Komunitas Cloud Indonesia

System Center 2012: Microsoft Cloud Management Software (1)

Penulis :   |   June 30, 2012

System Center 2012

System Center 2012 merupakan aplikasi buatan Microsoft yang menawarkan solusi untuk mengatur datacenterprivate cloud, dan client device. Pada bulan April 2012, aplikasi ini telah hadir di Indonesia. Saat dirilis, System Center 2012 ini memiliki 8 komponen dalam satu paket produk, yaitu Application Controller, Operation Manager, Orchestrator, Service Manager, Virtual Machine Manager, Data Protection Manager, Endpoint Protection, dan Configuration Manager.

Apakah sebenarnya yang melatarbelakangi adanya software ini? Menurut hasil pengamatan penulis dari website resmi Microsoft, tumbuhnya tren cloud computing membuat perusahaan ingin mengubah pola manajemen infrastruktur yang lama, menjadi suatu pola yang lebih efektif, efisien, dan produktif. Apabila melihat salah satu karakteristik dari cloud computing yang didefinisikan oleh NIST, layanan cloud haruslah on-demand self-service. Jika dulu ketika ada divisi dalam suatu perusahaan yang membutuhkan deployment infrastruktur untuk aplikasi yang dibutuhkan (melakukan provisioning), maka tim IT akan melakukan deployment sesuai dengan kebutuhan dari divisi yang bersangkutan. Waktu yang dibutuhkan untuk deployment tidaklah cepat.  Dengan adanya karakteristik on-demand self-service, divisi tadi bisa melakukan provisioning dengan cepat karena tidak harus menunggu divisi IT dalam menyediakan resource yang dibutuhkan.

System Center 2012 ini menjamin keuntungan bagi perusahaan, baik menggunakan private maupun public cloud untuk mendukung proses bisnis. System Center 2012 juga memudahkan tim IT dalam mengatur aset-aset seperti jaringan, media penyimpanan, komputasi dalam bentuk hybrid cloud (campuran private dan public) HANYA dalam single console view.

Karena berurusan dengan datacenter, maka harus ada faktor-faktor yang harus diperhatikan ketika membangun datacenter, apalagi untuk cloud services.  Faktor-faktor yang harus diperhatikan adalah :

Infrasturcture Productivity – Produktifitas disini berhubungan dengan COST alias biaya, bagaimana kita menginvestasikan biaya untuk infrastruktur private cloud ini agar lebih efektif (cost-effectiveness).

Preditable Applications – Perusahaan harus bisa memprediksi kapasitas untuk menjalankan aplikasi di atas sebuah infrastruktur. Untuk dapat mengembangkan aplikasi yang predictable, salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah “service-centric“. Mungkin ujung-ujungnya ke arah SOA (Service-Oriented Architecture) apabila perusahaan menghendaki interoprabilitas.

Cloud Computing on Your Terms – Maksudnya adalah perusahaan dapat menentukan mana deployment model yang ingin digunakan. Private kah??Public kah?? atau mungkin kombinasi keduanya (hybrid)??

CAPABILITIES

Berbicara tentang kapabilitas alias kemampuan, System Center 2012 menyediakan platform manajemen yang terintegrasi  dan bisa dikatakan sangat powerfull. Berikut adalah beberapa kemampuan yang dimiliki System Center 2012.

System Center 2012 CapabilitiesSumber Gambar : System Center Capabilites

Berdasarkan gambar di atas, dapat kita simpulkan bahwa System Center 2012 mempunyai beberapa kemampuan yang terbagi menjadi beberapa komponen. Mari kita perhatikan sekilas.

  • Application Management – System Center 2012 memiliki tools (application management) yang dapat membuat perusahaan memngembangkan sistem secara agile  dan predictable sesuai dengan kebutuhan bisnis.
  • Service Delivery and Automation – System Center 2012 dapat menyederhanakan dan menstandardisasi datacenter dengan layanan yang fleksibel dan terotomatisasi. Terdapat komponen orchestrator yang berfungsi untuk melakukan proses automatisasi layanan.
  • Infrastructure Management – System Center 2012 menyediakan beberapa tools untuk membantu dalam proses konfigurasi, monitoring, provisioning, dan operasional infrastruktur IT. Apa yang dimanage?? Bisa physical (misal server fisik), virtual machine, private cloud, dan public cloud.

Beberapa manfaat yang bisa didapat dari System Center 2012 adalah mempermudah manajemen hybrid cloud, efektivitas dan fleksibilitas biaya infrastruktur , deep application insights. Pada tulisan berikutnya, saya akan ulas lebih detil tentang kapabilitas Microsoft System Center 2012.

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Penulis :

Eryk Budi Pratama, a student of Informatics Engineering, Bakrie University. An IT enthusiast whose hobbies are reading and sharing knowledge. He has a passion to sharing knowledge in the community. Currently he becomes the CloudIndonesiA Jakarta Coordinator, CloudIndonesiA Universitas Bakrie Coordinator, and MUGI Universitas Bakrie Coordinator. He has competencies and interest in Private Cloud Solution (Microsoft and IBM based), Networking (Cisco-based), System Administration (Windows-based), Enterprise Resource Planning (SAP), Database (MySQL, SQL Server, Oracle, DB2), IT Security (CEH), IT Service Management (ITIL v3), and IT Audit (COBIT).

Komentar

2 thoughts on “System Center 2012: Microsoft Cloud Management Software (1)
  1. dien

    Wah kenapa juga harus bandingin dengan vmware? Bukan cloud management lain? Bisa jadi cloudstack lebih ekonomis dari System Center.

    Nilai ekonomis itu ga bisa cuma dari harga, ada banyak hal yang mempengaruhi hal itu, dan seringkali sangat subyektif bagi setiap organisasi.

    Mohon untuk lebih obyektif dalam hal ini. Ini komunitas independen bukan?

    Reply
    1. Eryk Budi Pratama Post author

      Rekan Dien, terima kasih atas masukannya. Sebelumnya saya mohon maaf karena ada sedikit kesalahan penulisan.

      Kebetulan dalam tulisan saya ini sedikit mengambil juga dari blog pribadi dan beberapa referensi dari website Microsoft.

      Benar yang anda katakan bahwa nilai ekonomis itu subyektif bagi setiap organisasi. Cuma pada portal ini saya akan lebih banyak mengulas tentang System Center 2012 karena memang saya sedang belajar platform tersebut dan ingin berbagi terkait apa yang saya pelajari. Selebihnya, tulisan-tulisan yang lain juga tidak terlalu “vendor-oriented” kok 🙂

      Di sini kita saling berbagi dan mengingatkan. Saya juga masih pemula dalam hal tulis-menulis. Yang terpeting kita bisa saling bertukar pikiran dan berkembang bersama 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *