Komunitas Cloud Indonesia

Penggunaan NuGet Package Restore di AppHarbor

Penulis :   |   August 29, 2012

Apa itu NuGet?

NuGet adalah aplikasi gratis dan open source yang dapat kita gunakan untuk menambah, menghapus, dan memperbarui pustaka/library dan tools ke dalam aplikasi .NET Framework. Jika kita menginstall Visual Studio maka kita akan mendapatkan sebuah Visual Studio Extension untuk menggunakan NuGet baik menggunakan GUI maupun command line. Jika kita sedang mendevelop sebuah library atau tool dan kita menginginkan agar library dan tool tersebut bisa di-share ke developer lain maka dengan menggunakan NuGet, kita dapat membuat NuGet package dan menyimpan package tersebut ke dalam NuGet repository. Suatu saat kita membutuhkan library/tool yang sudah dibuat oleh developer lain, maka kita tinggal menginstall library/tool tersebut menggunakan NuGet dari NuGet repository. NuGet juga dapat digunakan tanpa harus menginstall Visual Studio yaitu dengan menggunakan NuGet command line.

Fitur NuGet Package Restore

Jika kita menggunakan source control, biasanya folder Packages (tempatnya libraries/tools dari NuGet) akan ikut di-commit ke source code repository. Jika kita menggunakan DVCS seperti mercurial atau git, commit file-file binary dapat membuat ukuran repository menjadi semakin besar dari waktu ke waktu. Hal tersebut mengakibatkan proses cloning akan menjadi susah dan semakin susah. Nah, fitur NuGet Package Restore merupakan jawaban dari permasalahan tersebut. Kelebihan menggunakan fitur ini adalah ukuran project dari Visual Studio Solution kita akan menjadi lebih kecil sehingga proses cloning repository akan menjadi lebih mudah. Sedangkan kekurangannya adalah pada saat kita akan mem-build project maka kita HARUS menggunakan koneksi internet (bandingkan jika folder Packages sudah tersedia sebelumnya). Saran saya adalah sesuaikan dengan kondisimu, jika koneksi internet agak susah/lama lebih baik tidak perlu menggunakan fitur ini.

Penggunaan NuGet Package Restore dengan AppHarbor

Untuk menggunakan fitur NuGet Package Restore dengan AppHarbor adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi AppHarbor kita dengan Visual Studio.
  2. Klik kanan “Solution node” di Solution Explorer lalu klik “Enable NuGet Package Restore”
  3. Tambahkan folder “Packages” ke dalam file .gitignore
  4. Lakukan untrack direktori “Packages” dari source control (di sini menggunakan source control git) jika direktori tersebut sudah ada di repository dengan perintah berikut (jalankan di root folder):
    git rm -r --cached packages

Sekarang kamu bisa push code ke AppHarbor (baik dari git AppHarbor, Bitbucket, GitHub, Codeplex, dll) dan folder Packages akan otomatis terinstall oleh AppHarbor sebelum melakukan proses build.

Setting-Nuget-Package-Restore-in-Visual-Studio

Note: Sebagian isi dari tulisan ini, saya ambil dari artikel yang saya tulis di sini.

Referensi:

http://nuget.codeplex.com
http://docs.nuget.org/docs/start-here/overview
http://docs.nuget.org/docs/workflows/using-nuget-without-committing-packages
http://blog.appharbor.com/2012/02/06/use-nuget-package-restore-to-avoid-pushing-packages-to-appharbor

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Pengembara teknologi yang mencari ilmu mengenai teknologi dan menyebarkan ilmu yang sudah dipelajarinya bagi orang lain melalui blog ini :D. Tulisan lainnya bisa diakses di tonilab.wordpress.com

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *