Komunitas Cloud Indonesia

Mengenal Database SQL Azure

Penulis :   |   November 4, 2014

Pembaca setia CloudIndonesiA, pasti sudah sering mendengar tentang layanan Microsoft Azure,  penjelasan tentang Microsoft Azure dapat anda lihat DISINI. Microsoft Azure sendiri memiliki beberapa layanan seperti layanan komputasi(compute), data services, app services, network services dsb.

azure sql

Sekarang saya akan sedikit membahas tentang salah satu layanan data services yg disediakan oleh Microsoft Azure yaitu  SQL Azure Database. SQL Azure Database ini menawarkan paket fleksibel berdasarkan penggunaan, dengan biaya operasional minimal dan dapat mengatur ukuran sesuai perubahan kebutuhan. Dengan control akses yang dimiliki SQL Azure, keamanan koneksi ke database anda terjamin melalui enkripsi protocol SQL Server.

Kelebihan SQL Azure Database yaitu :

  • Memberikan kemudahan dalam mengatur ukuran dan kinerja database yang digunakan.
  • Memberikan rasa aman terhadap database anda karena azure akan membuat replika database anda dan akan melakukan recovery data anda untuk menghindari hilangnya data akibat bencana atau hal yang tidak diinginkan. Jika anda menggunakan SQL Database Premium maka anda dapat membuat replika database anda hingga 4 sekunder di setiap wilayah azure.
  • Biaya maintenance  yg mendekati nol melalui layanan swakelola Azure, karena  SQL Azure database ini menggunakan infrastruktur virtual sehingga sistem dapat melakukan maintenance terhadap data anda dan segera melakukan back-up dan pindah ke mesin baru saat mesin penyimpan yang lama terjadi masalah atau error secara otomatis dan tanpa biaya tambahan.
  • Dapat dukungan untuk digunakan dengan berbagai platform dan sistem lainnya melaui program  pengakses API. Anda dapat melakukan manajemen terhadap data anda melalui :REST APIs, PowerShell, the Azure Management Portal dengan support  HTML5 , atau SQL Server Management Studio. Platform azure sql database ini didukung oleh NET, Java, PHP, Ruby on Rails, dan Node.js.
  • Azure SQL Database berdasarkan teknologi SQL Server, yang berarti mempunyai kemampuan yang tinggi dan servis built-in yang mampu mentoleransi kesalahan yang terjadi dalam pembangunan database.
  • SQL Azure memasukkan servis sinkronisasi data yang mampu mensinkronkan data melalui cloud dan sumber-sumber local SQL Server Database. Fasilitas ini mampu mensinkronisasi secara bolak-balik.
  • Memiliki tingkat keamanan terhadap data anda dengan melakukan log untuk setiap perubahan database yang terjadi.

SQL Azure Database telah terverifikasi oleh key cloud auditors sebagai bagian dari key Azure compliance certification dan telah diakui oelh HIPAA BAA, ISO/IEC 27001:2005, FedRAMP, and E.U. Model Clauses. Jadi SQL Azure ini terpercaya dalam kinerja dan keamanan.

Ingin mencoba SQL Azure Database secara gratis? klik gambar dibawah ini dan selamat mencoba

free trial

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Komentar

One thought on “Mengenal Database SQL Azure

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *