Komunitas Cloud Indonesia

Membangun Aplikasi Sederhana Menggunakan Azure SQL Database

Penulis :   |   August 3, 2012

Halo Pembaca CloudIndonesiA,

Sebelum mulai mempraktekkan tutorial ini mengenai membuat aplikasi sederhana berbasis web menggunakan Azure SQL Database, ada baiknya membaca artikel sebelumnya tentang dasar SQL Database Azure. Pada contoh kasus ini saya menggunakan database AdventureWorks dari Microsoft, yang databasenya dapat di download pada codeplex.


Setelah selesai download, maka file hasil download dapat di ekstak pada salah satu folder di PC sendiri, lalu kita akan me-restore database tersebut melalui command prompt. Pastikan sebelum melakukan ini beri izin dahulu IP yang saat ini kita gunakan.

1.Buka command prompt, lalu masuk ke folder yang dimaksud dengan menggunakan cd.. untuk kembali pada root folder. Dan perintah cd namafolder untuk masuk ke folder yang akan diakses. Lalu masuk ke directory AdventureWorks_Federated, dengan perintah :

CreateAdventureWorksForSQLAzure_Fed.cmd namaserver.database.windows.net user@namaserver password

tekan enter. Beberapa saat akan dilakukan restore ke SQL Database Azure. Jika proses berhasil terdapat information successfully disetiap baris, dan pada akhir proses.

image

2. Selanjutnya mari kita buka visual studio 2010, lalu create project>> installed template, pilih bahasa pemrograman yang akan digunakan. Pada case ini saya menggunakan C#>> Cloud>>Enable Windows Azure Tools. Artinya kita harus mendownload SDK Windows Azure, pilih Install SDK Azure>>sesuaikan dengan Visual Studio yang digunakan. Beberapa saat kita akan mendownload Web Installer Platform 4.0. Pada proses update ini fitur cloud akan ditambah ke visual studio yang kita gunakan. Usai install lakukan ulang step nomor 2.

image

3. Kali ini setelah create project, akan tampil halaman Windows Azure Cloud Service >> Web Role 1 (ASP.NET Web
Role)

image

4. Buka Default.ASPX, drag and drop GridView pada toolbox kehalaman tersebut.

5. Masih pada area GridView>>ChoseDataSource>>NewDataSource lalu pilih saja SQL Database. Pilih New
Connection>>Microsoft SQL Server (SqlClient).

image

 

6. Masukan namaserver.database.windows.net dan gunakan User SQL Server Authentication masukan namauser dan password. Dan pilih database AdventureWorks2012, pastikan connection tersebut bisa dengan menggunakan Test Connection. Lalu add connection>>DataSourceConfigurationWizard>>SaveConnection>>Specify a custom SQL statement and stored
procedure.

image

7. Masukan query yang ingin ditampilkan, kali ini saya menggunakan query dibawah. Untuk mencobanya Test Query>> Finish

SELECT [DepartmentID],[Name],[GroupName],[ModifiedDate]FROM [HumanResources].[Department]

image

8. Tekan F5, untuk menjalankannya. Beberapa saat akan tampil aplikasi sederhana menggunakan SQL Database.

image

Oke rekan-rekan, ini artikel singkat dari saya tentang bagaimana cara membuat aplikasi dengan Azure SQL Database. Silahkan bagi rekan-rekan yang tertarik lebih dalam dapat mengexplorenya kembali.

Salam,

SUBHAN Jangan Pernah Berhenti untuk Belajar

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Sejak lahir sampai saat ini di Jakarta. Menyelesaikan studi S1 di BINUS University bidang yang diambil Sistem Informasi - Business Intelligence, saat ini sedang melanjutkan studi S2 untuk bidang Financial Analysis. Saat ini bekerja sebagai Business Intelligence Consultant dan BI/DW Frelancer. Bidang yang ditekuni : Business Intelligence, Data warehouse, SQL Server Performance, Architecture DW/BI, Data Quality Services, dan SQL Azure http://muhammadsubhan.com

Komentar

One thought on “Membangun Aplikasi Sederhana Menggunakan Azure SQL Database
  1. ryan

    halo mas
    saya tertarik dengan artikel anda tentang windows azure

    keep posting ok

    thx

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *