Komunitas Cloud Indonesia

Memulai Microsoft Azure Mobile Services

Penulis :   |   November 10, 2014

Salam hangat untuk pembaca setia CloudIndonesiA, kali ini saya akan membahas mengenai Microsoft Azure Mobile Services dan bagaimana membuat aplikasi mobile berbasis universal windows app dengan backend cloud. Nah, apa itu Microsoft Azure? Microsoft Azure adalah platform cloud terbuka dan fleksibel yang memungkinkan Anda untuk cepat membangun, menyebarkan dan mengelola aplikasi di jaringan global Microsoft. Microsoft Azure memberikan jenis layanan yang bermacam-macam, salah satunya yang akan kita bahas di tutorial ini adalah Microsoft Azure Mobile Services.

Pada rangkaian tutorial ini, kita akan membuat sebuah mobile service dan aplikasi todo-list sederhana dengan platform universal windows app. Mobile service yang akan kita buat kali ini menggunakan javascript sebagai business logic pada bagian server. Berikut screenshot dari aplikasi yang akan kita buat kali ini.

windows phone application

Aplikasi Windows Store

windows phone application

Aplikasi Windows Phone

Sebelum kita memulai tutorial ini, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, antara lain:

  • Akun aktif microsoft Azure. Jika Anda belum mempunyai akun microsoft azure, Anda dapat mendaftar secara trial dan Anda bisa mendapatkan 10 layanan mobile secara gratis walaupun masa trial telah habis. Untuk lebih jelasnya bisa lihat di Azure Free Trial.
  • Visual Studio 2013 Express for Windows

 

Membuat mobile service

Ikuti langkah-langkah berikut:

1.  Login ke situs Management Portal Microsoft Azure

2.  Di bagian bawah panel navigasi, klik +NEW

plus-new

3.  Buka “Compute and Mobile Service”, lalu klik Create

mobile-create (1)

4.  Pada halaman “Create a Mobile Service”, pilih “Create a free 20 MB SQL database” pada bagian database dan pilih “Node.js” pada bagian runtime. Selanjutnya isi nama subdomain untuk layanan cloud mobile Anda pada bagian url textbos dan tunggu untuk verifikasi nama. etelah verifikasi selesai, klik tombol panah pada bagian bawah.

mobile-create

5.  Pada bagian Name, isi dengan nama database yang akan Anda gunakan. Selanjutnya, isi Login name. Login name adalah nama yang digunakan oleh administrator untuk login ke server SQL database baru yang akan kita gunakan, Selanjutnya, isi password dan konfirmasi password dan klik pada tombol checklist untuk menyelesaikan proses ini.

mobile-create
Sekarang Anda telah berhasil membuat mobile service yang akan digunakan pada aplikasi mobile Anda. Untuk tutorial selanjutnya, masih pada rangkaian tutorial ini, kita akan membahas bagaimana membuat universal windows app dengan memanfaatkan mobile service yang telah kita buat tadi pada layanan microsoft Azure. Selamat mencoba 🙂

 

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Penulis :

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *