Komunitas Cloud Indonesia

Membuat SQL Database Baru di Azure

Penulis :   |   November 21, 2014

SQL Database azure adalah salah satu database platform yang memiliki segala manfaat dan kekuatan cloud computing, hal ini didukung oleh Microsoft Azure yang merupakan layanan komputasi masa kini. Untuk melihat kelebihan dari SQL Database azure dapat anda lihat disini.

Sekarang saya akan membahas sedikit tentang bagaimana membuat SQL Database baru di Azure, hal utama yang harus anda lakukan adalah masuk ke Azure Management Portal dan login menggunakan ID Microsoft Azure anda.

ssqlMulai membuat SQL Database di windows azure

1. Klik menu SQL Database di bagian kiri halaman, lalu pilih Create a SQL Database

1

2.  Akan muncul Pop Up ‘Specify database setting’. Silahkan atur sesuai kebutuhan anda (ukuran, performa, dll).

SQL Database menyediakan tiga edisi database, Basic, Standard dan Premium.

Maxsize yang ditentukan ketika database pertama kali diciptakan dan kemudian dapat diubah dengan menggunakan ALTER DATABASE. Maxsize menyediakan kemampuan untuk membatasi ukuran database.

Untuk setiap database SQL dibuat pada Azure, sebenarnya ada tiga replika database tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan tinggi. Failover transparan dan bagian dari layanan. Service Level Agreement menyediakan 99,9% uptime untuk SQL Database.

3

3. Bila sudah klik tanda panah yang ada di pojok kanan bawah pop up untuk masuk ke halaman ‘SQL Database server setting’. Silahkan masukan Login Name dan password yang akan anda gunakan untuk login SQL Database buatan anda. Pilih Region yang diinginkan untuk menjadi tempat server database anda.

4

4. Bila sudah selesai klik tanda centang di pojok kanan bawah pop up untuk memproses pembuatan SQL Database anda. Silahkan tunggu beberapa saat sampai proses pembuatan selesai.

5_5

5. SQL Database anda selesai dibuat saat status SQL Database anda menunjukan status online. Status ini juga menunjukan keadaan SQL database buatan anda, apakah online / offline.

6_5

 

Selamat, Anda telah membuat SQL Database Azure .Mudah bukan membuatnya?

Selamat Mencoba

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *