Komunitas Cloud Indonesia

Membuat RPP dengan Aplikasi Google Apps for Education

Penulis :   |   August 3, 2012

Tahun pelajaran baru 2012-2013 telah tiba. Harapan baru dan sasaran mutu baru pada setiap sekolah pun telah ditetapkan. Sangat terasa semangat baru dalam memulai tahun pelajarn ini.

Serangkaian kegiatan sebelum tahun pelajaran baru biasanya sudah dilakukan. Sekolah menyelenggarakan berbagai macam kegiatan perencanaan, diantaranya pengembangan kurikulum, pembagian tugas guru, jadwal pelajaran, program kerja dan sebagainya. Sedangkan guru membuat perangkat administasi mengajar, diantaranya adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau Lesson Plan.

Pada tulisan ini kita akan mencoba memanfaatkan fasilitas Google Drive untuk membuat RPP. Google Drive itu sendiri merupakan salah satu layanan dalam Google Apps for Education. Dengan Google Drive, guru bisa mengundang yang lain untuk sekedar melihat maupun mengedit RPP, bahkan bisa juga setelan dokumen diatur agar siswa bisa memberi komentar. Komentar ini dirasa penting, karena membuka peluang RPP untuk dikritisi sehingga dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa.

Baiklah, mari kita mulai saja pembuatan RPP dengan Google Drive.

Membuat dokumen Format RPP baru

1. Jalankan web browser. Masuk ke Google Drive, ketik drive.google.com pada alamat web dan masuk dengan akun sekolah (akun kurikulum)

2. Setelah berhasil masuk ke Google Drive, dilanjutkan dengan membuat dokumen baru. Klik Buat -> Dokumen


3. Sekarang web browser telah menampilkan halaman dokuken yang masih kosong, dengan nama file Dokumen tanpa judul. Ganti nama file Dokumen tanpa judul dengan Format RPP. Klik Dokumen tanpa judul -> Ganti Nama Dokumen -> “Format RPP” -> Oke


4. Silakan ketik isi dokumen Format RPP yang dikehendaki dan akan menjadi format acuan RPP di sekolah


5. Dokumen Format RPP yang baru saja dibuat masih bersifat pribadi, akun kurikulum, belum bisa dilihat olah orang lain. Coba tempatkan mouse pointer pada tombol perintah Bagikan, maka akan muncul keterangan “Pribadi hanya kepada saya, Hanya Anda yang dapat mengakses”

Membagikan dokumen Format RPP dengan Guru

1. Agar setiap guru dapat mencari dan mengakses dokumen Format RPP maka perlu dibagikan. Dokumen Format RPP ini akan dibagikan dengan hak akses semua pemilik akun sekolah bisa mencari dan melihat. Meskipun dokumen Format RPP di internet, namun dapat diatur hanya pemilik akun sekolah yang bisa mencari dan melihatnya.

2. Dari dokumen Format RPP yang telah dibuka, Klik Bagikan, maka muncul kotak dialog Setelan berbagi

3. Atur pada  Setelan berbagi ->  Siapa yang memiliki akses -> Pribadi – Hanya orang yang tercantum di bawah yang dapat mengakses -> Ubah

4. Agar hanya pemilik akun sekolah yang dapat mencari dan melihat, Pilih nama sekolah, misalnya pilih SMK PetrusKanisius Klaten, orang di SMK Petrus Kanisius Klaten dapat menemukan dan mengakses

5. Atur hak akses siapa saja dalam akun sekolah ke Dapat melihat

6. Klik Simpan

Sekarang dokumen Format RPP telah dapat dicari oleh semua guru di sekolah tersebut.

Mencari dokumen Format RPP

1. Buka web browser,  ketik drive.google.com di alamat web dan login dengan akun sekolah selain akun pemilik

2. Cari file dokumen Format RPP pada kotak pencarian.  Ketik “RPP” -> Opsi penelusuran lanjut –> Telusuri SMK Petrus Kanisius Klaten

3. Tampilan berikutnya adalah daftar dokumen hasil pencarian. Jika sudah menemukan dokumen Format RPP, buka dokumen tersebut

Mengganti nama dokumen RPP

1.  Dokumen Format RPP yang sudah terbuka masih dalaam setelan Hanya lihat, belum bisa diisi denngan tulisan yang baru

2. Karena setelan dokumen masih Hanya lihat, maka perlu membuat salinan dokumen Format RPP, klik File -> Buat salinan -> Oke

3. Selamat, anda telah memiliki dokumen Salinan dari Format RPP

4. Dokumen Salinan dari Format RPP perlu diubah ke mata pelajaran yang dikehendaki. Klik Salinan dari Format RPP -> Ganti nama dokumen -> “ganti dengan nama dokumen ini dengan dengan mata pelajaran, misalnya RPP Dasar-dasar Elektronik Kelas X” -> Oke

 

Mengedit dokumen RPP Mata Pelajaran

Edit dokumen RPP hingga selesai.

Membagikan dokumen RPP Mata Pelajaran

Setelah selesai mengedit RPP, langkah berikutnya adalah membagikan ke  Kurikulum dan Kepala Sekolah untuk mendapatkan persetujuan dan pengesahan.

Setelan dokumen untuk Kurikulum dan Kepala Sekolah:

  • Kurikulum bertugas untuk memeriksa RPP setiap mata pelajaran yang dibuat oleh Guru
  • Kepala Sekolah bertugas menerima hasil pemeriksaan dari kurikulum dan kemudian memeriksan kembali dan mengesahkannya

Oleh karena itu  setelan dokumen yang tepat adalah  dapat mengedit RPP mata pelajaran tersebut. Langkah pengaturan setelan dokumen adalah sebagai berikut:

1. Pilih dan buka dokumen RPP mata pelajaran yang akan diajukan untuk mendapatkan pengesahan.

2. Klik Bagikan -> Setelah berbagi – > Tambahkan orang -> masukan akun: kurikulum, group-kurikulum, dan kepala.sekolah (nama akun ini disesuaikan pada masing-masing sekolah) -> Dapat mengedit

Memeriksa dan mengesahkan dokumen RPP

1. Buka web browser,  ketik drive.google.com di alamat web dan login dengan akun kurikulum atau kepala sekolah

2. Cari file dokumen RPP mata pelajaran yang telah selesai dibuat oleh guru dan menungu diperiksa

3. klik Opsi penelusuran lanjut –> Telusuri SMK Petrus Kanisius Klaten
4. Jika sudah menemukan file Format RPP, buka file tersebut dan periksa.

Gambar di bawah ini mengilustrasiskan proses pembuatan RPP yang sedang diperiksa oleh kurikulum dan kepala sekolah secara on line dan bersamaan, kolaborasi. Sehingga  semua pihak didorong untuk bisa saling terbuka, berbagi dan membantu.

Publikasi RPP

RPP yang telah dibuat, diperiksa dan disahkan dapat dipublikasikan. Publikasi RPP ini bisa secara global, terbatas pada pemilik akun sekolah, tebatas pada pemilik tautan dan bisa juga hanya akun-akun tertentu. Untuk kali ini, publikasi RPP masih terbatas pada semua pemilik akun sekolah. Tugas ini bisa dilakukan oleh Kurikulum. Kurikulum mengatur setelah RPP agar semua warga sekolah dapat mencari, melihat dan memberi komentar  yang positif. Pengaturan setelah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Buka web browser,  ketik drive.google.com di alamat web dan login dengan akun kurikulum atau kepala sekolah

2. Cari file dokumen RPP mata pelajaran yang telah selesai diperiksa dan sudah mendapat pengesahan

3. Pilih dan buka dokumen RPP, klik Bagikan -> Setelan berbagi -> Nama Sekolah, misalnya SMK Petrus Kanisius Klaten -> Akses  -> Dapat mengomentari

Memberi komentar dokumen RPP

1. Buka web browser,  ketik drive.google.com di alamat web dan login dengan akun  sekolah masing-masing

2. Cari dokumen RPP mata pelajaran yang dikehendaki. Klik Opsi penelusuran lanjut –> Telusuri SMK Petrus Kanisius Klaten

3. Buka RPP mata pelajaran yang dikehendaki

4. Pada pojik kanan atas ada tombok Komentar, klik Komentar -> masukan komentar pada RPP tersebut

5. Tidak perlu kawatir dengan komentar yang masuk, apalagi dari siswa. Supaya RPP bisa berkembang dan semakin baik. Selain itu, Komentar juga  merekam nama setiap akun yang memberi komentar

Demikain gambaran singkat pembuatan dokumen RPP secara on-line, masih banyak lagi manfaat Google Apps for Education di sekolah, diantaranya Kalender Pendidikan, Program Kerja, Daftar Pembagian Tugas Guru, Jadwal Pelajaran, Daftar Presensi Guru dan Karyawan, Daftar Presensi Siswa, Daftar Nilai, Websites  Sekolah, Websites guru, siswa dan karyawan.

  1. Microsoft Netizen Night – Dibalik BIG DATA
  2. Windows Azure HDInsight Sudah Tersedia Untuk Umum
  3. FAQ #1: Apa itu Cloud Computing
  4. Tips Mengkonfigurasikan Root Domain ke Alamat Host dari Layanan Cloud Computing
  5. Konfigurasi SNMP di VMware ESXi 5

Penulis :

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">