Komunitas Cloud Indonesia

Upload Aplikasi kita ke Google App Engine

Penulis :   |   October 8, 2012

Hingga saat ini, sudah banyak materi yang telah kita bahas di portal ini seputar Google App Engine. Mulai dari pengenalannya hingga topik-topik yang bersifat sangat teknis programming. Berikut adalah daftar artikel tentang Google App Engine yang telah tersedia untuk dipelajari:

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas tentang bagaimana meng-upload aplikasi kita ke Google App Engine.

Mendaftarkan Aplikasi

Hal pertama yang bisa anda lakukan disini adalah mendaftarkan aplikasi anda ke layanan Google App Engine. Bukalah Web Browser anda dan masuklah ke situs utama GAE sebagai berikut:

https://appengine.google.com/

Situs diatas merupakan App Engine Administration Console (GAEAC), tempat anda membuat dan mengatur aplikasi-aplikasi GAE anda. Sebelumnya, anda diharapkan sudah memiliki sebuah Google Account karena GAEAC akan meminta anda untuk login ke Google terlebih dahulu. Jika anda belum pernah memiliki account ini, silahkan klik disini untuk membuatnya terlebih dahulu: https://www.google.com/accounts/.

Untuk satu google account yang anda miliki, GAEAC memberikan kesempatan bagi anda untuk membuat maksimal 10 (sepuluh) buat aplikasi GAE. Ketika anda sudah berhasil masuk ke Google Account, maka browser akan langsung membawa anda ke fitur “Create Application” di GAEAC seperti pada gambar dibawah ini:

Create new App di GAEAC

Create new App di GAEAC

Silahkan masukkan nama Aplikais GAE anda, termasuk deskripsinya (pada contoh diatas, nama aplikasinya adalah “haloduniaku”, dan dapat diakses lewat url: http://haloduniaku.appspot.com. Perlu diketahui bahwa nama aplikasi ini mirip dengan account name, yang mana tidak boleh ada nama aplikasi yang sama. Anda bisa klik tombol “Check Availability” untuk mengetahui apakah nama aplikasi yang anda inginkan masih tersedia atau tidak.  Jika anda masuk ke layanan berbayar dari GAE ini, anda bisa melakukan mapping sebuah domain (misalnya http://www.haloduniaku.com) ke url aplikasi yang telah anda buat tadi.

Untuk pilihan Authentication Option, pilihan defaultnya adalah “Open to all Gogle Account users” dan ini adalah pilihan yang paling sederhana. Khusus untuk tutorial ini, pilihlah opsi ini. Pilihan Restricted to the following Google Apps Domain membuat domain administrator harus menambahkan aplikasi baru anda sebagai service pada domain tersebut, untuk menghindari error HTTP 500. Opsi ini akan dibahas dilain kesempatan.

Tampilan Create Application yang berjalan sukses

Tampilan Create Application yang berjalan sukses

Ketika anda berhasil membuat sebuah app baru, anda akan melihat tampilan seperti gambar diatas.

Upload Aplikasi dengan Eclipse

Langkah selanjutnya adalah meng-upload aplikasi anda ke GAE dengan menggunakan Eclipse. Silahkan buka Eclipse lalu buat sebuah aplikasi GAE yang sederhana. Untuk detail langkah-langkahnya telah penulis bahas pada artikel-artikel terdahulu. Saat ini, ukuran maksimum dari aplikasi yang dapat anda upload adalah 32 megabyte.

Bukalah file appengine-web.xml yang terletak di folder war/WEB-INF. Cari element <Application> pada file tersebut dan isilah dengan nama aplikasi yang anda buat di GAEAC, dalam hal ini adalah “haloduniaku”. Merubah elemen ini cukup mudah kalau didalam Eclipse, karena secara default Eclipse akan membuat visualiasi elemen XML secara lebih representatif. Tetapi anda tetap dapat merubah elemen ini secara manual lewat script XML-nya.

Berikutnya adalah meng-upload aplikasi tersebut dengan bantuan Eclipse. Klik pada tombol “g” di toolbar Eclipse anda dan pilih menu “Deploy to App Engine”.

Menu Eclipse untuk upload ke GAE

Menu Eclipse untuk upload ke GAE

Menu ini akan menampilkan sebuah windows yang memungkin anda untuk melakukan login ke Google Account. Masukkan email dan password dari google account anda. Nanti akan muncul permintaan akses dari GAE plugin atas akun anda, ijinkan saja. Setelah semuanya selesai, Eclipse akan menampilkan konfirmasi atas project yang hendak di upload ke GAE, seperti form dibawah ini.

Konfirmasi Upload

Konfirmasi Upload

Anda masih diberi kesempatan juga untuk melihat dan merubah-rubah konfigurasi dari aplikasi yang  hendak di-upload ini.

Konfigurasi App sebelum di upload

Konfigurasi App sebelum di upload

Klik pada tombol “OK” untuk memulai proses uploading aplikasinya. Eclipse akan menampilkan dialog progress upload seperti gambar dibawah ini:

Uploading

Uploading

Setelah selesai proses upload-nya, maka anda bisa segera mencoba menjalankan aplikasi anda. Bukalah Web Browser anda lalu arahkan ke URL aplikasi yang telah anda buat di GAEAC, dalam hal ini:

http://haloduniaku.appspot.com/test

dan lihat hasilnya!

  1. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016
  2. Big Data dengan Google Cloud
  3. Cloud Computing dan Big Data : Sebuah Kombinasi Ideal
  4. Keynote CEO Oracle mengenai Transformasi Cloud Computing
  5. Cloud Computing sebagai Skill yang Paling Dicari di Dunia Kerja

Penulis :

Seorang Technology Enthusiast. Bekerja sebagai Senior Software Developer di sebuah perusahaan Software House. Founder group facebook "GEEK FACTOR", sebuah komunitas bagi para pecinta teknologi (http://www.facebook.com/groups/nerd.factor).

Komentar

One thought on “Upload Aplikasi kita ke Google App Engine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *