Komunitas Cloud Indonesia

Mengenal Google Apps

Penulis :   |   July 4, 2012

Dunia Internet telah mengalami perkembangan yang sangat cepat, terutama dalam hal infrastruktur dan tekTidakloginya. Google sebagai salah satu raksasa di dunia internet pun tidak mau ketinggalan untuk memanfaatkan kemajuan ini. Salah satu hal yang sedang berkembang saat ini adalah Teknologi Cloud Computing atau yang biasa disebut komputasi awan. Prinsip utama dari Teknologi ini adalah pemanfaatan internet untuk keperluan komputasi, dimana nantinya segala hal yang biasanya kita lakukan di Desktop akan beralih ke internet, seperti membuat, mengedit atau menghapus sebuah dokumen. Google akhirnya melihat adanya peluang disini dan akhirnya pada tahun 2007 mereka meluncurkan sebuah aplikasi berbasis Cloud yang diberi nama Google Apps.

Google Apps sendiri adalah seperangkat aplikasi powerfull yang dikemas menjadi satu untuk memenuhi kebutuhan bisnis, pendidikan, pemerintahan, dan berbagai organisasi lainnya. Beberapa aplikasi inti dari Google Apps antara lain :

 

tampilan Gmail

  • Calendar : Sebuah aplikasi kalender yang mengijinkan pengguna untuk secara mudah mengatur jadwal mereka

 

Google Calendar

  • Talk : Aplikasi IM (Instant Messaging) atau aplikasi chatting yang bisa berjalan secara bersamaan didalam Gmail ataupun secara terpisah sebagai satu aplikasi tersendiri.

 

Google Talk

  • Docs : Sebuah aplikasi sederhana yang dapat dipakai untuk melakukan pemrosesan kata, spreadsheet, dan membuat presentasi atau bisa juga disebut Office versi Google.

 

Google Docs

  • Start Page : Sebuah aplikasi yang bisa kita kustomisasi sendiri untuk menampilkan berbagai widget sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Start Page ini lebih dikenal dengan nama iGoogle

 

Contoh tampilan iGoogle

Tidak hanya itu saja, Google Apps juga menyediakan berbagai aplikasi tambahan yang ada didalamnya untuk memudahkan pekerjaan kita diantaranya adalah seperti Aplikasi pembuat website, pengaturan domain, aplikasi berbasis mobile dan masih banyak lagi yang bisa diakses melalui Google Apps Dashboard.

Cukup bermodalkan akses internet dan sebuah browser maka kita akan dapat mengakses Google Apps dimanapun kita berada. Kita pun dapat berbagi data dengan rekan kerja atau teman sekolah dengan mudah karena data tersebut berada di internet secara online. Kita cukup memberitahukan link terkait data tersebut dan rekan kita pun dapat mengaksesnya juga pada saat yang bersamaan. Kemudahan-kemudahan inilah yang ingin dibawa oleh Google Apss.

Sebenarnya untuk memakai Google Apps kita tidak perlu mendaftar secara khusus atau membeli layanan tertentu karena cukup dengan akun Gmail kita bisa memanfaatkan hampir sebagian besar layanan yang ada pada Google Apps. Akan tetapi Google Apps menawarkan sebuah system administrasi dan pengaturan yang sangat bagus untuk mengatur semua data-data tersebut supaya tidak terpisah-pisah. Akan tetapi ada beberapa jenis layanan yang ditawarkan oleh Google Apps itu sendiri, tergantung dari kebutuhan dan kemampuan penggunanya. Beberapa jenis layanan tersebut adalah :

  • Team Edition : Ini adalah versi layanan yang paling mudah dan paling dasar, cukup mendaftar secara gratis dengan akun email Gmail maka kita sudah bisa memakai Google Apps untuk bekerja dan berbagi berbagai macam file dengan rekan kita. Tentu saja karena ini adalah versi paling dasar maka terdapat beberapa keterbatasan.
  • Standart Edition : Jika versi pertama tadi ditujukan bagi mereka yang mungkin baru dan ingin mencoba Google Apps maka versi yang berikutnya ini lebih ditujukan untuk kalangan bisnis yang masih memiliki jaringan yang kecil. Karena layanan ini bersifat gratis maka ada beberapa keterbatasan diantaranya adalah masih adanya iklan. Kita bisa upgrade dari layanan Standar ke Premier kapanpun kita mau.

 

  • Premier Edition : Lebih ditujukan untuk bisnis menengah dan besar. Harga yang ditawarkan oleh Google adalah $50 pertahun untuk setiap pengguna. Karena ini adalah layanan berbayar maka terdapat beberapa keunggulan yang bisa kita dapat seperti layanan Gmail yang bebas iklan. Pengguna juga mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar dibandingkan Standar Edition.

 

  • Education Edition : Ditujukan untuk kalangan akademisi. Organisasi nirlaba juga bisa memakai layanan ini. Layanan ini bersifat gratis dan meskipun gratis dia memiliki keunggulan hampir setara Premier Edition namun dengan ruang penyimpanan yang sedikit lebih kecil.

 

 Layanan yang paling baik adalah layanan yang paling memenuhi kebutuhan dan kemampuan kita.

Berikut adalah table perbandingan fitur yang ada pada setiap layanan Google Apps

Fitur Team Standart Premier Education
Gmail, Calendar, Docs, Talks, Page Creator, dan Start Page Calendar, Docs, Talk and Start Page Ya Ya Ya
E-mail Storage Tidak 10+ GB tiap pengguna 25+ GB tiap pengguna 7+ GB tiap pengguna
Conferrence room and resources for scheduling Tidak Tidak Ya Ya
IMAP for Gmail Tidak Ya Ya Ya
Mobile Access Ya Ya Ya Ya
Dashboard Tidak Ya Ya Ya
Policy Management Tidak Tidak Ya Tidak
API integration Tidak Tidak Ya Ya
Email migration and routing Tidak Tidak Ya Ya
Online Support Ya Ya Ya Ya
Live/phone support Tidak Tidak Ya Ya

 

Referensi : Buku Google Apps for Dummies karya Ryan Teeter dan Karl Barksdale

  1. Lowongan .NET Developer
  2. Lowongan Android Developer
  3. Lowongan Java Developer
  4. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  5. Big Data dengan Google Cloud

Penulis :

Wahyu Nuryanto adalah seorang mahasiswa yang sampai saat ini masih berjuang untuk menyelesaikan studinya di jurusan Teknik Komputer di salah satu Universitas Negeri di Depok. Memiliki minat yang tinggi pada Web Development, Computer Security, Cloud Computing, dan Gadget.

Komentar

One thought on “Mengenal Google Apps
  1. Pingback: Memulai Google Apps for Educations:Upgrade dari Google Apps free | CloudIndonesiA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *