Komunitas Cloud Indonesia

Membuat Aplikasi Sederhana di force.com

Penulis :   |   July 22, 2012

Pada artikel ini saya mengajak pembaca untuk mempelajari lebih dalam mengenai force.com. Tutorial kali ini akan membahas secara sederhana bagaimana membuat aplikasi sederhana dengan force.com. Aplikasi yang ingin dibuat adalah membuat data barang  menggunakan fitur di dalam force.com.

 Daftar user

Pertama-tama kita daftar user akun untuk developer force.com dengan mengisi form registrasi  di alamat web http://www.developerforce.com/events/regular/registration.php. Masukkan informasi sesuai dengan identitas masing-masing. Pastikan membaca Master Subscription Agreement sebelum melakukan submit form. Ketika sudah setuju dengan persyaratan tersebut masukkan kode captcha dan klik submit. Secara langsung akan dikirim email pendaftaran user tersebut ke email yang telah didaftarkan.


Membuat Aplikasi Sederhana

Pertama-tama login ke alamat https://login.salesforce.com/ dengan user akun yang sudah didaftarkan sebelumnya. Lalu klik menu Username > Setup di sebelah kanan atas lalu klik QuickStart. Lalu masukkan Nama App : Penjualan, Label : Barang, dan Plural Label : Barang. Setelah itu klik Create lalu Go to MyApp.

 

Menambahkan field

Pilih menu yang ada di sebelah kanan layar browser lalu pilih menu View Field dan klik New. Pilih tipe data Auto Number lalu klik next masukkan input seperti gambar berikut. Field label : Kode Barang, Display Format : BRG#{000000000}, starting number:1, field name : Kode_Barang.  Setelah itu klik save & new.

Pilih tipe data text lalu masukkan input seperti gambar berikut, field Label : Nama Barang, Length : 500, Field name : Nama_barang, Required : check, unique : case insensitive. Lalu klik next. Setelah itu pilih menu save & new.  Tambahkan field dengan tipe data number,  dengan field label : Stok. Setelah itu pilih next lalu save maka akan tampil seperti berikut.

Detail object tersebut antara lain memiliki nama Object Barang, API Name : Barang___c . Selain itu terdapat custom fields berupa field yang telah kita definisikan tadi di atas yaitu kode barang, nama barang, serta stok.

Untuk menggunakan aplikasi sederhana tersebut diatas kita dapat memilih menu Barang di force.com lalu pilih menu new. Lalu masukkan data barang yang ingin kita inputkan misal masukkan kode barang dengan isian BRG#000000001, nama barang Lemari Besi, serta stok adalah 10.

Demikianlah tutorial sederhana membuat aplikasi menggunakan force.com. Semoga memberikan gambaran yang lebih jelas terhadap artikel sebelumnya.

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *