Komunitas Cloud Indonesia

Menghemat Daya Listrik Dengan vmware Distributed Power Management (DPM)

Penulis :   |   August 23, 2013

Salah satu aspek penting dari Data Center yang kadangkala terlewatkan pada proyek pembangunan Data Center adalah daya listrik dan pengkondisi suhu ruangan (AC). Biasanya hubungan kedua aspek tersebut adalah berbanding lurus atau linear. Apabila terjadi peningkatan konsumsi daya listrik oleh physical host (server) pada suatu data center, maka akan terjadi peningkatan suhu ruangan data center tersebut sehingga kerja AC menjadi lebih berat (apabila terintegrasi dengan thermostat pada data center tersebut, dimana setiap kenaikan temperatur ruangan 1 derajat, memicu proses pendinginan oleh AC yang memerlukan tambahan daya listrik).

Apabila suatu organisasi/perusahaan telah melakukan implementasi teknologi virtualisasi untuk kebutuhan sumber daya komputasi mereka, maka salah satu aspek penting data center yang dapat dihemat penggunaannya adalah daya listrik untuk physical host bagi teknologi virtualisasi tersebut. Pada saat terjadi beban komputasi yang tinggi, maka daya listrik yang digunakan dapat saja menjadi maksimal. Akan tetapi pada saat terjadi beban komputasi yang rendah, maka daya listrik yang digunakan dapat menjadi lebih kecil, bahkan dapat dikurangi karena penggunaan mekanisme vmware Distributed Power Management (DPM) dan vmware Distributed Resource Scheduler (DRS).

Tulisan berupa e-book yang membahas lebih dalam mengenai kedua mekanisme tersebut, dapat rekan-rekan temukan pada tulisan selanjutnya dan tautan E-book : Bermain dengan Infrastruktur Virtual : VMware vSphere (Tulisan Keduabelas).

Contoh real yang terjadi adalah penggunaan sumber daya komputasi suatu organisasi/perusahaan yang telah mengimplementasikan teknologi virtualisasi, yaitu sebelum dimulainya jam kantor (pagi hari sebelum waktu Dhuha), saat dimulainya jam kantor (waktu Dhuha), saat semua staf dan karyawan sedang bekerja maksimal menggunakan sistem informasi serta sumber daya komputasi (setelah waktu Dhuha hingga waktu Ashar menjelang Maghrib), hingga akhirnya saat berakhir jam kantor (waktu Maghrib menjelang Isya), serta waktu istirahat (setelah waktu Isya).

Pada penggunaan sumber daya komputasi konvensional, maka besarnya daya listrik dan AC yang dikonsumsi oleh physical host, selalu berada pada kondisi steady bahkan cenderung meningkat, sebagai akibat dari peningkatan temperatur ruangan data center pada kondisi maksimal di atas.

Sedangkan pada penggunaan sumber daya komputasi yang memanfaatkan teknologi virtualisasi, besarnya daya listrik dan AC yang dikonsumsi oleh physical host dapat menjadi bervariasi, tergantung dari behaviour atau sifat dan karakteristik penggunaan sumber daya komputasi pada setiap rentang waktu kerja atau operasional sistem komputasi yang digunakan seperti pada penggambaran contoh real diatas.

Nah, untuk mendapatkan gambaran gamblang mengenai narasi diatas, rekan-rekan pengunjung portal CloudIndonesiA.or.id dapat mencermati video mengenai vmware Distributed Power Management pada link berikut ini.

vmware Distributed Power Management HQ

 

 

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Penulis :

Berkah I. Santoso. Menyelesaikan kuliah Magister Teknologi Informasi di Universitas Indonesia, Jakarta pada tahun 2007. Pernah bekerja sebagai Web Developer untuk salah satu konsultan TI di Depok, Jawa Barat (2004), System Administrator, IT Assistant Manager pada salah satu perusahaan pelayaran di Jakarta (2004 - 2007). Saat ini bekerja sebagai IT Lecturer pada salah satu universitas swasta di Jakarta setelah sebelumnya menjadi IT Manager pada salah satu anak usaha kelompok media terbesar di Indonesia dan IT Business Development Manager pada salah satu konsultan TI berbasis Linux dan Open Source Software (2008 - sekarang). Pada bulan Mei 2012 bergabung dengan komunitas CloudIndonesiA sebagai salah satu anggota tim penulis teknis pada Bidang Konten dan Review Artikel.

Komentar

One thought on “Menghemat Daya Listrik Dengan vmware Distributed Power Management (DPM)
  1. Pingback: E-book : Bermain dengan Infrastruktur Virtual : VMware vSphere (Tulisan Keduabelas) | CloudIndonesiA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *