Komunitas Cloud Indonesia

Mengenal Layanan SalesForce.com

Penulis :   |   July 22, 2012

Salesforce.com adalah vendor Software as a Service (SaaS) yang menyediakan aplikasi customer relationship management. (CRM) yang meliputi salesforce automation to partner relationship management, marketing, dan customer service.

Salesforce.com memiliki banyak layanan dan produk yang memiliki berbagai macam fungsionalitas yang berbeda-beda. Produk dan layanan tersebut salah satunya adalah Force.com :

Force.com Platform

Force.com merupakan Platform as a Service (PaaS), yang dapat digunakan oleh developer untuk membuat software on-demand sesuai kebutuhan. Penggunaanya cenderung mudah dan dapat dilakukan kustomisasi disesuaikan kebutuhan. Customization tools di dalam force.com digunakan untuk membantu memberikan solusi untuk menyediakan aplikasi sesuai kebutuhan bisnis tanpa melakukan pemrograman.

Tujuan

Force.com  dirancang dengan tujuan untuk membantu user fokus dalam memenuhi kebutuhan dalam membangun solusi bisnis sesuai dengan karakteristik masing masing tanpa terbebani bagaimana mengeksekusi programming untuk membangunnya karena dengan fitur builder yang disediakan dapat dicapai dengan melakukan konfigurasi dan kustomisasi tanpa melakukan programming.

Kemampuan

Dengan force.com dapat digunakan untuk mengembangkan database dengan cara drag and drop. Force.com juga memiliki tampilan user interface yang standard sehingga memudahkan dalam penggunaan. Pemberian hak akses (privileges) terhadap user untuk melihat dan mengedit data dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Force.com juga dapat digunakan untuk melakukan automation of workflows, approvals, dan kolaborasi lainnya antar user. Semua fungsionalitas dan kapabilitas software tersebut dapat di buat tanpa melakukan kode pemrograman karena tersedia fitur builder di dalam force.com.

Fitur

  • Form builder. Force.com diciptakan dengan kemudahan penggunaan seperti drag-and-drop tools, auto-generated user interfaces, pre-built components, dan pre-designed templates. Dengan fitur tersebut dapat digunakan untuk membuat objek dengan cara yang mudah namun dapat digunakan untuk membuat semacam sistem dengan form rumit semacam pada backoffice.
  • Mobile optimized. Aplikasi yang dibangun menggunakan force.com dapat digunakan oleh pengguna iPad,  iPhone, dan pengguna smartphone lain karena sudah kompatibel untuk mobile device.
  • Visual process manager. Force.com dapat digunakan untuk merancang dan melakukan otomasi secara virtual bermacam proses bisnis seperti proses approval dan workflow. Dengan fitur ini dapat dibuat logika aplikasi yang kompleks sekalipun dengan relative lebih mudah daripada mengembangkan aplikasi from scratch.
  • Open APIs. Fitur SOAP dan REST API yang dikembangkan oleh force.com dapat dipanggil dari berbagai macam bahasa pemrograman ataupun dipanggil oleh middleware. Force.com juga dapat diintegrasikan dengan Oracle, SAP,  dan sistem back-office yang dimiliki. Serta API support untuk berbagai macam bahasa pemrograman seperti .NET, Java, dan PHP.
  • Identity management.Force.com memberikan fitur untuk mengelola hak akses user terhadap objek, field, maupun data-data mana saja yang boleh diakses oleh user. Dapat dikembangkan aturan khusus sehingga dapat melakukan share data sesuai dengan yang diinginkan.

Manfaat menggunakan force.com

Kelebihan yang ditawarkan oleh fitur-fitur di dalam force.com memberikan banyak manfaat kepada user untuk memudahkan dalam mengembangkan aplikasi cloud sesuai proses bisnis yang diinginkan. Dengan menggunakan business automation tools di dalam fitur yang diberikan force.com dapat membuat user fokus kepada proses bisnis tanpa terkendala dalam eksekusi pemrogramannya. Selain itu user interface yang standar mempermudah user dalam menggunakan. Secara tidak langsung user tidak memerlukan investasi server sehingga mengurangi biaya maintenance server.

Untuk lebih jelas dapat dilihat di link video berikut.

 

  1. Lowongan .NET Developer
  2. Lowongan Android Developer
  3. Lowongan Java Developer
  4. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  5. Big Data dengan Google Cloud

Penulis :

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *