Komunitas Cloud Indonesia

Memulai Google Apps : Mendaftarkan Nama Domain

Penulis :   |   July 6, 2012

Layanan Google Apps tersedia untuk beberapa kategori, ada yang untuk bisnis, ada yang untuk pendidikan dan ada yang standard, untuk lebih rinci silahkan baca disini. Masing-masing kategori tersebut tentu ada perbedaan, untuk yang kategori standard disediakan oleh Google dengan gratis sehingga anda tidak perlu membayar apapun selain biaya koneksi internet yang anda gunakan sendiri.

Pembahasan tulisan ini hanya akan membahas Google Apps yang kategori standard yaitu yang gratis. Untuk memulai menggunakan Google Apps adalah anda harus telah mempunyai nama domain sendiri yang telah disewa di reseller hosting & domain, kemudian mendaftarkan domain anda itu ke Google Apps dihalaman ini.

Berikut ini langkah-langkah mulai dari registrasi domain sampai verifikasi domain.

1. Mendaftarkan domain, dan mengisi data-data yang diperlukan. Masukkan nama domain yang telah anda miliki di kotak yg di tandai dengan warna merah pada gambar di bawah ini, lalu klik tombol Submit. Kemudian isi semua informasi dibawahnya.

2. Setelah semua informasi telah diisi, klik tombol berwarna biru di bagian bawah yang bertuliskan “I accept! Create my account >> “

3.  Selanjutnya akan muncul pilihan seperti dibawah ini, pilih saja yang sebelah kiri, tekan tombol Go Express untuk proses yang lebih singkat.

4. Lalu masuk ke halaman ini, langsung klik tombol Next!

5. Di halaman berikutnya klik tombol Next lagi

6. Pada halaman ini anda akan diminta untuk mem-verifikasi kepemilikan domain yang anda daftarkan untuk membuktikan bahwa domain tersebut benar-benar milik anda (maksudnya dalam pengelolaan anda). Download file pada point no.1 yang ditunjuk oleh tanda panah merah pada gambar dibawah ini, kemudian file yang telah di download itu anda upload ke direktori DocumentRoot website anda, jika anda menyewa hosting dengan pengelolaan menggunakan cPanel, maka masuk ke /public_html/ melalu icon File Manager, atau jika menggunakan web server sendiri dengan OS linux lokasi defaultnya di /var/www/ (debian, ubuntu) dan di /var/www/html/ (redhat,centos), lalu upload file yang di download itu ke direktori tersebut.

7. Setelah di upload, tunggu beberapa saat, kemudian klik tombol Verify, jika tidak ada kekeliruan maka selanjutnya akan muncul halaman seperti berikut ini:

8. Jika anda telah sampai pada halaman ini, berarti anda telah berhasil mendaftarkan nama domain anda di Google Apps, tinggal klik “Coninue”, maka akan kembali ke halaman dashboard Google Apps.

Jika belum muncul halaman seperti ini, berarti ada kesalahan pada proses sebelumnya, pastikan file yang anda upload lokasinya benar di home direktory, bukan di subdirektori. Jika tidak ada yang salah tapi verifikasi masih gagal, coba tunggu beberapa menit kemudian coba verifikasi lagi.

Selanjutnya adalah mengkonfigurasi MX Records domain yang kita daftarkan agar email dengan domain tersebut diarahkan ke mail server google, bukan lagi ke mail server sebelumnya atau ke webhosting kita, sehingga anda dapat menggunakan mail server google tapi dengan nama domain anda sendiri bukan domain gmail.com, contohnya saya mendaftarkan nama domain [email protected] dengan memanfaatkan mail server google dengan webmail interface gmail.

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Penulis :

Seorang IT enthusiast yang bekerja di bidang IT sejak tahun 2000, menjabat sebagai Kordinator Harian dalam struktur pengurus komunitas CloudIndonesiA, saat ini bekerja sebagai IT Consultant di sebuah perusahaan System Integrator.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *