Komunitas Cloud Indonesia

Membuat “Hello World” di Google App Engine dengan JSP

Penulis :   |   August 6, 2012

Sebelumnya, penulis telah membahas bagaimana membuat sebuah program sederhana “Hello World” didalam Google App Engine dengan menggunakan Java Servlet. Pada kesempatan ini, penulis memberikan cara lain dalam mengembangkan aplikasi didalam Google App Engine dengan JSP (Java Server Pages).

Sekilas tentang JSP

JSP adalah sebuah scripting language berbasis java. JSP dapat dikomparasikan dengan bahasa server-side scripting lainnya seperti ASP dan PHP. Fungsi dan metode pengembangannya kurang lebih sama. Hanya saja, bila anda menggunakan JSP maka oleh server JSP anda akan di-compile terlebih dahulu menjadi Java Servlet sebelum benar-benar dijalankan.

Seperti halnya dengan bahasa server-side scripting lainnya, JSP memiliki tag khusus sebagai tanda pengenal. Tag ini berupa opening tag dan closing tag yang menandai blok program tertentu. Dengan tag ini, server dapat mengenalinya dan memperlakukan blok tersebut sebagaimana mestinya. Jangan lupa bahwa file anda juga harus disimpan dengan ekstensi “.jsp”.

“Hello World”

Sekarang mari kita memulai membuat project sederhana dengan JSP didalam Eclipse. Jalankan Eclipse terlebih dahulu lalu klik menu “New->Web Application Project“.

Isilah form yang diberikan sesuai dengan kebutuhan anda. Tulisan sebelumnya telah membahas apa dan bagaimana mengisi form New Project ini di Ecplise. Kami sarankan, untuk keperluan tutorial ini, anda memilih opsi “Generate Project Sample Code“. Opsi ini akan membentuk struktur project minimalis secara default yang membantu anda. Didalamnya telah terdapat konfigurasi-konfigurasi yang langsung dapat anda pakai. Nantinya, ketika anda sudah mulai mengembangkan sebuah aplikasi yang serius, opsi ini bisa anda pilih atau tidak. Khususnya jika anda sudah sangat paham dengan konfigurasi GAE ini.

Setelah Eclipse membentuk struktur projectnya, anda dapat mencoba untuk menjalankannya dengan menekan tombol CTRL-F11 atau klik pada tombol icon “RUN“. Setelah muncul launching URL-nya, copy teks dari alamat yang diberikan dan bukalah pada browser anda.

Project ini menggunakan Java Servlet sebagai default. Untuk memulai menggunakan JSP, bukalah folder “war” di Project Explorer anda. Klik kanan pada folder tersebut lalu pilih menu JSP File. Perhatikan gambar dibawah.

Setelah itu, double click pada file “hellojsp.jsp” yang telah dibuat tadi. Eclipse akan menampilkan default code dari file tersebut. Code ini dihasilkan oleh Google App Engine SDK plugin yang telah anda install didalam Eclipse. Jika anda perhatikan, isinya tidak berbeda dengan file HTML biasa. Carilah blok “<body>” dan “</body>” lalu diantaranya ketikkan: “HELLO JSP!”. Setelah itu jalankan project anda (CTLR-F11 atau klik icon RUN).

Ada kemungkinan anda akan menjumpai error seperti dibawah ini:

Itu berarti JRE belum anda konfigurasikan dengan benar. Klik menu Window->Preferences->Java->Installed JRE dan pilihlah JRE sesuai dengan instalasi didalam komputer anda.

Jika semuanya sudah benar, maka anda akan segera melihat hasilnya.

Untuk tahap selanjutnya, mari kita menuliskan JSP code yang lebih kompleks daripada sekedar tag HTML. Bukalah file “hellojsp.jsp” tadi, carilah blok “<BODY>” lalu ketikkan perintah berikut dan jalankan!

<%
 System.out.println( "Mengambil tanggal hari ini: " );
 java.util.Date date = new java.util.Date();
%>
Selesai, hasilnya adalah: <%= date %>
  1. Lowongan .NET Developer
  2. Lowongan Android Developer
  3. Lowongan Java Developer
  4. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  5. Big Data dengan Google Cloud

Penulis :

Seorang Technology Enthusiast. Bekerja sebagai Senior Software Developer di sebuah perusahaan Software House. Founder group facebook "GEEK FACTOR", sebuah komunitas bagi para pecinta teknologi (http://www.facebook.com/groups/nerd.factor).

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *