Komunitas Cloud Indonesia

Layanan Cloud Storage

Penulis :   |   April 28, 2012

Cloud Storage adalah layanan penyimpanan file di internet yang mana file yang disimpan disitu dapat dikelola dari mana saja selama penggunanya terhubung ke cloud storage tersebut melalui internet. Konsep cloud storage sama seperti konsep file server pada suatu kantor perusahaan, hanya saja infrastruktur media storage tersebut dikelola oleh provider cloud dan pemanfaatannya dijadikan layanan penyimpanan file yang dapat diakses dari internet. Sebenarnya cloud storage bukan layanan teknologi baru dalam dunia internet, sebelum trend cloud computing sepopuler saat ini, layanan cloud storage lebih dikenal dengan istilah virtual drive, namun memasuki era cloud computing ini istilah tersebut berubah menjadi lebih dikenal dengan sebutan cloud storage.

Diantara keuntungan memanfaatkan layanan cloud storage adalah kita tidak perlu membawa media penyimpanan untuk file-file yang telah disimpan di cloud storage, karena semuanya dapat diakses darimana saja melalui internet.

Cloud storage ada yang gratis dan ada yang berbayar. Layanan yang berbayar tentu memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh layanan gratis, bisa dari sisi kapasitas penyimpanan maupun dari fitur lainnya yang ditawarkan oleh penyedia layanan cloud storage tersebut. Beberapa layanan cloud storage yang bisa dimanfaatkan dengan gratis diantaranya adalah:

Google Drive

Google Drive memberikan layanan cloud storage gratis dengan kapasitas 5GB, sedangkan yang layanan berbayar adalah US$2.49 perbulan dengan kapasitas 25GB, US$4.99 perbulan dengan kapasitas 100GB, dan US$800 perbulan dengan kapasitas 16TB. Penggunaan Google Drive adalah dengan mendownload aplikasinya lalu meng-installnya dikomputer dan setelah diinstall akan ada folder Google Drive, setiap file yang ingin di simpan di cloud storage Google Drive cukup di masukkan ke dalam folder tersebut, maka akan otomatis tersinkronisasikan dengan folder di cloud storage Google Drive, seolah folder Google Drive yang terinstal di komputer berfungsi sebagai FTP-client. Keuntungan dari pemanfaat Google Drive bagi pengguna gmail dan google apps adalah, file yang disimpan di google drive bisa diintgrasikan dengan gmail dan google apps. Sehingga sesama pengguna gmail dan google apps bisa saling berbagi file yang disimpan di Google Drive dengan pengaturan hak akses yang disesuaikan seperti pengaturan hak akses pada file server, jadi tidak perlu mengirimkan file melalui attachment email.

Dropbox

Dropbox juga merupakan salah satu penyedia layanan cloud storage yang cukup populer dan termasuk pemain lama dalam bidang ini. Dropbox memberikan layanan cloud storage gratis dengan kapasitas 2GB, sedangkan yang layanan berbayar adalah US$10 per bulan / US$99 per tahun dengan kapasitas 50GB, US$20 per bulan / US$199per tahun dengan kapasitas 100GB.Dropbox juga menawarkan tambahan kapasitas 500MB untuk setiap pandaftar baru yang mendaftar dengan referensi dari yang telah menggunakan layanan Dropbox. Untuk menggunakan layanan cloud storage Dropbox diperlukan install software yag disediakan oleh Dropbox di situsnya untuk dapat didownload gratis dan di install di Windows, Mac, maupun Linux. Setelah menginstall Dropbox, maka di komputer akan ada folder khusus milik Dropbox sama seperti pada Google Drive.

Box.com

Penyedia Cloud Storage berikutnya adalah box.com yang juga memberikan free space sebesar 5GB untuk pengguna personal. Adapun untuk layanan berbayar adalah US$15 per bulan per user dengan jumlah user maksimal sampai 500 user. Dan ada juga layanan unlimited untuk enterprise.  Fitur layanan free storage dari box sebenarnya sama dengan layan dari penyedia lainnya untuk layanan yang sama.

 

SkyDrive

Yang ini adalah layanan cloud storage dari Microsoft. SkyDrive memberikan free space agak lebih besar dari layanan free cloud storage yag lain. Untuk layanan free nya SkyDrive memberikan space sebesar 7GB.

Amazon Cloud Drive

Amazon sebagai salah satu provider layanan cloud computing terkemuka di dunia tidak mau ketinggalan dalam menawarakan layanan cloud storage gratis bagi customernya, sama seperti Google Drive dan Box.com, Amazon juga memberikan kapasitas 5GB untuk layanan cloud storage yang gratis. Layanan ini belum lama diluncurkan oleh Amazon, yaitu baru sekitar satu tahun yang lalu. Adapun layanan berbayar untuk Amazon Cloud Drive sangat bervariasi karena cukup banyak pilihan harga, mulai dari US$20 per tahun untuk kapasitas 20GB sampai US$1000 untuk kapasitas 1000GB.

Itulah beberapa contoh penyedia layanan cloud storage yang cukup populer dan ada versi gratis nya, yang pada umumnya fitur layanan yang diberikan hampir sama satu dengan yang lainnya, mungkin ada perbedaan sedikit dari layanan yang diberikan, namun perbedaannya tidak terlalu signifikan. Masih banyak lagi penyedia layanan cloud storage seperti itu baik yang versi berbayar tanpa ada versi gratisnya maupun yang ada versi gratisnya.

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Seorang IT enthusiast yang bekerja di bidang IT sejak tahun 2000, menjabat sebagai Kordinator Harian dalam struktur pengurus komunitas CloudIndonesiA, saat ini bekerja sebagai IT Consultant di sebuah perusahaan System Integrator.

Komentar

6 thoughts on “Layanan Cloud Storage
  1. Blog nova13

    saya sekarang pake dropbox, soalnya multi OS
    sedangkan kalau google drive juga baru saja dirilis, dan baru tersedia utk win & mac

    Reply
  2. Noor

    Cloud computing [Cloud Storage]layanan apapun sebenarnya bagus, apalagi di implementasikan untuk menunjang berbagai sektor UKM, Bisnis, Edukasi, Corporasi, dll. Nah, masalah yang muncul adalah layanan tsb membutuhkan dan sangat bergantung pada koneksi Internet yg stabil dan (high bandwidth availability if needed* for the largest data/file), sehingga infrastruktr jaringan yang handal dan memadai sangat2lah penting(IaaS+NGN(next generation network)IPv6) tidak hanya utk area inner city kota2 besar akan tetapi mencakup semua pelosok daerah Indonesia must have high end network infrastructure and high bandwidth availability. Go on 🙂

    Reply
  3. Agus

    setahu saya ada kapasitas tambahan untuk dropbox sebesar 250MB hinggak 8GB untuk setiap user yang register lewat akun kita. sedangkan untuk skydrive ada kapasitas upgrade storagenya dari 7GB menjadi 25GB

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *