Komunitas Cloud Indonesia

Install Google Apps Sync Untuk Pengguna MS.Outlook

Penulis :   |   September 14, 2012

Google Apps Sync for Microsoft Outlook® adalah sebuah plug-in untuk Microsoft Outlook® 2003, 2007, ataupun 2010. Bagi anda yang terbiasa menggunakan Microsoft Outlook® untuk membaca/membalas email, mengatur jadwal di kalender, dan membuat daftar kontak, maka fungsi plug-in ini bermanfaat untuk melakukan sinkronisasi data yang ada di Ms.Outlook anda dengan data di akun Google Apps yang anda miliki, yaitu dengan cara meng-import data dari Ms.Outlook ke Google Apps sehingga anda bisa menggunakan Microsoft Outlook® anda untuk mengelola akun Google Apps anda. Data yang di import adalah seluruh email, daftar kontak, dan kalender. Namun kita bisa memilih data mana di Outlook yang ingin di import ke Google Apps, bisa seluruhnya, atau bisa juga hanya sebagian saja, misalnya hanya daftar kontak saja, atau email saja, atau kalender saja.

Tapi perlu diketahui bahwa plug-in ini hanya berlaku bagi pemilik akun Google Apps for Business, dan tidak berlaku bagi pengguna akun Google Apps free edition, namun jika anda sekedar ingin mencobanya maka anda bisa menggunakan trial Google Apps for Business yang diberikan masa percobaan selama 30 hari.

Jika sudah di sinkronisasikan, maka anda tetap dapat menggunakan akun Google Apps anda melalui Ms.Outlook yang biasa anda gunakan.

Langkah-langkah Instalasi:

  • Tutup program Microsoft Outlook anda.
  • Klik tombol Download Google Apps Sync (seperti gambar dibawah ini) yang ada pada halaman tersebut, lalu akan muncul pilihan untuk Run atau Save, anda bisa memilih Run untuk  langsung melakukan instalasi, atau bisa juga memilih Save untuk menyimpannya lalu kemudian baru mengeksekusi file installer yang disimpan itu.

  • Ketika file tersebut sudah diinstall (tentunya level user anda di windows harus sebagai administrator untuk bisa melakukan instalasi ini), akan muncul permintaan untuk memasukkan alamat email yang anda gunakan pada akun Google Apps anda, kontak yang muncul seperti gambar dibawah ini, silahkan isi kotak Email address dengan alamat email anda, dalam hal ini saya menggunakan alamat email ([email protected]). Selanjutnya pada bagian bawahnya ada pertanyaan Do you have a Google password?, klik Yes, I have a password, lalu masukkan password email anda di google apps. Centang saja kotak disebelah tulisan Remember Me, kemudian klik tombol  Continue.

 

  • Maka selanjutnya akan muncul kotak seperti dibawah ini, anda bisa memilih data apa saja di Microsoft Outlook anda yang ingin anda migrasi ke akun Google Apps anda, lalu klik tombol Migrate:

  • Kemudian akan muncul kotak seperti dibawah ini, anda bisa memilih langsung klik tombol Create Profile yang ada di pojok kanan bawah, atau bisa juga mengisi centang pada kotak disebelah tulisan Import data from an existing profile yang berfungsi untuk meng-import data profile yang anda gunakan saat ini ke Google Apps anda, namun penulis sarankan sebaiknya tidak usah di centang agar profile existing terpisah dengan profile Google Apps, maka sebaiknya silahkan langsung klik tombol Create Profile saja.

  • Setelah selesai, silahkan buka Microsoft Outlook, maka proses sinkronisasi akan berjalan secara otomatis.

  • Untuk melihat status proses sinkronisasi, arahkan pointer mouse anda ke icon Google Apps Sync pada tray icon di sebelah kanan taskbar desktop anda (seperti pada gambar dibawah ini.

Selamat mencoba.

  1. Lowongan .NET Developer
  2. Lowongan Android Developer
  3. Lowongan Java Developer
  4. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  5. Big Data dengan Google Cloud

Penulis :

Seorang IT enthusiast yang bekerja di bidang IT sejak tahun 2000, menjabat sebagai Kordinator Harian dalam struktur pengurus komunitas CloudIndonesiA, saat ini bekerja sebagai IT Consultant di sebuah perusahaan System Integrator.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *