Komunitas Cloud Indonesia

Pengenalan Amazon Web Services

Penulis :   |   July 7, 2012

Amazon Web Services adalah sekumpulan layanan-layanan berbasis cloud yang di sediakan oleh Amazon semenjak tahun 2002. Meskipun salah satau perusahaan raksasa internet ini sering kita kenal untuk membeli buku, namun sekarang Amazon telah menambah layanan nya dalam hal infrastrutktur cloud. Yang lebih menakjubkan lagi adalah Amazon Web Services ini menyediakan layanan-layanan nya yang saling terintegrasi dan mudah kustomisasi.

Layanan-layanan Amazon Web Services

Layanan-layanan Amazon Web Services dapat di kelompokkan menjadi 5 bagian besar:

  • Layanan Komputasi: Layanan ini di khususkan untuk memberi infrastruktur untuk pengguna yang ingin menggunakan Amazon untuk melakukan komputasi seperti server atau clustered server. Dimana server-server tersebyt disebut instance. Kita dapat memiliki lebih dari 1 instance dan dapat tersebar di semua datacenter Amazon. Instance-instance tersebut juga dapat di kustomisasi sesuai dengan keingina user.
  • Layanan Penyimpanan: Layanan ini di khususkan untuk memberi infrastruktur untuk pengguna yang ingin menggunakan Amazon untuk melakukan penyimpanan. Layanan ini dapat digunakan oleh user sebagai media backup maupun Content Delivery Network (CDN). Data-data kita di simpan dengan aman, cepat dan dapat diandalkan
  • Layanan Basis Data: Layanan ini di khususkan untuk basis data, dimana basis data kita tersebut disimpan di cloud, dan dapat di akses dari mana saja secara aman, cepat dan terpecaya. Layanan ini tentunya sangan menghemat waktu bagi para pengembang aplikasi web, karena akan menghemat banyak waktu dalam melakukan konfigurasi dan replikasi data.
  • Layanan Jaringan: Layanan ini di khususkan untuk mengatur jaringan antara layanan-layanan yang di dalam cloud maupun di luar cloud. Salah satu layanan nya adalah DNS Server yang memberikan kita kemudahan untuk konfigurasi DNS website domain yang kita miliki dengan harga yang sangat terjangkau dan sangat cepat
  • Layanan Aplikasi: Layanan aplikasi ini desediakan oleh Amazon untuk melengkapi layanan-layanan yang lainnya. Layanan-layanan ini seperti aplikasi pencarian, aplikasi notifikasi, aplikasi email server, aplikasi workflow.

Layanan Komputasi

Layanan komputasi yang di sediakan oleh Amazon Web Services ini adalah:

  • Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) adalah platform komputasi berupa virtual computer yang dapat di kustomisasi maupun di kembangkan dengan menggunakan prinsip cluster dan load balance. Untuk deployment nya sendiri sangat mudah sekali karena hanya perlu memilih image yang disebut AMI (Amazon Machine Instances) dan setup hanya perlu 5-10 menit. Lihat disini untuk cara melakukan setup Amazon EC2.
  • Amazon Elastic Map Reduce adalah layanan yang membantu analisis data seperti data penjualan, data stock, data server log dan lain-lain. Yang kemudian data-data tersebut dapat di konversikan menjadi sebuah hasil analisis yang dapat digunakan dalam sistem pengambil keputusan.
  • Elastic Load Balancing adalah layanan yang menjadi satu paket dengan Amazon EC2, dimana layanan ini berfungsi untuk menyeimbangkan beban antara instance-instance yang kita miliki dalam Amazon EC2.

Layanan Penyimpanan

Layanan penyimpanan yang di sediakan oleh Amazon Web Services ini adalah:

  • Amazon Simple Storage Service (S3) adalah salah satu layanan media penyimpanan yang paling favorit di media internet. Karena selain harganya sangat murah, layanan ini juga sangat aman dan sangat dapat diandalkan. Namun tidak hanya itu, layanan ini juga terintegrasi dengan layanan-layanan amazon lainnya, khusus nya Amazon EC2, dimana akan menggunakan EBS storage yang disimpan diatas Amazon S3 ini. Dengan bantuan perangkat lunak yang kita install di komputer kita, kita dapat menjadikan Amazon S3 ini menjadi shared folder maupun Network Attached Storage.
  • Amazon Elastic Block Store (EBS) adalah layanan ini juga merupakan salah satu paket dari Amazon EC2, dimana sistem operasi yang berjalan diatas Amazon EC2 membutuhkan harddrive, dan EBS storage ini adalah sebagai penggantinya. EBS ini juga merupakan media yang disimpan diatas Amazon S3
  • AWS Storage Gateway adalah layanan penyimpanan yang disediakan Amazon untuk perusahaan berskala besar. Dimana layanan ini membutuhkan VMware HyperX dengan requirements yang cukup tinggi. Layanan ini dapat menjadikan media penyimpanan yang ada di local cloud kita tersinkronisasi otomatis dengan media penyimpanan yang ada di Amazon S3. Sangat cocok bagi perusahaan yang memiliki banyak data sensitif dan butuh offsite backup.
  • Amazon CloudFront adalah layanan untuk distribusi konten ke berbagai lokasi server Amazon. Layanan ini digunakan untuk Content Delivery Network (CDN), yang banyak di gunakan untuk aplikasi web sehingga kecepatan load untuk konten akan jauh berkurang, sebab konten diambil dari lokasi terdekat dari user yang sedang melakukan akses ke website.

Layanan Basis Data

Layanan basis data yang di sediakan oleh Amazon Web Services ini adalah:

  • Amazon Relational Database Service (RDS) adalah layanan server basis data dimana data dan server akan berada di cloud yang akan menjamin kualitas koneksi, kecepatan, keamanan dan kehandalan. Kita dapat memiliki aplikasi server yang kita mau seperti: MySQL, Oracle dan SQL Server.
  • Amazon DynamoDB adalah layanan server basis data yang NoSQL dengan kualitas koneksi, kecepatan, keamanan dan juga mudah di setup dan konfigurasi. Layanan ini juga memiliki kemudahan skalabilitas yang artinya data dapat berkembang dan menyusut sesuai dengna keperluan.
  • Amazon SimpleDB adalah layanan server basis data yang NoSQL yang mirip dengan Amazon DynamoDB namun dengan skala yang lebih kecil.
  • Amazon ElastiCache adalah layanan memory cache di atas cloud. Dengan menggunakan layanan ini kita dapat meningkatkan performa dari aplikasi web yang kita memiliki dengan menyimpan cache di atas cloud dan tidak membebani server web aplikasi itu sendiri.

Layanan Jaringan

Layanan jaringan yang di sediakan oleh Amazon Web Services ini adalah:

  • Amazon Route 53 adalah layanan untu domain name server (DNS), layanan ini memberikan akses yang cepat dan aman untuk domain dari aplikasi web yang kita miliki. Dengan layanan ini kita dapat dengan bebas mengatur DNS dari web domain kita. Layanan ini juga memiliki fitur load balance jika kita memiliki lebih dari 1 server.
  • Amazon Virtual Private Cloud (VPC) adalah layanan ini untuk memudahkan kita membuat private cloud kita sendiri dengan menggabungkan layanan-layanan yang ada dalam Amazon Web Services. Dengan layanan ini kita dapat membangun infrastruktur cloud kita sendiri seperti membangun datacenter diatas cloud.

Layanan Aplikasi

Layanan aplikasi yang di sediakan oleh Amazon Web Services ini adalah:

  • Amazon CloudSearch adalah layanan ini adalah untuk menggabungkan fungsi pencarian dari Amazon Cloud Search dengan aplikasi yang kita miliki. Keuntungannya adalah mudah di integrasikan dengan aplikasi yang kita miliki dan menyediakan fungsi pencarian yang akurat dan cepat tanpa membebani server kita sendiri. Dalam hal ini akan meningkatkan performa dari aplikasi website yang kita miliki.
  • Amazon Simple Workflow Service (SWF) adalah layanan alur kerja dan otomasi dari aplikasi-aplikasi yang kita miliki. Dengan layanan ini kita bisa mengotomasi proses bisnis kita atau mengelola infratruktur cloud kita yang ada di dalam Amazon Web Service.
  • Amazon Simple Queue Service (SQS) adalah layanan yang menyediakan sistem antrian pesan/intruksi dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Dengan Amazon SQL ini memudahkan pengembang (developer) untuk membuat otomasi alur kerja antara Amazon EC2 dengan layanan lainnya.
  • Amazon Simple Notification Service (SNS) adalah layanan ini adalah seperti mailing list, dimana kita dapat melakukan notifikasi kepada klien, nasabah maupin pengguna-pengguna lainnya dengan mengirimkan Email dan SMS.
  • Amazon Simple Email Service (SES) adalah layanan Email yang memperbolehkan menggunakan email server cloud untuk mengirimkan email dengan aman dan cepat. Layanan ini mengurangi kompleksitas kita dalam membangun atau menggunakan email servis lainnya karena Amazon SES ini juga sudah terintegrasi dengan layanan-layanan Amazon lainnya.

Masih ada beberapa layanan-layanan dari Amazon Web Services lainnya yang tidak saya sebutkan sebab layanan-layanan utama dalam membangun cloud sebagai infrastruktur kita cukup menggunakan layanan-layanan yang sudah saya jelaskan diatas.

Akhir kata semoga tulisan ini dapat membantu para pembaca yang ingin mendalami tentang Cloud Service khususnya Amazon Web Services. Jika ada kritik dan saran silahkan isi komentar dibawah ini. Terima kasih.

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Penulis :

Ivan Kristianto adalah pencinta dan pengguna aplikasi cloud computing. Sangat tertarik mengembangkan dan berbagi pengalaman dalam menggunakan cloud untuk meningkatkan produktifitas dan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari.

Komentar

5 thoughts on “Pengenalan Amazon Web Services
  1. irawan

    mas ivan,boleh nanya sedikit.saya kan mau bikin website multimedia seperti viki.com.dan pas tak cek dia (viki.com) menggunakan layanan amazone untuk penyimpanan file videonya.

    jadi saya harus menggunakan layanan yang mana biar saya bisa menyimpan file yang notabene bisa 200Mb/File dan orang yang yang berkunjung bisa memutar videonya.

    terima kasih atas waktunya

    Reply
  2. parlinnando

    gan mau tanya saya kan ada TA tentang VoIP tapi gunain layanan AWS. apakah bisa? terus cara nya gimana ya makasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *