Komunitas Cloud Indonesia

Survey – Seberapa Amankah Jasa Layanan Cloud?

Penulis :   |   April 29, 2012

Pemanfaatan layanan cloud computing menjanjikan penekanan biaya dan peningkatan flexibilitas, dengan memanfaatkan implementasi teknologi cloud computing, sebagian fungsi layanan IT jadi dapat dilakukan lebih cepat dan lebih mudah daripada implementasi konvensional, dan hal itu tentu berdampak positif bagi department IT pada perusahaan yang menggunakan layanan cloud, yaitu mengurangi beban department IT  dalam hal pengadaan maupun maintenance infrastruktur sehingga menjadi memiliki kesempatan lebih banyak untuk mengoptimalkan dan mengembangkan hal lain ataupun berinovasi.

Namun pada saat yang bersamaan hal itu juga meningkatkan kekhawatiran mengenai faktor keamanannya. Apalagi jika data yang bersangkutan adalah data-data yang sensitif dan sangat rahasia bagi perusahaan, sedangkan data tersebut di tempatkan di cloud yang lokasinya diluar jaringan internal perusahaan. Concern mengenai hal ini merupakan faktor yang cukup penting untuk dipertimbangkan dalam memilih dan mememutuskan untuk menggunakan layanan public cloud. Ada survey yang dilakukan oleh CIO.com terhadap perusahaan-perusahaan dan praktisi IT mengenai pendapat mereka terkait keamanan layanan cloud. Hasil survey dapat dilihat dibawah ini dalam bentuk infografik.

 

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Seorang IT enthusiast yang bekerja di bidang IT sejak tahun 2000, menjabat sebagai Kordinator Harian dalam struktur pengurus komunitas CloudIndonesiA, saat ini bekerja sebagai IT Consultant di sebuah perusahaan System Integrator.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *