Komunitas Cloud Indonesia

Mengenal Salesforce.Com Via Trial version

Penulis :   |   July 16, 2012

Pada tulisan sebelumnya saya telah membahas tentang sales force, nah sekarang saya coba untuk mengenalkan bagaimana isi dari layanan yang ada di salesforce.com. salesforce.com telah menyediakan fasilitas trial bagi kita yang ingin nyicipin he he…

Untuk menikmati fasilitas dari trial yang salesforce.com sediakan anda bisa masuk ke situs resminya yang nama  situsnya sama dengan namanya, http://salesforce.com . kemudian anda bisa klik free trial lalu akan muncul windows baru disitu anda silakan isi dengan lengkap yang sesuai dengan yang diminta.

Kemudian anda akan diminta untuk konfirmasi via email untuk mendapatkan password.

Setelah anda mendapat akun anda bisa langsung login. Setelah anda login maka anda akan melihat tampilan seperti berikut.

Untuk mengenal sales force pertama yang kita harus tahu adalah komponen-komponen yang ada pada tab pada halaman home dari salesforce.com.

  1. Home, home merupakan halaman awal yang berisi update dari aktivitas yang telah kita lakukan.
  2. Getting Started, getting started merupakan halaman awal yang memandu kita untuk memulai layanan dari salesforce.com
  3. Chatter, chatter merupakan tool untuk berkolaborasi yang telah ada dalam salesforce.com. chatter memudahkan kita terhubung dengan user lain dalam organisasi serta berbagi informasi bisnis secara aman.
  4. Profile, profile merupakan halaman dimana kita profil dan keterangan lain tentang kita ditampilkan.
  5. Groups, groups merupakan suatu kelompok kerja yang dapat kita buat dan bisa kita buat private ataupun public. Group memudahkan kita dalam berkolaborasi dalam suatu projek.
  6. Files, files merupakan tool yang digunakan untuk kita dapat mengupload file dan saling berbagi dengan file tersebut. File dapat berupa apa saja dengan maksimal size sampai 2 gb.
  7. Leads, leads merupakan bukanlah hanya customer tapi bisa siapa saja baik itu organisasi atau perusaahaan yang mungkin tertarik bekerja dengan perusahaan kita, data leads bisa kita masukan secara manual ataupun otomatis dari external sources.
  8. Accounts, accounts merupakan bagian yang berisi baik individual ataupun organisasi yang memiliki hubungan dengan kita baik itu customer, competitors maupun partners.
  9. Contacts, contacs merupakan kontak seseorang yang secara langsung berhubungan dengan accounts. Contacs berisi informasi berupa nama, alamat, nomor kontak, perusahaan, posisi/jabatan dan alamat email, dengan ini dapat memudahkan kita bila kita membutuhakn informasi tentang orang tersebut.
  10. Data.com, data.com merupakan tool yang dapat digunakan untuk mencari data accounts ataupun contacs secara cepat sesuai yang kita butuhkan. Data contacs diambil dari jigsaw dan accounts diambil dari Dun & Bradstreet.
  11. Opportunities, opportunities merupakan potensial revenue yang dapat dihasilkan dari transaksi yang akan ataupun sedang dijalani. Opportunities berisi keberhasilan ataupun kegagalan transaksi.
  12. Reports, reports merupakan analisis dan rangkuman dari data yang dapat kita tampilkan dan kita print.
  13. Dashboard, dashboard merupakan halaman yang memberikan gambaran dari performa perusahaan. Dashboard berisi kumpulan chart dan komponen lain yang secara grafis menunjukan report sebuah perusahaan.

Mudah-mudahan dengan kita mengetahui komponen-komponen yang ada dihalaman akun salesforce.com kita akan lebih mudah untuk mempelajarinya. Semoga tulisan kali ini bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih, maaf atas segala kekurangan dari tulisan ini, Keep learning by writing.

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Saya seorang mahasiswa teknik informatika yang berlatih untuk berbagi pengetahuan lewat tulisan. Sambil menyelam minum air, sambil menulis sambil belajar. Saya coba nikmati proses nya.

Komentar

One thought on “Mengenal Salesforce.Com Via Trial version
  1. Pingback: Menulis Sambil Belajar Teknologi Cloud Computing – Salesforce.Com | BlOG77

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *