Komunitas Cloud Indonesia

Mengenal & Menggunakan Google Docs

Penulis :   |   August 26, 2012

Google Docs adalah aplikasi office dari Google yang berbasis internet atau dalam dunia Cloud Computing masuk dalam kategori SaaS (Software as a Service). Dengan Google Docs pengguna dapat membuat dokument seperti menggunakan aplikasi Microsoft Office, yaitu dapat membuat document seperti menggunakan MS Word, membuat spreadsheet seperti menggunakan MS Excel, membuat presentation seperti menggunakan MS PowerPoint, dan sebagainya. Jika anda ingin mencobanya, silahkan mencoba demo Google Docs di halaman ini http://docs.google.com/demo .

Dengan Google Docs, memungkinkan untuk berbagi pakai file tersebut sehingga file dapat di edit oleh beberapa orang dengan fasilitas sharing, mungkin kemampuan untuk sharing bukanlah hal yang baru karena dalam pengelolaan konvensional secara offline pun file bisa di share agar dapat diakses oleh beberapa orang yang diberikan izin untuk mengakses file tersebut, tapi bukan cuma itu yang dapat di lakukan dengan Google Docs, bahkan dapat melakukan real-time collaboration yaitu kolaborasi meng-edit file bersama beberapa orang pada waktu yang sama.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan Google Docs

1. Buka halaman http://docs.google.com atau http://drive.google.com lalu masukkan akun google username & password (Note: pada masa yang akan datang Google Drive akan menjadi homepage untuk layanan Google Docs karena Google Docs telah include bagi pengguna Google Drive)

2. Setelah sign in, maka akan masuk ke halaman Google Drive yang merupakan homepage untuk layanan Google Docs. Untuk membuat file baru, klik tombol Create pada menu sebalah kanan seperti ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini, kemudian akan muncul dropdown menu untuk memilih jenis file yang ingin di buat.

3. Maka akan muncul tampilan file yang akan dibuat, dibawah ini contoh tampilan jika memilih Document dan Spreadsheet.

4. Secara default file baru akan bernama Untitled … , untuk merubah nama file klik File –> Rename, masukkan nama file.

5. Untuk berbagi pakai (share) dengan orang lain, klik tombol Share berwarna biru di pojok kanan atas, lalu pada kotak bagian bawah masukkan orang yang diberikan akses untuk melihat atau mengedit file tersebut. Ada tiga pilihan hak akses, yaitu Can View yang hanya dapat melihat isi file, Can Comment yang dapat melihat isi file sekaligus bisa memberikan comentar, dan Can Edit yaitu bisa meng-edit/merubah isi file. Orang yang diberikan hak akses Can Edit bisa meng-edit pada saat yang bersamaan dengan orang lain yang juga diberikan hak akses Can Edit.

6. Klik tombol Share & save berwarna hijau. Selesai sudah proses sharing file Google Docs.

Selamat mencoba.

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Seorang IT enthusiast yang bekerja di bidang IT sejak tahun 2000, menjabat sebagai Kordinator Harian dalam struktur pengurus komunitas CloudIndonesiA, saat ini bekerja sebagai IT Consultant di sebuah perusahaan System Integrator.

Komentar

One thought on “Mengenal & Menggunakan Google Docs
  1. Pingback: Cloud Computing -Semakin Mudah Bekerja Tanpa Repot Menginstall- | Learn to Share, Share to Learn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *