Komunitas Cloud Indonesia

Melihat Statistik Email Dengan Gmail Meter

Penulis :   |   October 9, 2012

Gmail Meter adalah sebuah script tambahan untuk gmail yang gunanya adalah untuk melihat satistik emaildiĀ  akun gmail secara terperinci. Dengan informasi yang terperinci mengenai statistik email, maka kita dapat mengetahuin dan menganalisa kebiasaan korespondensi yang kita lakukan melalui akun gmail tersebut maupun oleh dilakukan oleh pihak lain terhadapat kita dalam berkomunikasi/berkorespondensi melalui email.

Untuk meng-install script gmail meter relatif cukup mudah, berikut ini panduan-langkah-langkahnya:

1. Buat sebuah file spreadsheet di Google Docs

2. Klik bagian judul untuk merubah nama file tersebut.

3. Pada bagian judul isi dengan nama file Gmail Meter, lalu klik OK.

4. Setelah merubah nama file, klik Tools lalu pilih Script gallery…

5. Selanjutnya pada kotak Search (no.1), isi dengan Gmail meter untuk melakukan pencarian. Setelah muncul hasil pencarian, klik tombol Install (no.2), maka selanjutnya proses instalasi akan berjalan.

6. Setelah proses instalasi selesai, akan muncul permintaan untuk autorisasi, klik tombol Authorize, lalu klik tombol Close.

Sampai disini proses instalasi script Gmail Meter telah selesai, selanjutnya adalah melakukan request statistik email dengan gmail meter. Berikut ini caranya:

1. Masih di file spreadsheet yang tadi dibuat dengan nama Gmail Meter, setelah dilakukan instalasi Gmail Meter maka akan ada menu Gmail Meter di deretan menu paling atas (di sebelah kanan Help). Klik Gmail Meter, lalu klik Get a Report.

2. Maka akan muncul dua pilihan, Monthly Report (no.1) yaitu report bulanan atau Custom Report (no.2) yaitu report untuk jangka waktu yang kita tentukan sendiri. Silahkan pilih dengan menekan tombol Get it.

3. Jika memilih Monthly Report, maka akan langsung selesai dan tinggal klik tombol Close seperti pada langkah pada gambar nomor 4 dibawah, tapi jika memilih Custome Report maka akan muncul pilihan penentuan tanggal awal dan tanggal akhir dari statistik email yang reportnya ingin diminta. Setelah menentukan tanggal awal dan tanggal akhir, maka tinggal klik tombol Start.

4. Selanjutnya muncul pemberitahuan bahwa proses request telah selesai dan report akan dikirimkan ke email, klik tombol Close. Sampai disini proses request report statistik dari gmail meter telah selesai, tinggal menunggu reportnya dikirimkan ke inbox beberapa saat setelah proses request dilakukan.

Bentuk tampilan report yang dikirimkan berisi statistik yang ditampilkan secara detai dalam bentuk graphic seperti berikut ini.

Statistik Total Keseluruhan Jumlah email dalam jangka waktu yang kita request reportnya pada Monthly Report ataupun Custome Report

Grafik Statistik Harian

Grafik Statistik Bulanan

Grafik Statistik Mingguan

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Penulis :

Seorang IT enthusiast yang bekerja di bidang IT sejak tahun 2000, menjabat sebagai Kordinator Harian dalam struktur pengurus komunitas CloudIndonesiA, saat ini bekerja sebagai IT Consultant di sebuah perusahaan System Integrator.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *