Komunitas Cloud Indonesia

Windows Azure dan Perkembanganya di Dunia Global

Penulis :   |   July 7, 2012

Dalam era globalisasi saat ini, internet merupakan salah satu hal yang sangat penting dan sulit untuk dilepaskan apalagi jika berhubungan dengan perdagangan bebas (Free Trade). Selama informasi dapat dikomunikasikan dalam bahasa umum dan mudah dimengerti secara teknis, penjual dapat dengan mudah menjual barang barang mereka agar mencapai target maksimum. Informasi dapat dikomunikasikan dengan baik karen adanya suatu “pasar magis” yang menjadi suatu lokasi dimana penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung namun mereka dapat melakukan transaksinya dengan baik. Hal ini merupakan salah satu karakteristik dari komputasi awan, dimana sang penjual tidak harus memiliki toko sendiri untuk menjual barangnya. Selain itu, juga tidak terdapat “Capital Expenditures” yang dikeluarkan oleh penjual, sehingga secara langsung akan menguntungkan mereka. Mereka juga dapat melakukan layanan ini dengan gratis ataupun berbayar seperti Windows Azure.

Pada pembahasan sebelumnya disini, telah dijelaskan gambaran umum tentang Windows Azure. Dimulai dari komponen komponen teknologi yang disediakan dan juga keunggulan keunggulannya. Beberapa tahun terakhir, Windows Azure menempati posisi ke tiga dibawah Amazon dan Google App Engine.


Leaders Based on Zenoss Survey, 2010

Berikut ini adalah beberapa fitur saat ini yang dikeluarkan oleh Windows Azure :

  • Web Sites

Layanan ini digunakan untuk membuat suatu situs web yang “Fast and Scalable”. Kemudahannya dalam mengembangkan web menjadi salah satu daya tarik utama fitur ini. Pengguna dapat melakukannya dengan menggunakan open source aplikasi seperti WordPress, Joomla!, Drupal, DotNetNuke dan Umbraco.  Selain itu, fitur ini juga dengan mudah mengintegrasikan web yang user inginkan dengan layanan Windows Azure seperti SQL Database, Caching, dan Storage. Salah satu contoh layanan yang menggunakan ini adalaah marketplace yang berbasis cloud web.

  • Virtual Machine

Dengan menggunakan Windows Azure, pengguna dapat dengan mudah membuat dan menjalankan Windows Server dan Linux Virtual Machine dalam waktu beberapa menit. Selain itu, pengguna juga dapat memindahkan aplikasinya beserta infrastrukturnya tanpa harus mengubah kode yang ada.

  • Cloud Services

Layanan ini memudahkan pengguna untuk membuat dan memanage aplikasi yang dibuat baik berbentuk desktop ataupun mobile. Pengguna hanya perlu fokus akan aplikasi yang akan dibuat, sedangkan hal hal seperti patching, hardware, dan jaringan dapat dilakukan oleh cloud.

  • Big Data

Windows Azure menawarkan beberapa layanan untuk membantu mengelola data pengguna di Cloud. SQL Database yang sebelumnya dikenal dengan nama database Azure SQL memungkinkan perusahaan ataupun organisasi dengan cepat menciptakan, meningkatkan dan memperluas aplikasi ke dalam Cloud dengan tools yang disediakan oleh Microsoft SQL Server Technology. Layanan storage ini biasa digunakan dalam menyimpan data data sekunder dalam suatu perusahaan.

  • Media

Layanan ini menyediakan fleksibilitass, skalabilitas, dan kehandalan dari platform Cloud unutk menangani media dengan kualitas tinggi yang diperuntukan untuk global audience. Layanan ini juga meliputi cloud-based teknologi yang berada di dalam Microsoft Media Platform termasuk media partner, encoding, format conversion, content protection dan juga live streaming. Biasanya digunakan untuk membuat aplikasi live streaming ataupun course online yang biasa digunakan perusahaan untuk mempresentasikan hasilnya secara online ke partnernya.

Dan masih banyak lagi layanan layanan lainnya yang tidak disebutkan. Namun dari sekian banyak layanan yang ditawarkan, saat ini kita masih berada pada tahap awal dari perkembangan model business komputasi awan, sehingga sangatlah penting untuk setiap bisnis yang mengandalkan layanan ini dalam melihat perubahan apa yang mungkin terjadi dalam perkembangannya nanti ke depan. Salam cloud !

 

  1. ACCI – Asosiasi Cloud Computing Indonesia
  2. Lowongan .NET Developer
  3. Lowongan Android Developer
  4. Lowongan Java Developer
  5. Jakarta Cloud Computing Meetup 09.2016

Penulis :

Life observer | Analyst wanna be | Sci-fi boy | Humanitarian | Multi-function person http://www.cloudcomputing.or.id/Alfi_Hanif_Noor

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *