Komunitas Cloud Indonesia

Menggunakan Chatter Untuk Berkolaborasi di Salesforce

Penulis :   |   July 26, 2012

Chatter merupakan salah satu dari layanan salesforce yang berbentuk sosial media. Memiliki fungsi yang sama dengan sosial media yang lainnya, hanya saja penggunaan salesforce lebih untuk kegiatan bisnis suatu perusahaan. Seperti mempercepat arus informasi dalam suatu perusahaan, dalam bisnis anda serta antara rekan kerja anda.

Dalam hal ini salesforce menyediakan chatter sebagai social media, karena dengan social media hal-hal seperti percakapan, files, links, karyawan, deals, case dan opportunities dapat diakses dengan mudah dalam satu aplikasi yang bernama chatter tersebut. Dengan menggunakan konsep sosial media sebagai alat untuk berkolaborasi juga dapat mempermudah karyawan dalam menggunakannya.

Berikut tampilan chatter dalam salesforce.com,

Bagaimana menggunakannya?

Untuk berkolaborasi, pertama pengguna perlu menuliskan informasi ataupun permintaan terhadap seseorang yang dipilih untuk dimintai pertolongan. Contoh rismunandar winata meminta rismun aris agar passwordnya direset ulang.

Maka rismunandar menuliskan pada rismun aris dengan me-mention-nya di textbox post, “@[rismun aris] tolong reset kembali password akun saya, karena saya tidak bisa login”, kemudian klik share.

Setelah pesan sampai pada rismun aris, rismun aris pun dapat mengomentari pesan tersebut.

Untuk mengetahui apakah rismun aris telah menyelesaikan tugasnya, rismunandar dapat melihat di bagian feedback. Namun untuk mempermudah pencarian dari sekian banyak feedback yang ada, rismunandar dapat menggunakan filter. Caranya, dengan kebagian kiri dibawah photo profil klik menu “@Me”.

Maka tampilan feedback akan memunculkan feedback yang mengarah ataupun memention ke “rismunandar winata”.

Begitulah bagaimana cara berkolaborasi menggunakan chatter, caranya tidak berbeda jauh dengan menggunakan social media lainnya. Mudah bukan? 😀

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Saya seorang mahasiswa teknik informatika yang berlatih untuk berbagi pengetahuan lewat tulisan. Sambil menyelam minum air, sambil menulis sambil belajar. Saya coba nikmati proses nya.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *