Komunitas Cloud Indonesia

Memasang Google Calendar di Desktop Windows

Penulis :   |   August 6, 2012

Sebagaimana telah di sampaikan pada artikel berjudul Mengatur Jadwal Dengan Google Calendar, bahwa Google Calendar adalah salah satu fitur gratis yang disediakan Google untuk para penggunanya. Dengan Google Calendar, pemilik akun Google dapat mengatur jadwal dan berbagi info jadwal tersebut kepada orang lain.

Pada artikel ini penulis membahas tentang bagaimana Google Calendar pada akun google kita di tampilkan di desktop komputer windows, sehingga untuk melihat dan atau mendapatkan pengingat jadwal dari Google Calendar kita tidak perlu browsing ke google menggunakan browser, tapi cukup langsung dari desktop saja. Hal ini tentu jadi lebih praktis bagi yang memanfaatkan fungsi kalendar di google.

Untuk keperluan hal tersebut, penulis menggunakan sebuah software freeware/gratis yaitu gCalendar, software tersebut dapat di download secara gratis disini.

Proses Instalasi

Setelah download file nya yang terkompresi dalam bentuk zip, eksekusi file gCalendar-Setup.exe yang ada di dalam file zip tersebut. Lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

1.Setelah eksekusi/double-click file gCalendar-Setup.exe, maka akan muncul kotak berikut ini, klik Next:

2. Lanjutkan dengan meng-klik “I Agree” pada kotak ini:

3. Pilih lokasi folder penyimpanan program ini, langsung klik “Install” pada kotak ini aja jika tidak ingin merubahnya.

4. Klik Finish, maka sampai disini selesai proses instalasi.

5. Silahkan cek di desktop, tampilan calendar seharusnya sudah muncul di desktop anda dan juga icon pada system tray, seperti berikut:

 

Setting gCalendar

1. Selanjutnya sinkronisasikan dengan Google Calendar akun yang kita miliki, caranya: klik icon menu di pojok kiri atas pada gCalendar desktop, lalu pilih “Gmail Account …

2. Maka akan muncul kotak untuk mengisi akun Gmail atau Google Apps anda, disini penulis menggunakan akun username & password Google Apps, lalu klik Next:

3. Pada kotak berikutnya langsung saja klik Save.

4.Selanjutnya, untuk menyesuaikan tampilan dengan yang anda inginkan, klik Menu lalu pilih “Options …

5. Pada kotak yang muncul seperti dibawah ini klik kotak di sebelah tulisan “Run at startup” agar program ini otomatis aktif setiap komputer anda dihidupkan. Anda juga dapat mengatur tingkat transparansi tampilan gCalendar pada desktop anda, makin kecil angka persentasenya berarti makin transparan tampilannya, dan makin besar angka persentasenya maka makin solid tampilannya di desktop. Terakhir, anda dapat mengatur interval frekwensi gCalendar melakukan sinkronisasi/pencocokkan dengan Google Calendar di akun anda, untuk anda yang tidak terlalu sering membuat/merubah jadwal di Google Calendar anda maka sebaiknya waktu intervalnya tidak perlu terlalu dekat.

Jika sudah tersinkronisasi, maka untuk melihat jadwal yang ada pada tanggal tertentu anda tinggal mengarahkan pointer mouse ke atas tanggal yang diinginkan maka akan muncul cuplikan informasi jadwal pada tanggal itu, sedangkan untuk melihat jadwal lebih detail maka tinggal men-double-click tanggal yang diinginkan sehingga akan muncul pop-up informasi jadwal pada tanggal itu. Dan setiap ada reminder dari Google Calendar maka akan muncul baloon di system tray pada pojok kanan bawah desktop anda yang berisi informasi mengenai jadwal yang telah mendekati atau memasuki waktunya.

Selesai, selamat mencoba 🙂

  1. Lowongan .NET Developer
  2. Lowongan Android Developer
  3. Lowongan Java Developer
  4. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  5. Big Data dengan Google Cloud

Penulis :

Seorang IT enthusiast yang bekerja di bidang IT sejak tahun 2000, menjabat sebagai Kordinator Harian dalam struktur pengurus komunitas CloudIndonesiA, saat ini bekerja sebagai IT Consultant di sebuah perusahaan System Integrator.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *