Komunitas Cloud Indonesia

Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Penulis :   |   September 19, 2016
Bapak Luri Darmawan sedang menyampaikan materi kepada audiens

Bapak Luri Darmawan sedang menyampaikan materi kepada audiens

Jakarta Cloud Computing Meetup bulan 09.2016 telah diselenggarakan pada tanggal 18 September 2016. Bertempat di Auditorium Microsoft Indonesia, acara berlangsung dengan penuh semangat dan antusiasme baik dari peserta maupun pembicara. Meskipun dilaksanakan pada hari Sabtu, acara ini tetap dipenuhi banyak peserta. Acara Jakarta Cloud Computing Meetup di bulan September ini diselenggarakan oleh komunitas CloudIndonesiA bekerjasama dengan komunitas PHP Indonesia dan didukung oleh Microsoft Indonesia dan Asosiasi Pengusaha Online Indonesia (APOI).

Acara ini terbagi dalam 4 segmen dengan 4 orang pembicara, masing-masing segmen diikuti oleh sesi tanya jawab dengan dipandu oleh Mutiara Aisyah dari CloudIndonesiA sebagai moderator. Pembicara pada sesi pertama adalah Julius Fenata yang merupakan Technical Evangelist dari Microsoft Indonesia, beliau membawakan materi mengenai Microsoft Cloud Solutions. Dalam sesi ini peserta banyak mendapat informasi dan penjelasan mengenai teknologi yang disediakan oleh Microsoft di bidang Cloud Computing. Windows Azure sebagai sebuah platform Cloud Computing dari Microsoft diharapkan dapat memberikan solusi Cloud Computing yang menyeluruh baik bagi perusahaan skala besar, menengah, maupun kecil. Julius juga menjelaskan bagaimana Microsoft menjadikan Cloud Computing sebagai salah satu fokus utama dalam bisnisnya. Dalam sesi ini dijelaskan juga mengenai program BizSpark dari Microsoft yang memungkinkan peserta yang memiliki bisnis skala kecil maupun startup untuk dapat mengakses berbagai layanan Microsoft secara cuma-cuma selama tiga tahun.

Pembicara dari sesi kedua adalah Alex, Founder komunitas CloudIndonesiA yang membawakan topik Always On Architecture. Dalam sesi ini Alex menjelaskan tentang perancangan arsitektur yang memungkinkan sebuah aplikasi dapat memberikan layanan yang optimum. Sesi ini juga diikuti oleh demo perancangan arsitektur pada Windows Azure sehingga peserta dapat mengetahui secara langsung dan mengaplikasikannya di kemudian hari.

Pembicara pada sesi ketiga adalah Luri Darmawan dari komunitas PHP Indonesia yang juga menjabat sebagai Head of IT dari Rumah123.com. Beliau membawakan topik mengenai application development on cloud. Dalam sesi ini, beliau menjelaskan mengenai perbandingan antara waterfall method dan agile method dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi. Beliau juga menceritakan berbagai pengalamannya dalam menerapkan metode-metode tersebut. Fleksibilitas, kecepatan, dan kecilnya risiko yang dimiliki oleh pengembangan aplikasi dengan agile method membuat relatif banyak pihak berlaih dari waterfall method ke metode ini.

Pada sesi keempat, pembicara yang dihadirkan adalah Bapak Iskandar Soesman dari komunitas PHP Indonesia yang juga menjabat sebagai VP of Engineer di Kumparan. Beliau membawakan topik mengenai Serverless @ Azure. Dalam sesi ini beliau menjelaskan juga mengenai evolusi dari komputasi diantaranya on premise, hosting, virtualisasi, microservice hingga serverless. Dalam sesi ini peserta juga mendapat penjelasan bahwa teknologi yang ada saat ini memungkinkan adanya backend as a service dan function as a service serta berbagai kemudahan lainnya.

Dengan diselenggarakannya acara Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016 diharapkan dapat menjadi sarana yang tepat bagi banyak pihak untuk belajar dan berdiskusi bersama terutama di bidang teknologi yang terkait dengan Cloud Computing. Di waktu yang akan datang, kegiatan Jakarta Cloud Computing MeetupĀ direncanakan akan dilaksanakan secara rutin setiap dua bulan sekali dengan melibatkan lebih banyak audiens.

    Tidak ditemukan artikel yang terkait

Penulis :

Mutiara Aisyah, biasa dipanggil Tiara. Menyelesaikan studi di jurusan Teknik Informatika, Universitas Ma Chung pada tahun 2011. Memiliki minat tinggi terhadap perkembangan teknologi dan efeknya bagi kemajuan bangsa. Aktif dalam berbagai komunitas dan organisasi. Saat ini tercatat sebagai staf World Bank yang bertugas menjadi Technical Assistant / Consultant website bagi beberapa program pemerintah Indonesia.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *