Komunitas Cloud Indonesia

Mencatat Pengeluaran Sehari-hari dengan Gmail dan Google Docs

Penulis :   |   September 1, 2012

Bagi anda yang cukup peduli dengan pengeluaran pasti memiliki daftar pengeluaran anda sendiri, entah itu pada buku catatan, pada smartphone anda ataupun pada komputer anda. Tapi pernahkah anda berpikir atau mencoba untuk mencatat semua pengeluaran anda memakai Google Docs dan Gmail ?. Jika anda belum pernah mencobanya maka disini akan saya jelaskan secara singkat dan sederhana bagaimana caranya.

1. Buka Google Drive anda atau Google Docs (sama saja), lalu buat spreadsheet baru, sebuah tab baru akan terbuka secara otomatis berisi spreadsheet baru kita

2. Ganti nama Spreadsheet tersebut dengan nama yang lebih menarik atau deskriptif, sebagai contoh disini saya memakai nama “Pengeluaran September 2012”

3. Buat form/formulir baru pada Spreadsheet yang baru tadi untuk menyimpan data-data pengeluaran yang nanti akan kita submit atau simpan

4. Sebuah window atau tab baru akan muncul untuk membuat form baru
5. Masukkan beberapa pertanyaan penting seperti tanggal, jumlah pengeluaran, jenis pengeluaran, kategori pengeluaran, deskripsi, dan lain-lain.

6. Simpan formulir tersebut kemudian klik “Email Formulir Ini” untuk mengirimkannya ke email kita. Pastikan untuk tetap memberi centang pada “Sisipkan formulir di email”


7. Pada akun Gmail kita, Aktifkan fitur “Quick Link” pada bagian Setting – Labs

8. Lihat / Aktifkan sidebar Quick Link dengan mengklik tombol “…” di sebelah tombol chat pada sidebar sebelah kiri bawah. Jika quick link belum muncul maka coba untuk Keluar (sign out) terlebih dahulu dari email anda kemudian Login lagi.


9. Buka email masuk yang berisi formulir tadi kemudian klik “Tambahkan Quick Link”. Muncul kotak dialog baru untuk member nama pada Quick Link yang baru, disini saya member nama “Pengeluaran Sep 12” pada Quick Link saya

10. Jika sudah maka akan muncul link baru pada sidebar sebelah kiri dibawah Quick Link. Dengan link ini maka kita dapat dengan cepat membuka Formulir ini sewaktu-waktu dan mengisinya untuk memperbarui pengeluaran kita dan secara otomatis spreadsheet kita akan terisi dengan data yang kita masukkan sebelumnya.

Selesai sudah tutorialnya. Cara ini bersifat fleksibel dan anda dapat memodifikasi formulir yang ada sehingga sesuai dengan kebutuhan anda. Anda juga dapat memakai Email Client yang lain untuk mengupdate formulir ini, Alasan saya memakai Gmail adalah karena fitur Quick Linknya yang memudahkan saya setiap kali saya mau membuka dan memperbarui daftar Pengeluaran saya.

Semoga bermanfaat…

Referensi

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Penulis :

Wahyu Nuryanto adalah seorang mahasiswa yang sampai saat ini masih berjuang untuk menyelesaikan studinya di jurusan Teknik Komputer di salah satu Universitas Negeri di Depok. Memiliki minat yang tinggi pada Web Development, Computer Security, Cloud Computing, dan Gadget.

Komentar

One thought on “Mencatat Pengeluaran Sehari-hari dengan Gmail dan Google Docs
  1. Bonar

    Kalo ga salah tutorial ini asalnya dari lifehacker.com
    Kok ga dicantumin sumbernya?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *