Komunitas Cloud Indonesia

Membuat Menu Website di Site.Com

Penulis :   |   July 30, 2012

Sebagaimana fungsi site.com secara umum, produk ini berfungsi untuk membuat website perusahaan. Pada setiap halaman website pasti ada menu sebagai navigasi dari satu halaman website ke halaman yang lain. Berikut langkah-langkah membuat menu untuk sebuah wensite menggunakan site.com

Login ke salesforce.com terlebih dahulu http://login.salesforce.com. Kemudian setelah muncul tampilan dashboard, pilih site.com, maka anda akan masuk ke halaman site.com studio. karena ingin membuat halaman baru maka klik new untuk membuatnya.

Setelah itu tulis nama website  pada textbox create new blankpage. Kemudia klik create.

Kemudian bisa dilihat menu yang dapat digunakan untuk membuat website, mulai dari sitepages, page template, style sheets, dan assets. Untuk membuat menu pertama kita harus membuat halaman-halaman menu nya terlebih dahulu. Misal disini dibuat 3 halaman menu yaitu; contacs, register, dan products. Pertama klik site pages kemudian klik new.

Kemudian akan muncul box, tulis nama halaman yang ingin dibuat. Kemudian pilih layout, kemudian klik create.

Karena sebelumnya ingin membuat 3 menu maka, ulangi langkah ini sesuai dengan banyak menu yang ingin dibuat.

Bila semua telah terbuat maka anda bisa melihat halaman menu yang telah dibuat pada sitemap.

Setelah membuat halaman untuk menu nya sekarang anda harus membuat halama utamanya atau landing page–nya. Pertaman kembali ke halaman menu terlebih dahulu dengan klik tab overview. Kemudian pada menu seperti gambar dibawah, klik page template kemudian klik new.

Kemudian akan muncul bos create a page template, tulis judul page template kemudian klik create.

Kemudian akan muncul layout dari page template yang dapat di edit. Klik kanan pada bagian row/panel paling atas, kemudian klik kanan, setelah itu klik add row and coloum panel. Pilih dengan 1 row dan 3 coloum.

Maka panel atas akan terbagi menjadi tiga bagian. Setelah itu klik bagian tengan dari panel atas, karena akan ditambahkan menu pada bagian tersebut. Kemudian klik kanan pada bagian tersebut kemudian klik add page elements.

Kemudian akan muncul box seperti gambar berikut makan klik Menu kemudian drag and drop element menu pada panel yang di klik kanan tadi.

Setelah itu akan link akan muncul secara otomatis dengan apa yang ada pada sitemap. Namun masih berbentuk link yang tersusun vertical. Untuk mempercantiknya anda bisa pilih tema. Anda bisa lihat pada bagian kanan halama keudian cari Theme Name. kemudian pilih Horizontal – Color based.

Maka menu akan berubah lebih menarik. Seperti gambar dibawah ini.

Setelah selesai anda bisa lihat hasil sementaranya dengan meng-klik preview page yang ada pada bagian kanan atas. Seperti gambar dibawah ini.

Setelah klik preview page maka akan muncul pada tab baru hasil dari yang telah dibuat.

tahap membuat menu telah selesai. Semoga bermanfaat.

*tips: untuk menyesuaikan ukuran, anda bisa menghilangkan checklist pada auto height, yang ada pada bagian kanan dari halaman site.com studio. Serperti gambar dibawah ini.

  1. Lowongan .NET Developer
  2. Lowongan Android Developer
  3. Lowongan Java Developer
  4. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  5. Big Data dengan Google Cloud

Penulis :

Saya seorang mahasiswa teknik informatika yang berlatih untuk berbagi pengetahuan lewat tulisan. Sambil menyelam minum air, sambil menulis sambil belajar. Saya coba nikmati proses nya.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *