Komunitas Cloud Indonesia

Mengenal & Menggunakan Google Drive

Penulis :   |   September 2, 2012

Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google yang diluncurkan pada akhir April 2012, yaitu layanan untuk menyimpan file di internet pada storage yang disediakan oleh Google. Dengan menyimpan file di Google Drive maka pemilik file dapat mengakses file tersebut kapanpun dimanapun dengan menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone. Dan file tersebut dapat di share dengan orang lain untuk berbagi pakai dan juga kolaborasi peng-edit-annya. Kapasitas yang disediakan oleh google drive untuk layanan gratis adalah 5GB, untuk menggunakan kapasitas lebih dari itu maka akan dikenakan biaya tambahan.

Dengan menggunakan Google Drive, berarti pemilik file telah memiliki back-up file nya di internet sehingga jika terjadi sesuatu pada file yang disimpan di komputer atau laptop, misalnya file tersebut rusak atau hilang atau terkena virus, atau komputer/laptopnya rusak yang menyebabkan tidak dapat digunakan, maka file yang berada di Google Drive tetap aman dan tetap dapat diakses menggunakan komputer lain yang terhubung ke internet.

Dibawah ini video mengenai contoh menggunakan Google Drive.

Setelah mengenal apa itu Google Drive, berikut ini panduan mengenai bagaimana cara menggunakan layanan Google Drive.

1. Buka alamat http://drive.google.com , maka akan muncul halaman seperti ini:

2. Klik tombol “Masuk” (yang di dalam kotak merah pada gambar di atas), kemudian akan masuk kehalaman selanjutnya seperti dibawah ini:

Jika kita telah memiliki akun di google, misalnya telah menggunakan gmail, maka tinggal memasukkan username dan password yang kita miliki pada kotak di halaman tersebut, sedangkan bagi yang belum memiliki akun di google, maka klik tombol SIGN UP di kanan atas halaman tersebut, dan lakukan proses pendaftaran seperti pada umumnya.

3. Setelah sign in dengan akun google yang kita miliki, maka akan muncul tampilan berikut. Klik tombol warna biru di kiri bawah dengan tulisan “Try Google Drive”.

4. Lalu akan masuk ke halaman berikut ini:

5. Sampai disini pendaftaran layanan Google Drive telah selesai, kita telah dapat menggunakan Google Drive melalui web browser, untk meng-upload file yang akan disimpan di Google Drive, klik tombol warna merah di menu sebelah kanan tepat disebelah tombol bertuliskan Create, yaitu tombol bergambar harddisk dengan tanda panah ke atas, kemudian akan muncul menun pop-up lalu pilih “Files…”, sebagaimana ditunjukkan pada gambar dibawah ini yang di kotak warna merah.

6. Selanjutnya akan muncul windows untuk memilih file mana yang ingin di upload.

Demikianlah langkah-langkah memulai menggunakan layanan Google Drive menggunakan web browser, selanjutnya dibawah ini dibahas mengenai cara instalasi software Google Drive di komputer bersistem operasi Windows agar pengguna Google Drive memiliki folder khusus yang isi folder tersebut akan disinkronisasikan dengan file yang ada di akun Google Drive, dengan begitu maka pengguna Google Drive tidak perlu melakukan upload file melalui browser seperti cara diatas, tapi cukup dengan mengcopy atau drag-and-drop file yang diinginkan ke dalam folder Google Drive yang ada di komputer lalu Gogle Drive akan melakukan sinkronisasi sehingga file tersebut juga tersimpan di akun Google Drive di internet.

1. Masuk ke dashboard akun Google Drive melalui link ini http://drive.google.com , isi dengan username dan password yang dimiliki.

2. Pada halaman ini, klik link yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar untuk mendownload software Google Drive yang akan di install di komputer.

3. Kemudian klik tombol “Accept and Install”

4. Selanjutnya proses download akan langsung mulai

5. Setelah download selesai, selanjutnya akan diminta memasukkan username dan password akun google.

6. Setelah mengklik tombol Sign in, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini, klik Next.

7. Berikutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini, klik tombol Start Sync, maka proses selanjutnya akan ada sebuah folder Google Drive di komputer yang isi folder tersebut akan disinkronisasikan dengan file yang ada di akun Google Drive.

8. Sampai disini proses instalasi telah selesai, folder Google Drive akan berisi file yang sama dengan yang tersimpan di akun Google Drive di internet.

Demikian langkah-langkah instalasi Google Drive di komputer, untuk menambahkan file yang akan disimpan di Google Drive cukup dengan meng-copy atau drag-and-drop file yang diinginkan ke dalam folder Google Drive yang ada di komputer lalu Gogle Drive akan melakukan sinkronisasi sehingga file tersebut juga tersimpan di akun Google Drive di internet.

Berikut ini video mengenai proses instalasi Google drive.

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Seorang IT enthusiast yang bekerja di bidang IT sejak tahun 2000, menjabat sebagai Kordinator Harian dalam struktur pengurus komunitas CloudIndonesiA, saat ini bekerja sebagai IT Consultant di sebuah perusahaan System Integrator.

Komentar

23 thoughts on “Mengenal & Menggunakan Google Drive
  1. wawan

    mas, mau nanya bagaimana membuat 2 akun google drive dalam 1 komputer, jadi bisa saya buka 2 akun tersebut dalam komputer saya

    Reply
    1. Amanda Gondokusumo

      Kalau misal PC di rumah kan untuk share 1 keluarga, dan masing2 punya account google drive sendiri. Apa bisa folder google drive di dalam PC juga dipisahkan? Bagaimana caranya? Jadi setiap orang bisa akses folder google Drive mereka yang sudah terinstall di PC dengan account mereka masing2. Karena kita saya arahkan cursor ke icon Google Drive yg terinstal di PC, dia hanya bisa login 1 user.

      Reply
  2. Han Ho Suk

    bagi yg memiliki sumber daya terbatas ini sangat bermanfaat………. kemudahan akses dan sharing file akses jd lebih mudah ….
    tetep saja banyak manfaat yg bisa diperoleh …. mas google ply(anoniM) sbb teknologi mengurangi keterbatasan menambah kelebihan bagi yg mampu menggunakanya.
    buat admin maju terus……
    (^_____^)

    Reply
  3. pandoraCiel

    saya mau bertanya tentang Saas di opennebula, bisa gak kita membuat semacam mail service dengan menggnakan open nebula

    Reply
  4. agus

    min…file yg di folder google drive pd pc dihapus knp pada google drive cloud ikut ilang?

    bagaimana caranya simpan file biar tidak hilang tp ingin kurangi file pd folder di pc/laptop?

    Reply
  5. didit

    Mohon pencerahan min…

    Apa semua smartphone android support untuk mengakses cloud..?

    Bagaimana dgn WP apa cloud lebih baik di akses melalui WP atw android…?

     

    Matur nuhuun min…

     

     

    Reply
    1. CloudIndonesiA

      Selama bisa terkoneksi ke internet, harusnya sudah bisa memanfaatkan layanan Cloud Computing, dan pastinya smartphone bisa terkoneksi ke internet 🙂

      Reply
  6. Pingback: Google Drive | shafiraputria

  7. Toni Sugiri

    Google drive sangat menbantu dalam mengirim data besar lewat email, terimakasih GD

    Reply
  8. agus

    Mkasih artikel mas… Kalau cdn google drive kita gabung diwordpress.dari pada kita membuatnya disubdomain kita, ada nggak mas langkah langkahnya… Maksud saya bagaimana cara menggabungkan cdn google driven ke wordpress ke folder upload dokumen dan gambar dipicture..

    Reply
  9. Agen

    terima kasih artikel nya, google drive memang merupakan salah satu fitur yang sangat berguna untuk menyimpan data – data !

    Reply
  10. Vinny Citra Alvionita

    Kalau google drive ini apakah ada maksimal pemakai nya ya untuk 1 aku n gmail?
    Jadi apakah 50 orang teman kelasku apa bisa menggunakan 1 akun email yang sama untuk google drive ini?
    Atau ada batasan pemakai akun nya?

    Reply
  11. Blog Kopinet

    Kutip “Dengan menggunakan Google Drive, berarti pemilik file telah memiliki back-up file nya di internet sehingga jika terjadi sesuatu pada file yang disimpan di komputer atau laptop, misalnya file tersebut rusak atau hilang atau terkena virus”

    saya setuju hal tersebut dan memang dibenarkan heee.

    Oh ya.. untuk penggunaan Google Drive saya juga buat artikel. Mohon masukan dan koreksi artikel saya gan, salam kenal saja. http://www.blogkopinet.web.id/2016/06/cara-maksimal-menggunakan-google-drive.html

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *