Komunitas Cloud Indonesia

Mempermudah Pencarian Menggunakan Salesforce

Penulis :   |   September 22, 2012

Artikel ini akan membahas cara untuk mencari accounts dan contacts menggunakan data.com. Data.com sendiri merupakan fasilitas yang disediakan dalam salesforce yang dapat digunakan untuk mencari data accounts maupun contacts. Data yang di dapat berasal dari dun and brad street (D&B). Jadi pengguna salesforce dapat mencari data dan informasi bisnis melalui data.com.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, data.com dapat digunakan untuk pencarian data accounts dan contacts, berikut cara bagaimana menggunakannya.

Pertama login kedalam salesforce terlebih dahulu, lewat login.salesforce.com. Anda bisa coba lewat free trial bila ingin mencobanya.

Setelah anda berhasil login kedalam salesforce.  Lihat tab yang berisi menu kemudian, kemudian klik yang berlambang tambah/plus (+)

Setelah itu cari data.com, seperti gambaar dibawah ini kemudian klik ikon atau link tersebut.

Bila telah diklik maka anda akan masuk kedalah halama data.com. Disini kita akan mencara accounts. caranya klik “Find Accounts”, kemudian ¬†anda bisa memilih pilihan mencari berdasarkan apa. Disini kita akan mencari berdasarkan location dan industry.

 

 

Sebagai contoh disini kita mencari berdasarkan lokasi yang berada di singapore dan india.

Kemudian kita pilih juga berdasarkan industry. Untuk bagian kiri merupakan category bidang dan yang sebelah kiri merupakan bidang yang terkait dengan bidang yang anda pilih disebelah kanan.

Sebagai contoh disini kita memilih Software & Internet, kemudian klik Add.

Setelah diklik maka bagian sebelah kanan secara otomatis akan tercentang semua, disini anda bisa pilih yang mana saja yang ingin anda cari.

Berikut bila category yang telah dipilih, akan mucul dibagian bawah.

Bila selesai tutup jendela sebelumnya, kemudian klik search untuk melakukan pencarian. maka akan muncul hasil pencarian seperti gambar dibawah ini. hasil akan sesuai dengan berdasarkan apa yang kita pilih.

Bila anda ingin melakukan advance searching menggunakan filter yang telah data.com sediakan, anda bisa gunakan dan letaknya berada di sebelah kiri layar. Anda bisa tentukan ingin berapa employees ataupun revenue dan lainnya.

Sebagai contoh kita akan filter dengan employees sebanyak 10k-50k dengan revenue 0-$1M. Maka akan terfilter menjadi seperti tampilan dibawah ini. Accounts yang telah didapatkan ini bisa dimasukan kedalam salesforce. Bila acccounts telah diimport kedalam salesforce maka bisa juga didapatkan contacts dari accounts yang telah didapat. Namun berhubung ini menggunakan versi trial, maka hanya dapat mencari tidak dapat memasukannya kedalam salesforce.

 

Untuk penjelasan yang lebih jelas anda bisa lihat lewat video berikut, video berikut melihatkan bagaimana mencari contacts dari accounts yang telah dimasukan kedalam salesforce.com

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Penulis :

Saya seorang mahasiswa teknik informatika yang berlatih untuk berbagi pengetahuan lewat tulisan. Sambil menyelam minum air, sambil menulis sambil belajar. Saya coba nikmati proses nya.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *