Komunitas Cloud Indonesia

Google Dikabarkan Berencana Meluncurkan Layanan Cloud Computing IaaS

Penulis :   |   June 24, 2012

Sejak tahun 2008, Google telah terjun ke dunia cloud computing dengan menghadirkan Google App Engine, produk Platform-as-a-Service (PaaS) yang berjalan di atas infrastruktur Google. Sebagai sebuah PaaS, Google App Engine menawarkan kemudahan pengembangan dengan menyajikan berbagai layanan-layanan berkualitas seperti datastore yang tersebar dan sangat scalable.

Satu kekurangan Google App Engine adalah aplikasi yang bisa dikembangkan menggunakan PaaS ini terbatas ke aplikasi Java, Python, dan Go. Hal ini dikarenakan sampai saat ini Google baru mendukung ketiga bahasa pemrograman tersebut dalam App Engine. Pengembang aplikasi jaringan yang hendak membangun aplikasinya dengan menggunakan PHP, misalnya, tidak dapat menggunakan Google App Engine dan harus melirik penyedia cloud computing lain.

Google tampaknya menyadari keterbatasan ini merupakan salah satu hal yang menghambat pengadopsian Google App Engine oleh para pengembang aplikasi. Sebuah rumor yang beredar mengabarkan bahwa Google berencana untuk meluncurkan layanan cloud computing IaaS untuk melengkapi layanan PaaS yang mereka telah miliki saat ini. Jika rumor ini benar, maka pengembang aplikasi dapat menyewa virtual server secara langsung dari Google dan mulai membangun aplikasi jaringan dengan berbagai macam framework yang mereka sukai.

Rumor yang beredar juga mengabarkan bahwa Google akan meluncurkan layanan cloud computing IaaS ini dalam acara Google I/O 2012, yang akan dimulai pada tanggal 27 Juni 2012. Jika rumor ini benar, maka kami akan memperbaharui artikel ini dengan ulasan mengenai layanan cloud computing IaaS dari Google begitu layanan tersebut diluncurkan.

UPDATE 29-06-2012: Google secara resmi meluncurkan Google Compute Engine, layanan cloud computing IaaS yang berjalan di atas infrastruktur Google.

Sumber: TheVergeGigaOm.

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Penulis :

Ibrahim Arief received his Bachelor of Engineering on Informatics from Institut Teknologi Bandung, Indonesia, in 2008. He obtained his Master of Science in 2011 from the Erasmus Mundus Color in Informatics and Media Technology. Professionally, he architects and develops high-performance distributed transactional systems, ranging from traditional on-premise server cluster systems to highly scalable cloud-based systems. He currently works in a Dutch company as software engineer, developing intelligent logistical management SaaS for high profile corporate clients and running on top of Google App Engine PaaS.

Komentar

4 thoughts on “Google Dikabarkan Berencana Meluncurkan Layanan Cloud Computing IaaS
  1. aditya

    udah tanggal 28 nih, gimana kepastian google mengenai produk IaaSnya ya 😕 pengen tau 😀

    Reply
    1. Ibrahim Arief Post author

      Sabar yah, saat ini Google I/O masih berlangsung. 🙂 Schedule Google I/O 2012 tentang Cloud Platform bisa dilihat di https://developers.google.com/events/io/sessions#cloud-platform

      Update terakhir dari Google I/O tentang Google App Engine, sekarang pengembang bisa membatasi supaya aplikasinya diluncurkan hanya di datacenter Google di Eropa. Kurang relevan memang dengan kondisi pengembang perangkat lunak di Indonesia, tapi sudah satu langkah ke model Amazon Web Services.

      Kalo ada update terbaru, artikel ini akan diperbaharui, stay tuned. 😉

      Reply
    1. Ibrahim Arief Post author

      Betul sekali, Google Compute Engine. 🙂 Artikelnya sudah di-update dengan berita resmi ini.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *