Komunitas Cloud Indonesia

Octopus: Platform Cloud Storage dari VMware

Penulis :   |   May 3, 2012

VMware telah membuat sebuah platform berbasis cloud untuk layanan Cloud Storage. Product baru VMware ini dinamakan VMware Octopus, project yang berjalan sejak tahun lalu ini pada 2 Mei kemarin telah mengeluarkan versi Beta sebagai preview.

VMware Octopus ini hampir sama seperti penggunaan layanan cloud storage lainnya yang ditawarkan oleh Dropbox, Google Drive maupun SkyDrive, yaitu dengan konsep sinkronisasi file yang ada di lokal komputer/gadget dengan file yang ada di server sentral. Hanya saja bedanya, layanan cloud storage yang disebutkan itu hanya menawarkan jasa layanannya saja, sedangkan VMware menawarkan Octopus sebagai platform untuk customer yang ingin mengimplementasikannya pada infrastruktur private cloud yang dikelola sendiri. Dan dengan Octopus, end-user tidak perlu memiliki native software dari type file yang di share melalui Octopus, karena file apapun yang di share melalui octopus maka dapat ditampilkan oleh octopus sesuai dengan type file tersebut meskipun di komputer user tidak ter-install native software nya sebagaimana di demonstrasikan pada video di bawah. VMware Octopus dapat digunakan pada Windows, Mac, dan Linux, serta iOS dan Android.

Selain itu, dengan mengimplementasikan Octopus pada infrastruktur internal/private cloud, maka berarti kebijakan keamanannya dikendalikan sepenuhnya oleh pihak IT yang mengelola private cloud. Sehingga apa yang boleh dan tidak boleh di share serta kepada siapa suatu file/folder bisa di share dan bagaimana metode autentikasi yang diterapkan dapat dikendalikan sepenuhnya oleh pihak IT internal, tidak hanya oleh end-user saja sebagaimana pada layanan public cloud.

VMware Octopus dapat menjadi solusi terbaru untuk memberikan layanan cloud storage baik pada private cloud maupun pada public cloud, tergantung dimana Octopus di deploy.

sumber: vmwareoctopus.com

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Seorang IT enthusiast yang bekerja di bidang IT sejak tahun 2000, menjabat sebagai Kordinator Harian dalam struktur pengurus komunitas CloudIndonesiA, saat ini bekerja sebagai IT Consultant di sebuah perusahaan System Integrator.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *