen dan memantau penggunaan kapasitas.

  • TripIt Travel Organizer

Aplikasi TripIt Travel Organizer untuk Google Apps mengintegrasi penerbangan TripIt dan informasi pemesanan hotel ke Google Calendar dan Gmail. Dengan sebuah e-mail Google Apps dan akun TripIt, Anda dapat mengautorisasi TripIt untuk mengimpor konfirmasi jadwal perjalanan dari Gmail secara otomatis daripada harus mengirimkan e-mail ke TripIt secara manual.

TripIt untuk Google Apps juga menambahkan rincian perjalanan ke Google Calendar seperti cuaca, waktu lokal, peta, penunjuk arah, online check-ins, dan penundaan perjalanan. Para pekerja dapat melihat rencana perjalanan dan berbagi Google Calendar mereka dengan bergabung workgroup pada perusahaan mereka yang ada di TripIt melalui sebuah fitur yang disebut dengan TripIt Groups.

  • YouCanBook.Me

Klien Anda dapat membuat janji pertemuan menggunakan YouCanBook.Me ke Google Calendar Anda. Setelah Anda menambahkan add-on YouCanBook.Me ke Google Calendar, Anda akan menerima sebuah URL unik yang kemudian akan Anda kirimkan ke klien dan pelanggan Anda. URL tersebuat akan mengarahkan Anda ke web page yang berisi jadwal Anda dimana klien dapat mengklik time slot dan mengisi sebuah form pemesanan yang dapat Anda sesuaikan. Ketika klien mengkonfirmasi janji pertemuan tersebut, event tersebut muncul di Google Calendar Anda dan Anda akan memperoleh email alert.

  • Zoho CRM

Zoho mengizinkan bisnis-bisnis dalam penggunaan Google Apps untuk sinkronisasi Gmail dan kemudian mengkases informasi Google Apps lainnya dari dalam suite Zoho CRM. Seperti fitur-fitur termasuk di dalamnya: melampirkan dokumen-dokumen, dari Google Docs, mengekspor event ke Google Calendar, capturing leads dari Google Sites menggunakan Web forms, dan menambah kontak dari Google Contacts, semua secara langsung dari dalam Zoho CRM.

  • Google Docs Backup

Add-on ini memungkinkan pengguna admin dari Google Apps Premier dan Education Editions untuk mengunduh dokumen-dokumen ke folder lokal, network drive atau Amazon S3, sambil mempertahankan struktur folder yang digunakan dalam Google Docs. Add-on ini dapat mem-back up Google Docs untuk seluruh domain Google Apps atau pengguna mailbox tunggal.

Dengan Google Docs Backup, dokumen-dokumen dapat diakses selama internet dalam keadaan downtime, kemudian berbagi dengan mereka yang belum menggunakan Google Docs, dan diarsipkan untuk pengambilan dokumen di lain waktu.

  • Tungle.me

Tungle, menyamakan Gmail dan Google Calendar dengan mengizinkan pengguna untuk berbagi jadwal dan data kalender dengan orang lain yang menggunakan sistem kalender yang berbeda seperti Outllok, Entourage atau Lotus Notes. Hanya satu dari dua orang yang menggunakan Tungle untuk menyamakan kalender dan menjadwalkan pertemuan merupakan pengguna Tungle. Tungle mengizinkan yang bukan perngguna Tungle untuk melihat informasi free/busy jika setiap orang berada dalam sistem kalender yang sama.

  • Gbridge

Gbridge, sebuah ekstensi dari layanan jaringan Gtalk Google, mengijinkan pengguna Google Apps untuk mengsinkronisasi folder secara aman, berbagi dan mem-back up file, chat, dan akses desktop secara remote. Gbridge juga terkenal karena mampu secara otomatis membentuk VPN peer-to-peer antara pengguna computer jika mereka login di bawah akun pengguna Gtalk yang sama.

Gbridge 2.0 secara penuh mendukung akun-akun Google Apps, sehingga akan menjadi mudah untuk menciptakan VPN di Google Apps shops.

  • myERP.com

myERP.com, suite ERP online untuk SMBs dengan harga yang murah, terintegrasi secara penuh dengn Google Apps, Gmail, dan Kalender. Suite yang berbasis web ini terdiri dari modul-modul untuk CRM, penjualan, akuntansi, proyek-proyek, pembelian, dan inventarisasi.

Siapapun dengan akun Google Apps akan masuk ke myERP.com dengan beberapa klik dan kemudian dapat memulai secara cepat.

  • RapidTASK

Aplikasi RapidTASK bertujuan untuk menyederhanakan kebingungan dalam menangani proyek dengan cara memungkinkan manajer proyek untuk menciptakan daftar “to do” dan mengsinkronisasi daftar tersebut dengan kontak email Google Apps. RapidTASK, yang terintegrasi dengan Google Calendar dan Gmail, kemudian menyertakan manajer proyek ke dalam tugas-tugas yang dibagi sehingga mereka dapat melihat apakah anggota tim sedang bekerja atau tidak secara real time.

  • Manymoon

Manymoon, adalah project management player lainnya yang terintegrasi dengan Google Apps. Dalam menggunakan Manymoon, para pekerja dapat menambah informasi proyek untuk berbagi Google Calendar dan melampirkan Google Docs untuk tugas-tugas, proyek-proyek, dan event. Mereka juga dapat mengakses Manymoon dalam situs-situs Google seperti iGoogle atau start page Google dengan menggunakan tasks gadget Manymoon, yang menyediakan sebuah cara yang baik untuk create, view, dan menyelesaikan tugas-tugas tanpa harus login ke Manymoon.

Sumber: CIO

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Penulis :

Elvira Siahaan, dengan nama panggilan Vira. Saya merupakan lulusan dari Universitas Ma Chung dengan jurusan Teknik Informatika dan sekarang bekerja di Zenith yang merupakan perusahaan Cloud Computing. Saat ini kesibukan saya adalah mempelajari Office 365 lebih dalam sebagai bekal saya menghadapi ujian sertifikasi. Artikel yang saya posting akan banyak mengulas tentang Office 365. Enjoy my posts and I am positively accept your likes and comments. Thanks! :)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *