Komunitas Cloud Indonesia

Memulai Google Apps Mail: Konfigurasi MX Entry

Penulis :   |   July 16, 2012

Pada artikel sebelumnya saya menulis tentang langkah-langkah memulai menggunakan layanan Google Apps, yaitu awalnya dengan mendaftarkan domain yang telah kita miliki. Jika domain yang kita miliki telah kita daftarkan ke Google Apps, maka selanjutnya yang akan dibahas pada artikel ini adalah saya akan membahas informasi tentang mengkonfigurasikan MX Entry pada cPanel akun domain yang kita miliki dari reseller domain/hosting, agar email kita dengan domain tersebut diarahkan ke mail server yang disediakan oleh Google Apps.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Masuk ke cPanel akun yang kita miliki, lalu klik MX Entry pada icon yang ditunjukkan dalam lingkaran merah pada gambar berikut ini:

2. Pilih nama domain yang akan kita gunakan pada layanan email Google Apps

3. Masukkan daftar alamat mail server pada tabel berikut ini yang telah disediakan oleh Google Apps, caranya: masukkan satu persatu angka “Value” pada kotak Priority dan alamat “Destination” pada kotak Destination. Lalu klik ombol “Add New Record”, lalukan hal yang sama untuk masing-masing 5 alamat mail server yang diinformasikan pada tabel tersebut.

4. Jika sudah, maka konfigurasi MX Entry telah selesai, artinya setiap ada email yang ditujukan ke alamat domain yang kita tentukan maka akan ditujukan ke mail server yang di konfigurasikan itu dengan urutan prioritas sesuai angka value yang diisi.

5. Selanjutnya adalah masuk ke dashboard Google Apps dengan alamat www.google.com/a/nama-domain-kita. Lalu pastikan service gmail telah diaktifkan, yaitu klik “Organizations & users –> Services” lalu klik tombol “ON” pada service yang ingin kita aktifkan.

6. Lalu buat akun baru untuk email lain yang ingin menggunakan domain tersebut, misalkan rekan kita atau saudara kita atau email untuk kita sendiri tapi dengan username yang berbeda, contoh: saya membuat beberapa email dengan nama domain naufal.assagaf.com yaitu

caranya adalah klik “Organizations & users –> Services” lalu klik tombol “Create New User seperti gambar berikut:

Maka akan muncul kotak seperti ini, silahkan diisi sesuai dengan yang diinginkan, kemudian klik tombol Create new user.

Jika muncul kotak seperti dibawah ini, berarti kita telah berhasil membuat username email baru dengan domain tersebut.

Selanjutnya tinggal melakukan sign in seperti biasa di gmail, hanya saja perlu diperhatikan bahwa saat sign ini pada kotak username harus dimasukkan alamat emailnya secara lengkap beserta domain emailnya, seperti dicontohkan pada gambar berikut ini.

Sampai disini, selesailah kita mengkonfigurasikan email dengan domain kita menggunakan layanan Google Apps Mail. Dengan layanan ini, kita bisa memanfaatkan semua fitur dan keunggulan Gmail (termasuk realibility server Google) tapi dengan menggunakan nama domain kita sendiri.

Namun untuk Google Apps standard yang free/gratis, maksimal user yang bisa kita buat dengan domain kita adalah hanya 10 user dengan masing-masing user mendapatkan quota storage sebesar 10GB, sedangkan untuk lebih dari 10 user maka harus membayar USD 5 per akun per bulan dengan quota storage sebesar 25GB dan beberapa fitur tambahan yang tidak didapat pada Google Apps free.

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Penulis :

Seorang IT enthusiast yang bekerja di bidang IT sejak tahun 2000, menjabat sebagai Kordinator Harian dalam struktur pengurus komunitas CloudIndonesiA, saat ini bekerja sebagai IT Consultant di sebuah perusahaan System Integrator.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *