Komunitas Cloud Indonesia

Membuat SQL Database di Windows Azure

Penulis :   |   July 14, 2012

Pada postingan ini, saya akan memberikan tips tentang langkah-langkah membuat sebuah SQL database server dan me-manage nya di platform Windows Azure. Sebagai analogi, SQL Database Windows Azure ini sangat mirip dengan SQL Server yang biasa kita gunakan sebagai database management system. Di dalam system tersebut kita dapat login dan melihat data-data yang kita miliki melalui query. Data-data ini pun dapat diakses oleh aplikasi lainnya, misalnya oleh aplikasi website. Perbedaannya adalah database yang kita buat tersimpan secara cloud, yang berarti kita tidak tahu pasti di server mana sebenarnya data-data kita tersimpan.

Pertama-tama, cara untuk membuat sebuah SQL Azure Database adalah sebagai berikut :

  1. Klik SQL Database-> Add
  2. Set nama dari database yang kita buat, misalkan “cloudindonesiadb” serta maximum size dan collation yang kita inginkan. Kemudian, pilih “New SQL Database Server” di bagian server. Setelah seluruh field diisi, tekan tombol next yang diwakili oleh tanda panah. Sebagai catatan, apabila sebelumnya anda telah membuat sebuah database server, maka SQL database yang pada saat ini anda buat dapat ditempatkan di server yang telah ada sebelumnya.

  3. Di halaman berikutnya kita akan diminta untuk mengisikan data login name, password, dan region tempat database kita diletakkan. Setelah seluruh data diisikan, tekan tombol OK.

    Best Practice
    : Pilihlah region yang sesuai dengan wilayah dimana database anda banyak diakses, sebab transfer data antar region yang berbeda data center akan dikenakan biaya tambahan pada tagihannya. Apabila core website anda berada di wilayah asia sementara database anda berada di wilayah eropa, maka apabila terdapat kebutuhan untuk mentransfer data dari region eropa ke asia akan dikenakan biaya tambahan.

  4. Secara otomatis sebuah database baru akan langsung tercipta. Klik database tersebut dan liat grafik penggunaannya seperti gambar yang ditunjukkan di bawah ini

  5. Sampai dengan tahap ini anda sudah berhasil membuat sebuah database SQL Azure. Database ini nantinya akan terhubung dengan aplikasi lainnya yang berjalan secara cloud, terutama aplikasi website. Langkah-langkah untuk membuat sebuah aplikasi website yang terhubung dengan SQL database akan kita bahas pada pertemuan berikutnya.

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Seorang technology enthusiast yang saat ini bekerja sebagai mahasiswa pascasarjana di NUS Singapura. Dapat dihubungi via email ke enrico.budianto@cloudindonesia.or.id. Silakan mengunjungi http://enricobudianto.wordpress.com/ untuk melihat hasil-hasil tulisan yang pernah dibuat.

Komentar

2 thoughts on “Membuat SQL Database di Windows Azure
  1. enrico Post author

    Betul, ini mencoba ini secara gratis kita harus memanfaatkan free trial dari Windows. Salah satu yang dibutuhkan pada saat register untuk free trial adalah credit card, tapi tidak akan dicharge kok, alias dicharge 0 rupiah 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *