Komunitas Cloud Indonesia

Mengenal SQL Azure

Penulis :   |   July 3, 2012

Halo Rekan CloudIndonesia,

Sebelum masuk ke teknikalnya, perkenankan saya untuk memperkenalkan Apa itu SQL Azure.

SQL Azure adalah ­layanan basis data (Data Management) berbasis komputasi awan (Cloud Computing) dari Microsoft yang merupakan bagian dari Azure Service Platform.

Kita dapat menggunakan SQL Azure untuk melakukan query, searching, data analysis, dan sinkronisasi data. Di backend SQL Azure menggunakan Microsoft SQL Server technology, jadi untuk mengoperasikannya kita dapat menggunakan tools yang berkaitan yaitu SQL Management studio dan SQL Server Data Tools.

SQL Azure memiliki high availability untuk menyimpan dan mengcopy beberapa database, skalabilitas yang tinggi, dan kecepatan memproses data.

Keuntungan yang didapat ketika kita menggunakan SQL Azure adalah kita dapat mengurangi biaya investasi/operasional untuk pembuatan aplikasi sederhana, yang disesuaikan dengan penggunaan database dari aplikasi tersebut. Dan ketika kita menggunakan blobs untuk menyimpan video, music dan gambar kita juga akan mendapatkan biaya yang relative murah. Untuk downtime, validitas, dan keamanan data sudah terjamin dapat cek SLA 99,99%.

SQL Database

Hampir seluruh aplikasi membutuhkan fitur relasional database as a service. SQL Azure sekarang lebih dikenal dengan SQL Database. SQL Database dapat digunakan untuk membangun aplikasi entertprise dan power hybrid application yang berguna untuk meng-singkronisasikan database antar server secara realtime menggunakan SQL Data Sync.

sumber: http://oakleafblog.blogspot.com

Tables dan Blob Storage

Tables dan Blob Storage memiliki kemampuan NoSQL yang dapat menyimpan data dalam jumlah besar yang unstructured. Tables memiliki sertifikasi ISO 27001 yang memiliki skalabilitas dan menampung data hingga 100 terabyte yang dapat diakses dimana saja melalui REST dengan menggunakan API SQL. Untuk lebih jelasnya akan kita bahas dipostingan selanjutnya.

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Sejak lahir sampai saat ini di Jakarta. Menyelesaikan studi S1 di BINUS University bidang yang diambil Sistem Informasi - Business Intelligence, saat ini sedang melanjutkan studi S2 untuk bidang Financial Analysis. Saat ini bekerja sebagai Business Intelligence Consultant dan BI/DW Frelancer. Bidang yang ditekuni : Business Intelligence, Data warehouse, SQL Server Performance, Architecture DW/BI, Data Quality Services, dan SQL Azure http://muhammadsubhan.com

Komentar

2 thoughts on “Mengenal SQL Azure
  1. Pingback: Membangun Aplikasi Sederhana Menggunakan Azure SQL Database - CloudIndonesiA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *