Komunitas Cloud Indonesia

Kenapa disebut Cloud Computing?

Penulis :   |   April 28, 2012

sumber gambar: inquisitr.com

Pertanyaan pada judul tulisan ini mungkin pertanyaan yang sangat mendasar namun banyak terlintas dipikiran mereka yang baru mulai mengenal terminologi cloud computing (komputasi awan). Setelah mengetahui definisi dan penjelasan teknis mengenai apa dan bagaimana komputasi awan, rasanya perlu juga dibahas mengenai filosofi latar belakang digunakannya terminologi “komputasi awan”. Apakah karena ada kaitannya dengan awan yang dilangit? atau mungkin itu adalah komputasi yang dioperasikan dari negeri di awan? đŸ˜€

Jika tidak ada kaitannya dengan awan, lalu kenapa namanya Cloud Computing? kenapa bukan “Sky Computing”(Komputasi Langit), atau  “Ocean Computing”(Komputasi Lautan) atau “Forest Computing” (Komputasi Hutan)? dan banyak lagi pilihan terminologi lainnya yang mungkin saja dijadikan sebagai istilah yang digunakan untuk konsep yang ada pada Cloud Computing.

Bagi praktisi IT yang sering bersinggungan dengan simbol-simbol yang digunakan dalam topologi internet, maka pasti tahu simbol bergambar awan dalam topologi networking/internet, yaitu simbol untuk mewakili suatu jaringan yang komplex seperti topologi switching dan routing maupun mewakili internet. Misalkan seperti beberapa contoh gambar dibawa ini:

Dari contoh-contoh gambar tersebut yang ada simbol-simbol awannya, setidaknya ada gambaran untuk dapat dipahami mengapa konsep yang ini dinamakan Cloud Computing, yaitu pemanfaatan teknologi yang diakses oleh penggunanya melalui media internet, atau dengan kata lain, pengguna yang ingin menggunakan layanan cloud computing harus terhubung dengan internet untuk bisa menggunakan layanan tersebut. Sedangkan internet disimbolisasi dengan menggunakan gambar awan dalam topologinya. Itulah latar belakang digunakannya terminologi Cloud Computing (Komputasi Awan).

  1. Lowongan .NET Developer
  2. Lowongan Android Developer
  3. Lowongan Java Developer
  4. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  5. Big Data dengan Google Cloud

Penulis :

Seorang IT enthusiast yang bekerja di bidang IT sejak tahun 2000, menjabat sebagai Kordinator Harian dalam struktur pengurus komunitas CloudIndonesiA, saat ini bekerja sebagai IT Consultant di sebuah perusahaan System Integrator.

Komentar

6 thoughts on “Kenapa disebut Cloud Computing?
  1. rotyyu

    Lalu kalau pertanyaannya dilanjut ‘Mengapa Internet dilambangkan dengan awan?’. Kira-kira jawabannya apa ya?

    Reply
    1. Naufal Assagaf Post author

      internet sendiri adalah sesuatu yang kompleks sehingga disimbolisasi dengan gambar awan, dengan anggapan bahwa di dalam awan itu adalah jaringan switching dan routing yang saling menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lainnya sehingg masing-masing saling terhubung dan membentuk jaringan yang luas yang disebut internet. Untuk jaringan sederhana mungkin bisa digambarkan objek2nya, misalnya beberapa switch/router/dns server/web server/mail server/dll, tapi kalo sudah terlalu kompleks dan skalanya luas maka tidak bisa digambarkan secara detail sehingga cukup di wakili dengan simbol awan.

      Reply
  2. Pingback: Paham Jenis Layanan Cloud Computing Dalam 7 Menit - CloudIndonesiA : CloudIndonesiA

  3. Pingback: FAQ #1: Apa itu Cloud Computing | CloudIndonesiA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *