Komunitas Cloud Indonesia

Menggunakan SQL Management Portal di Windows Azure

Penulis :   |   July 23, 2012

Masih berhubungan dengan posting sebelumnya tentang Membuat SQL Database di Windows Azure, kali ini saya masih akan membahas mengenai SQL Azure di platform Windows Azure. Tutorial yang akan saya berikan kali ini adalah cara untuk menggunakan SQL Management Portal di Windows Azure. Untuk memulai tutorial ini, pastikan anda sudah membuat SQL Database di Windows Azure anda, akan lebih baik lagi apabila anda sudah membuat database dan meng-input data ke dalam nya.

1. Untuk membuka SQL Management Portal, login menuju portal management Windows Azure anda, kemudian pilih SQL Database

2. Pilih salah satu database yang anda miliki. Pada contoh di atas, saya ingin menggunakan database “altrovisazuredatabase”. Setelah anda klik, otomatis anda akan masuk ke dashboard dari database tersebut. Kegunakaan dari dashboard ini secara umum adalah untuk memonitor penggunaan resource anda, tapi ini secara umum bukanlah SQL Management Portal anda.

3. Untuk menuju portal SQL anda, cari tulisan “Manage URL” dan klik lah link yang ada di bawahnya. Sangat perlu diingat bahwa komputer anda harus sudah terinstall Slilverlight. Apabila anda sudah menginstall Silverlight namun masih belum dapat mengakses halaman tersebut, silahkan perbaiki mengikuti tahapan panduan disini :

4. Setelah anda mengklik link tersebut, anda akan diminta untuk melakukan login, persis seperti ketika anda menggunakan SQL Management Studio, username dan password ini sudah ditentukan oleh anda pada saat pembuatan database SQL di windows Azure. Untuk melihat langkah-langkahnya, silakan melihat dari tutorial saya sebelumnya  disini 🙂

5. Setelah berhasil login ke dalam system, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

6. Setelah berhasil masuk ke dalam portal tersebut, sekarang kita akan mencoba untuk meng-input dan me-retrieve data di database menggunakan SQL Query. Asumsikan kita sudah membuat table di database tersebut dengan nama “Data Evangelist” yang memiliki tiga kolom, yaitu Nama, alamat, dan teknologi. Klik opsi “New Query” pada bagian tengah atas. Silakan masukkan query sesuai dengan yang diinginkan, sebagai contoh jika ingin memasukkan data maka ketikkan INSERT INTO Data_Evangelist(ID, Nama, Alamat, Teknologi) VALUES (0,’Enrico’,’Jakarta’,’Azure’). Apabila berhasil maka akan muncul pesan “1 row(s) affected

 

7. Selain meng-input data, kita juga bisa menggunakan SQL Management Portal untuk mendapatkan suatu data dengan informasi tertentu. Cara yang dapat dilakukan sama persis, yaitu dengan memasukkan SQL Query ‘Select’. Sebagai contoh, apabila ingin mendapatkan data evangelist yang bernama Enrico, maka SQL Syntax nya adalah SELECT * FROM Data_Evangelist WHERE Nama=’Enrico’. Visualisasinya ditunjukkan pada gambar di bawah ini :

 

Demikian artikel saya mengenai SQL Azure dan Windows Azure, pada artikel berikutnya kita akan mencoba menggunakan teknologi selain .NET untuk dikembangkan menggunakan platform Windows Azure ini. So stay tuned! 🙂

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Seorang technology enthusiast yang saat ini bekerja sebagai mahasiswa pascasarjana di NUS Singapura. Dapat dihubungi via email ke enrico.budianto@cloudindonesia.or.id. Silakan mengunjungi http://enricobudianto.wordpress.com/ untuk melihat hasil-hasil tulisan yang pernah dibuat.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *