Komunitas Cloud Indonesia

Relevansi ITIL dan Cloud Computing (1)

Penulis :   |   July 6, 2012

Relevansi ITIL dan Cloud Computing
Saat ini isu tentang cloud computing semakin kuat. Perlahan tapi pasti, semua organisasi bisnis, mulai dari tingkat UKM sampai perusahaan besar Fortune 500 pun telah mulai mempertimbangkan sebuah solusi dalam menghadapi persaingan bisnis, terutama terkait biaya yang dikeluarkan dalam melakukan investasi pada infrastruktur IT. Salah satu solusi itu adalah dengan memanfaar layanan yang ditawarkan oleh cloud provider. Pada tulisan ini, penulis membatasi permasalahan terkait relevansi ITIL dan cloud computing.

Sebelumnya, bagi pembaca yang belum mengerti ITIL, sebagai referensi dapat dilihat di Wikipedia. Jika berbicara tentang ITIL, berarti berhubungan dengan IT Service Management karena ITIL merupakan salah satu best practice dalam menerapkan IT Service Management. Fokus dari ITIL sendiri adalah bagaimana menyelaraskan layanan IT dengan kebutuhan bisnis. Dapat penulis simpulkan bahwa IT harus menjadi enabler bagi bisnis perusahaan. Lalu, apakah cloud computing dapat menjadi enabler juga untuk bisnis perusahaan?

Bagi penulis, ITIL dapat memberikan nilai tambah dengan mengadopsi layanan cloud computing untuk IT Service Management perusahaan. Cloud computing dapat mengubah pandangan tentang bagaimana layanan itu bersumber dan disampaikan. Banyak yang menganalogikan layanan cloud computing dengan ketika menyewa listrik dari PLN. Untuk menggunakan listrik, konsumen tidak perlu membangun pembangkit listrik sendiri. Cukup menghubungi PLN untuk instalasi kabel listrik, setting daya listriknya, lalu listrik siap untuk dikonsumsi. Konsumen cukup membayar listrik sejumlah yang digunakan dalam satu bulan. Begitu pula dengan layanan cloud computing :

  • Perusahaan tidak perlu investasi terlalu besar untukapplication development, jika menggunakan layanan SaaS
  • Perusahaan tidak perlu invertasi terlalu besar untuk menyediakan platform dalam melakukan application deployment, jika menggunakan layanan PaaS
  • Perusahaan tidak perlu investasi terlalu besar untuk menyediakan infrastruktur IT, jika menggunakan layanan IaaS

Karena tidak perlu investasi yang terlalu besar untuk pengeluaran modal kapital (CapEx), maka perusahaan lebih fleksibel ketika menginginkan pengembangan IT dalam skala yang lebih besar. Untuk jangka panjang, perusahaan cukup memikirkan biaya operasional (OpEx).

Secara umum, ITIL dapat meningkatkan nilai tambah bagi perusahaan apabila ingin menggunakan layanan cloud computing. ITIL memiliki lima publikasi utama, diantaranya adalah Service Strategy, Service Design, Service Transition, Service Operation, dan Continual Service Improvement. Penulis akan membahas lebih lanjut tentnag service delivery dari kelima komponen tersebut sehingga memiliki relevansi dengan cloud computing.

Jika dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya inti dari disiplin  IT Management tidak berubah. Paradigma bergeser dari perusahaan yang menerapkan IT kepada penyedia layanan cloud. Di sini ITIL sangat membantu, baik dari sisi perusahaan pengguna, terutama penyedia layanan cloud.

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Eryk Budi Pratama, a student of Informatics Engineering, Bakrie University. An IT enthusiast whose hobbies are reading and sharing knowledge. He has a passion to sharing knowledge in the community. Currently he becomes the CloudIndonesiA Jakarta Coordinator, CloudIndonesiA Universitas Bakrie Coordinator, and MUGI Universitas Bakrie Coordinator. He has competencies and interest in Private Cloud Solution (Microsoft and IBM based), Networking (Cisco-based), System Administration (Windows-based), Enterprise Resource Planning (SAP), Database (MySQL, SQL Server, Oracle, DB2), IT Security (CEH), IT Service Management (ITIL v3), and IT Audit (COBIT).

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *