Komunitas Cloud Indonesia

Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing

Penulis :   |   June 12, 2016

Dalam Welcome Keynote-nya di acara Modern Finance Experience 2016 yang diselenggarakan di Chicago tanggal 6 April 2016 yang lalu, Mark Hurd, CEO Oracle memaparkan materi yang sangat menarik  mengenai 5 prediksinya mengenai masa depan Cloud Computing. Kelima prediksi tersebut adalah :

Prediksi 1 : Pada 2025, 80% Production Apps akan menggunakan teknologi Cloud. Beberapa fakta yang mendukung antara lain saat ini Public Cloud SaaS sudah menyentuh angka 24% dari keseluruhan Application market, di samping itu 85% dari aplikasi-aplikasi baru yang ada saat ini sudah dirancang untuk SaaS.

prediksi1

Prediksi 2 : Pada 2025, dua penyedia Suites akan menguasi 80% pasar SaaS (Software as a Service). Paket aplikasi yang menyeluruh dan terintegrasi nantinya akan sangat mudah untuk mengalahkan aplikasi-aplikasi yang dirancang sebagai SaaS Point Solutions. Adanya shared and extensible schema pada paket aplikasi (suites) sangat mengurangi biaya dan upaya yang perlu dilakukan dalam melakukan integrasi.

Prediction 2 : Suites Provider

Prediction 2 : Suites Provider

Prediksi 3 : Pada 2025, 100% Dev/Test akan berbasis Cloud. Nantinya, paket-paket aplikasi Dev/Test yang menawarkan berbagai framework dan bahasa yang populer akan mendominasi. Saat ini 30% – 40% belanja IT perusahaan adalah pada bagian Dev/Test, oleh karena itu peralihan ke perangkat berbasis Cloud diharapkan akan banyak menghemat biaya.

Prediction 3 : Dev/Test

Prediction 3 : Dev/Test

Prediksi 4 : Pada 2025, penyimpanan Enterprise Data akan dilakukan dengan berbasis Cloud. Saat ini jumlah data yang disimpan dengan teknologi cloud sudah lebih besar dibandingkan dengan yang disimpan di media penyimpanan konvensional. Dengan perkembangan yang ada, nantinya pembuat perangkat akan menjadi penyedia layanan public cloud storage dan tidak lagi dikelola oleh pihak lain seperti yang masih marak saat ini.

Prediction 4 : Enterprise Data Storage

Prediction 4 : Enterprise Data Storage

Prediksi 5 : Pada 2025, Enterprise Clouds akan menjadi IT Environments yang paling aman. Menanggapi isu keamanan Cloud Computing yang sebelumnya dikhawatirkan beberapa pihak, penyedia layanan cloud berusaha semaksimal untuk menghilangkan celah dan memberikan metode-metode kemanan yang semakin baik dari waktu ke waktu. Nantinya diharapkan Enterprise Clouds dapat menjadi IT environment yang paling aman sehingga tidak ada lagi hal-hal yang mengkhawatirkan pengguna.

Prediction 5: Most Secure IT Environment

Prediction 5: Most Secure IT Environment

Berikut adalah video lengkapnya :

    Tidak ditemukan artikel yang terkait

Penulis :

Mutiara Aisyah, biasa dipanggil Tiara. Menyelesaikan studi di jurusan Teknik Informatika, Universitas Ma Chung pada tahun 2011. Memiliki minat tinggi terhadap perkembangan teknologi dan efeknya bagi kemajuan bangsa. Aktif dalam berbagai komunitas dan organisasi. Saat ini tercatat sebagai staf World Bank yang bertugas menjadi Technical Assistant / Consultant website bagi beberapa program pemerintah Indonesia.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *